Post Top Ad

September 30, 2013

selamat ulang tahun

by , in

Selamat ulang tahun !


Selamat ulang tahun untuk Sekolah ku Darel Hikmah yang ke 22 dan  untuk IXP (Indonesia Xperia Photography) yang pertama

September 26, 2013

kue bulan terbesar di Indonesia

by , in
haaai kawan-kawan...
tanggal 21 september lalu aku pergi ke pecinan di pekanbaru  jl juanda/jl karet,disana ada pawai Festival "Zhang Qiu Jie", sebuah tradisi menyambut pertengahan musim gugur

wew.. ,aku suka sekali.walaupun ini bukan perayaan untuk muslim,tapi aku sangat

senang ,karena aku bisa menemukan kue kesukaanku,yakni kue keranjang
tetapi dalam postingan kali ini aku tidak akan membahas kue keranjang,tetapi kue bulan,karena kue bulan yang menjadi ikon pada festival ini


apakah kue bulan itu?


Kue bulan (Hanzi: 月餅, pinyin: yuèbǐng) adalah penganan tradisional Masyarakat Tionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaanFestival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia, kue bulan biasanya dikenal dalam Bahasa Hokkian-nya, gwee pia atau tiong chiu pia. Sedangkan dalam bahasa Hakka / Khek- nya, yaitu " Nyekh Ppyang " .
Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.
Kue bulan bermula dari penganan sesajian pada persembahan dan penghormatan pada leluhur di musim gugur, yang biasanya merupakan masa panen yang dianggap penting dalam kebudayaan Tionghoa yang berbasis agrikultural.
Perkembangan zaman menjadikan kue bulan berevolusi dari sesajian khusus pertengahan musim gugur kepada penganan dan hadiah namun tetap terkait pada perayaan festival musim gugur tadi.
============================================================

Nah,pada festival "zhang Qiu Jie" ini masyarakat tionghoa biasa menyuguhkan kue bulan,tetapi pada festival kali ini, paguyuban marga tionghoa membuat acara ini berbeda.mereka tetap menyuguhkan kue bulan,tapi dalam bentuk yang saaaaaangaaat besar
kue bulan yang dibuat oleh vanhollano bakery ini,memecahkan rekor muri sebagai kue bulan terbesar di Indonesia
Kue Bulan itu diarak dari Jalan Karet-Jalan Juanda-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Sam Ratulangi dan kembali lagi ke Jalan Karet yang dikenal sebagai kawasan Pecinan atau China Town Pekanbaru.

Manager MURI J Ngadri menyebutkan Kue Bulan ini mencatat rekor karena paling besar dan paling tebal. Kue yang menghabiskan biaya puluhan juta ini berdiameter 138,8 centimeter, tebal 120 centimeter, tinggi 48 centimeter dan berat 880 kilogram (kg). 

Rekor untuk jenis ini sebelumnya dicatat dua tahun yang lalu di Jakarta namun ukuran lebih kecil dibandingkan yang di Pekanbaru ini.

setelah di arak,kue tersebut dipotong dan dibagi-bagikan kepada masyarakat dan pengunjung  yang hadir malam itu,termasuk aku.yang langsung meliput acara ini *ciyelaaah*
awalnya aku ragu dengan kue tersebut,tetapi karena yang membuat  adalah vanhollan bakery  maka aku yakin kue ini hallal dan dapat dikonsumsi bagi warga muslim

mau tahu kuenya sebesar apa? nih..silahkan lihat yaa







September 14, 2013

Bakso Malang Bung Hadi

by , in
Heyho semuanyaa !
kemarin aku dapat undangan makan gratis lho di grand opening 
"Bakso Malang Bung Hadi" cabang ke dua di jl arifin ahmad.

awal mulanya sih,lagi scroll-scroll timeline twitter nih ya..trus acc @bmbunghadi ngetweet promo makan gratis di grand opening cabang kedua..uhuy...
ada syaratnya sih...
nih syaratnya




syaratnya udah dapat..undangannya udah dapat juga
saatnya meluncuurrr
sore jam 5 ,aku,kenny dan eza pun kesana

sampai di tkp ,waa... suasana  warung baksonya di balut kain batik semua.pilihan mejanya ada dua. mau duduk di bangku atau lesehan.

ga seperti biasanya kalo kita mesen bakso kan tinggal bilang ama masnya mau mesen apa,klo disini sistemnya prasmanan.jadi ga punya patokan harga.harga per baksonya ialah 2500 /butir ketikakami datang kesana kami disajikan langusng baksonya..maklumlah yaaa..kita ini kan gratisan wkwkwk

kita dapat bakso bulat,lumpia goreng,bakso goreng dan bakso tahu plus mihunnya.seperti biasa..kalo makan berkuah aku ga pake sambel ato saos ya..soalnya enakkan rasa kuah asli.

saat baksonya masuk mulut...hap..nyam nyam.. baksonya enak.. lunak...lumpianya lucu..bakso gorengnya pas..kalo bakso tahu biasa aja

enak karena gratis ya wkwkw

yok buruan kesana... kalian bisa pilih baksonya sesuka kalian

penilaian

kebersihan  :5/5
rasa            : 4.5/5
harga          :4
pelayanan   :4
overall        :bakalan balik lagi kesini ! :D
September 04, 2013

Pilgubri 2013

by , in


yeay..akhirnya aku mengikti pilgubri 2013.siapakah yang menang?

Post Top Ad