Chicken Yakiniku Ala mama

hai hai...sedari dulu aku punya blog.. ini blog isinya review makanan mulu..
ga pernah ada isi resep masakannya...
malu deh...
sebenarnya aku ini bisa masak..tapi kadang kalo udah malas..uh malasnya !
jadi di blog ini mau ditambah resep kuliner,makanan dan minuman yang berhasil aku buat bakal
di posting resepnya..


kali ini aku mau posting Chicken Yakiniku ala Mama
jadi,tahu  menu ala carte di kfc kan?
nah setiap kali ke pekanbaru,pasti tak pernah lupa pesan menu tersebut..
nah pada akhirnya,mama inisiatif bikin menu serupa tak mirip agar anak-anak
 ga beli melulu.
akhirnya aku diajak mama masak
yuk cekidot resepnya

Chicken Yakiniku ala mama:

chicken
bahan:
1 ekor ayam (potong dadu)
air secukupnya
minyak goreng 
telor 2 butir 
bumbu:
tepung ayam goreng 
bawang bombay 1 butir
bawang putih 3 siung
cabe merah secukupnya
garam secukupnya
saos tomat
saos sambal


cara membuat:
menggoreng ayam:
1.cuci ayam hingga bersih,lumuri dengan garam dan kukus ayam selama 15 menit
2.setelah dikukus,potong dadu ayamnya
3.panaskan minyak
4.lumuri ayam dengan telor,gulingkan kedalam tepung
5.setelah minyak cukup panas,goreng ayam.
6.setelah semua ayam diogreng hingga matang,tiriskan hingga ga ada minyak yang turun

kuah :
1.tuang 2 sendok makan minyak goreng dan tumis bawang bombay ,bawang putih dan cabe merah 
hingga harum
2.setelah harum,tuangkan saos tomat dan sambal.(perbandingan sesuai selera,mau menonjolkan pedas,manis atau asam)kalau aku lebih banyak saus tomatnya
3.tambahkan air sampai kekentalan yang diinginkan
4.aduk rata.ga usah lama-lama,nanti gosong

tata ayam di atas piring,kemudian siram dengan kuah saos tadi.

untuk salad,optional ya..
kalau suka dengan mayonaise,bisa dibuatkan juga

bahan:
selada
kol
tomat

bumbu:
saos mayonaise
minyak zaitun

cara membuat
1.cuci sayur hingga bersih
2.siram dengan air es agar sayur terasa kriuk
3.iris sayur sesukanya,(terkadang ada yang mau berupa lembaran,atau diiris tipis,,kalau mengikuti  ala carte maka irisi tipis)
4.tata sayuran di piring
5.tuangkan 1 sendok teh minyak zaitun
6.siram dengan mayonaise

jadi deh menu ala carte rumahan...
ini karena ga ada saos yakinikunya ya..kalo ada sih yaaa tentu pake saos yakiniku..
tapi lumayan deh.. kalau bosan dengan ayam goreng tepung  yang gitu-gitu aja kan?

foto menyusul ya  :)

Comments

  1. Keliatannya enak, akan lebih menarik jika ditambahkan gambar Mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment