#EarthHour 2014 Pekanbaru

*jleb*
...............
..............
"yaelaaaah..."
"ondehmak..."
"eh kan...."

Dalam sebulan ini,kalimat-kalimat diatas sudah seringkali terdengar di telingaku..
kalimat apa itu?

kalimat ungkapan kekecewaan atas pemadaman listrik yang terjadi di Kota Bertuah ini.
pernah kejadian sampai 40 jam pemadaman terjadi...
sangat disayangkan memang,pemadaman yang mendadak,dan sangat lama menjadi hot topic kedua setelah kasus asap di kota ini
------------------------------


Kita kembali ke judul postingan ini.
Earth Hour 2014

Apasih Earth Hour itu?

"Menjelang akhir Maret setiap tahun, EARTH HOUR yang merupakan kampanye inisiasi publik, menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam. Di tahun ke-6 di Indonesia, EARTH HOUR 2014 akan diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2014, pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat."


Nah,Di Pekanbaru sendiri,Earth Hour (selanjutnya disebut EH aja)memasuki tahun kedua pelaksanaanya.
dilaksanakan di Lapangan MTQ Jl Sudirman,dilaksanakan dsiini agar dapat diketahui oleh orang banyak.karena mtq menjadi pusat hiburan diakhir pekan bagi sebagian warga Pekanbaru.

Sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan,akupun ikut serta dalam aksi ini.
bersama reza,kawan kostku,aku menghadiri EH.
open gate jam 19.00,aku langsung registrasi dengan mengisi buku tamu dan memilih aksi yang bisa dilakukan dalam mengkampanyekan EH ini.
Ini Aksiku !
Beberapa hal yang sudah aku lakukan:

  1. Menggunakan tas belanja yang bisa dipakai ulang. Karena, #plastiktakasik .setiap belanja di supermarket aku menggunakan sebuah tas selempang berbahan jeans dan ketika ke pasar menggunakan tas pasar yang dari anyaman.
  2. Membawa tumblr air dari rumah.aku orang yang lebih sering beraktivitas di luar rumah.untuk menghemat pengeluaran,aku membawa botol minum dari rumah.Di sini aku menggunakan tumblr dari Tupperware,karena bahannya bagus.(maap promosi)
  3. Menggunakan kendaraan umum,memberi tebengan pada kawan. Menggunakan kendaraan umum,menjadi hal baru bagiku di awal tahun 2014 ini.apalagi kalau mau pergi pacaran #eh. tapi bener,jarak rumah si abang yang di kota dan kostku yang di pinggir kota ini sangat jauh.jadi sesuai kesepakatan,kalau mau ketemuan, aku dari kost akan naik TMP (Trans Metro Pekanbaru) dan akan berhenti dan dijemput di halte yang disepakati.hehehe...Another way to be a romantic :p
dan ada beberapa hal yang harus di evaluasi ,karena belom bisa dijalani,seperti:
  1. Hemat kertas dan tissue. Masih sangat susah dilakukan,bagaiman tidak,dirumahku yang disana itu berdiri dengan tegak pabrik tissue dan kertas,membuat aku masih ga terbiasa tanpa tissue.untuk memperoleh kertas dan tissue disana sangaaaatlah gampang. Tapi aku akan berusaha untuk memulai mengganti tissue dengan membawa saputangan. 
  2. hemat listrik . masih suka kelupaan mencabut charger setelah setelah selesai mencharger gadget.perlu diingat-ingatin terus nih.
setelah registrasi,numpang eksis dulu di photowall.kemudian duduk dan menyaksikan acara.
Dimulai dari kata sambutan dari Koordinator  EH Pekanbaru Gilang ,dilanjutkan oleh Program Manager WWF dan kemudian oleh Walikota Pekanbaru,Bapak Firdaus dan mematikan lampu secara simbolik oleh beliau juga.

setelah mematikan lampu,kembang api diluncurkan,lampion-lampion cantik diterbangkan.Ah,malam minggu yang indah.kemudian dilanjutkan oleh penampilan-penampilan berbagai komunitas yang ada di Pekanbaru,seperti dance laser dr kawan  ,street dance dr komunitas Indo 6, atraksi sepeda BMX oleh ,musik akustik dari Kibo and Friends ,teater dari sispala gempita smk3 ,dan terakhir shuffle dance dari .

------------------------------------
Overall acara ini berhasil menarik antusias warga Pekanbaru,tapi ada beberapa poin yang perlu diulas lagi.kembali ke paragraf pertama postingan ini.
Mengingat ,hot topic selain asap adalah pemadaman listrik yang ga karu-karuan,sebagian warga Pekanbaru udah malas ikut EH ,kenapa???
ternyata,udah malas duluan.
"ngapain ikut EH,rumah awak dah padam dari tadi sore lagi"
"EH..EH apo...dah bosan lak ,tiap hari padam ga jelas terus"
"tanpa ikutan EH pun,listrik dirumah dah padam pun"

segelintir kalimat ini juga terdengar
maka dari itu .ini tetap dan akan terus menjadi PR bagi PLN ,warga sudah ikut serta ikut EH,udah peduli dengan beban kerja PLN.sekarang bagaimana PLN menormalkan dan meratakan pemasokan listrik lagi :)

Oh Ya,kitapun juga jangan lupa untuk mendukung aksi EH .Berikut aksi yang dapat dilakukan dimulai dari diri sendiri
  1. Hemat listrik
  2. Naik Transportasi publi/bersepeda/jalan kaki
  3. hemat kertas dan tissue
  4. bawa tas belanja sendiri
  5. bawa botol minum sendiri
  6. menolak styrofoam


untuk bergabung dengan EH Pekanbaru,ini kontak mereka :D
Twitter @EHpekanbaru
basecamp : jl Cempaka Gading Perum Pemda no 6
(bergabung bersama wwf)

*sumber foto dari @EhPekanbaru



Comments

  1. suka banget deh sama yg another to be a romantic hehe bahkan sambil pacaran bisa tetep mencintai lingkungan

    ReplyDelete

Post a Comment