Akademi Berbagi #pku11 Street Photography


Hallo!

Minggu pagi? Biasanya ngapain sih?

Kadang ada yang pengen balas dendam (tidur lagi) olahraga,cfd,bersih-bersih rumah,ke pasar   dlln.kemudian gimana kalau dengan aku? minggu kali ini aku mengisinya dengan cfd.

CFD di Kota Pekanbaru diadakan di jl Diponegoro.cfd di sini lumayan menyenangkan,karena rame,banyak jajanan,hiburan,booth komunitas. Dan kali ini ada 1 hal yang mendorongku untuk semangat pergi cfd,yakni......


“Kelas Akber” ! Yup,#kelas10 kali ini diadakan outdoor di arena cfd,tema kali ini adalah “Street Photography”.siapa gurunya? Gurunya adalah Bang Rony Azhar @9ballstraight ,beliau salah satu owner studio photo yang hasilnya oke,Empistudio

Tentang photography sendiri,kenapa kita harus memotret?
Karena moment tersebut ga bisa diulang lagi,dengan memotret akan membantu kita mengingat momen berharga yang pernah kita lalui.

Pada awal kelas, Bang rony mengenalkan apa itu street photography, street photography adalah salah satu teknik photography yang pengambilan gambarnya kita lakukan dijalanan.tetapi pada akhirnya definisi streetphotography itu banyak,menurut masing-masing fotografer akan berbeda.

Orang sering keliru tentang street photography dan HI (Human Interest). Karena sama-sama sering dilakukan dijalan,bedanya HI dan street photoraphy terletak pada objeknya.HI lebih memusatkan pada objek manusia dan ekspresinya.

Kemudian,bang rony meminta anak #kelas10 untuk menyiapkan kamera yang dimiliki.
“nah sekarang coba kita foto,dalam hitungan 1,2,3 ucapkan hai sambil memfoto orang-orang yang lagi cfd” ujar Bang Rony
Kemudian,semuanya sibuk dengan kameranya masing-masing,mulai dari smartphone,camera compact,camera mirrorless,camera dslr.semuanya dan say “Haaaai!”
Suasana pecah,semua peserta tertawa,orang-orang yang di foto kaget,grogi,salah tingkah,mesem-mesem,tutup muka.hahaha
fotonya belum sempurna ya?

Ditengah kelas berlangsung,sempat terjadi keributan antara polisi dan beberapa anak abg.mereka ditangkap karena ngisap/maling .Jiwa-jiwa wartawanku muncul,lari sambil ngefoto anak-anak yang ditangkap.hehehe....
abg yang ditangkap polisi
Lalu ,Bang Rony menjelaskan memberikan tips dalam memotret,yuk di cek :

1.      Dalam memotret,pastikan elemen foto menunjang cerita. Tunggulah momen yang pas sehingga foto bercerita dan menarik.
2.      Agar foto lebih menarik dan terfokus,siasati dengan framing. Framing bisa memanfaatkan benda-benda disekitar,seperti pohon,pagar,tiang.
3.      Perhatikan background . Ketika objek foto sudah oke,terus backgroundnya ga nyambung,atau tiba-tiba ada sesuatu yang menganggu,itu akan merusak foto.
4.      DIY (Do It Yourself) ,kadang keluhan dari orang-orang yang sedang belajar memotret macam-macam,mengeluh kurang cahaya,ga punya tripod,cahaya terlalu silau.itu semua bisa diakali.
·         kurang cahaya? Bisa memakai lampu tambahan dari senter hp,lampu belajar,lampu emergency.agar cahaya menyebar dengan lembut bisa ditutupi dengan tisu
·         ga punya tripod?pegang kamera dengan menopang tangan pada permukaan datar
·         cahaya terlalu silau? Bisa menggunakan kacamata
·         untuk foto produk,bisa menggunakan kain putih/hitam untuk background.
5.      Balance , seimbang tidak berarti harus 50:50 ,tetapi kita harus tahu bagaimana menempatkan objek yang bisa disetting,contohnya dari tata letak,objek wanita-pria,kakek-cucu.

Nah,tips-tips tersebut gampang diaplikasikan dalam mempelajari fotografi kan?
Manfaat lain dari memotret , membantu kita untuk membenahi tujuan hidup.moment-moment yang kita lewati ,apakah sudah sejalan dengan tujuan yang ingin kita capai apa belum
.
tentang photografer,apakah seorang photografer itu harus memiliki dslr,tripod dan segala peralatan pro?
Tidak,semua orang bisa menjadi photografer. Dengan segala peralatan photography yang dimilikinya,walaupun hanya dengan ponsel.

foto by @akberpku
Seru yaa..Berbagi bikin happy :)


Comments