Belajar membuat sushi bersama Sushi Tei

Sushi,makanan dari Jepang ini sudah lumayan lama masuk ke Indonesia. Beruntungnya salah satu restoran sushi yang menyajikan berbagai macam sushi, Sushi Tei sudah masuk di Kota Pekanbaru. 

Nah,kebetulan Hari sabtu (28/11), saya mengikuti " Making Sushi Workshop For Adult". Jadi disana kita bakalan belajar mengenai cara pembuatan sushi dan mengenal peralatan serta bahan untuk membuat sushi.

Pagi itu,peserta yang berjumlah 9 orang siap untuk mengikuti sesi workshop yang langsung dipandu team Sushi Tei Pekanbaru dan  professional chef dari Jepang,Chef Ide Makoto.


Sebelum membuat sushi, tentu harus mengenal dengan bahan baku untuk membuat sushi, Bahan utama dalam membuat sushi ialah Ikan Salmon. Ikan Salmon yang digunakan oleh sushi tei berasal dari Norwegia atau Alaska *jauh banget ya*
ikan Salmon Dari Alaska
Untuk menjaga kesegaran dari ikan yang dikirim,digunakan pengiriman kilat agar ikan yang sampai disini masih enak rasanya. Ikan yang sedang dihadirkan ini adalah ikan salmon yang berasal dari Alaska dengan berat 4 kg 


Untuk menjaga kualitas penggunaan ikan salmon,ikan salmon yang ada hanya bisa dipergunakan selama 6-7 hari. Dengan perkiraan 2 hari pengiriman dari supplier di Jakarta dan 3-4 hari salmon disimpan di chiller .
Chef Ide Makoto memperagakan fillet ikan,menguliti ikan

Chef Ide Makoto mengajarkan kami cara memotong Ikan Salmon. Cara memotongnya adalah dengan memfillet ikan tersebut. Memotong ikan dengan cara di fillet harus hati-hati,agar duri ikannya tidak terbawa. untuk duri ikan yang masih nyangkut,bisa mempergunakan pinset khusus untuk mencabutnya.

setelah sesi memfillet ikan ,dilanjutkan dengan cara membuat sushi.. horeeeee...


Dalam sesi membuat sushi ini,peserta workshop akan diajarkan untuk membuat 3 menu,yakni
Kani Mentai Mayo Roll, Tuna Salad Temaki, dan Kani Corn Gunkan.


 Kani mentai mayo roll



Kani Mentai Mayo Roll ini terdiri dari Kani (Daging Kepiting),Saus Mentai.
Saus Mentai ini adalah saus yang dibuat dari telur ikan yang kuning2 itu.Setelah semua bahan di gulung, Sushi di potong jadi 6 bagian sama panjang kemudian ditaburi kentang suwir kemudian dibakar (Aburi). Fungsi Aburi ini biar aromanya keluar dan harum.


Tuna Salad Temaki













Kalau Sushi diatas digulung biasa aja kalau Tuna Salad Temaki beda. Arti Temaki sendiri ialah Sushi gulung berbentuk Cone.
Bahannya terdiri dari Nori,Nasi,Timun dan Daging Tuna.

Kani Corn Gunkan











Digulung udah,apa masih ada bentuk lain selain digulung?
Ada dong,Kani Corn Gunkan ini nasinya dikepal2 dulu trus diliit sama Nori baru diatasnya ditaburi Kani yang sudah diaduk bersama  jagung dan mayonaise.


Ketika membuat sushi ada bebebrapa hal yang di infokan oleh Team Sushi Tei seperti berikut infonya:
1. Jagalah kebersihan bahan dan peralatan.
2. Gunakan pisau yang tajam saat menfillet ikan
3. Agar tangan tidak lengket,gunakan sarung tangan plastik. ya juga buat kebersihan kan.
4. Supaya sushi lengket dengan bahan-bahan dan bisa di roll,gunakanlah beras jepang. tapi kalau tidak ada beras jepang bisa digunakan Beras biasa campur beras ketan . Dengan perbandingan 70:30. atau sebenarnya  beras ketan buat lemper juga bisa. Cuma beda rasa kan?
5.Nori itu ada dua bagian,bagian kasar dan halus,letakkan nasi di bagian yang kasar supaya nori bisa digulung.
6. Untuk meratakan sushi,tekan-tekan dengan lembut menggunakan jempol.


Nah begitulah sedikit banyak cerita dalam belajar membuat sushi bersama Sushi Tei Pekanbaru.
Tunggu event seru lainnya bersama sushi tei yaaa


Comments

Post a Comment