Pasar Jongkok Giant Panam,Surga belanja mahasiswa Pekanbaru



Sebagai anak kuliahan dan anak kost sejak tahun 2012,saya harus pintar-pintar mengatur uang jajan saya (pada nyatanya saya belom pintar-pintar juga mengelolanya).  Banyak sekali kebutuhan yang harus saya beli setiap bulannya,sebut saja kebutuhan sembako dan peralatan mandi,buku-buku kuliah,fotocopy makalah yang seabrek-abrek belum lagi saya mesti membawa motor saya,si komeng namanya, untuk servis berkala setiap bulannya. Agar wara-wiri saya lancar adanya.

Oh ya….
Sebagai mahasiswa yang mesti hemat,saya harus hapal mati tempat dimana saya bisa berbelanja hemat dan tentram tanpa takut bokek,heheheeh.

Pasar contohnya.

Maka dari itu, saya pun menelusuri aneka pasar yang ada di Pekanbaru. Banyak pasar yang layak dikunjungi bila teman-teman ke Pekanbaru. Ada Pasar bawah dan Pasar Sago,Pasar Dupa,Pasar Pagi Arengka,Pasar Selasa Panam dan pasar-pasar lainnya.

Kata orang-orang, “kalau sudah kuliah itu pasti gayanya berubah,mesti lebih rapih,modis dan enak dilihat” . saya sih setuju dengan kata orang-orang mengenai gaya yang berubah saat kuliah,tetapi karena modis tak selalu harus mahal,maka marilah kita blusukan ke Pasar Jongkok Giant Panam.

Pasar ,walaupun pasar tapi parkirannya udah pakai mesin
Pasar Jongkok ini terletak di sebuah lahan yang luas di belakang pusat perbelanjaan Giant Panam. Kenapa disebut surganya mahasiswa? Karena pasar ini terletak di daerah panam dan di apit oleh dua Universitas besar di Kota Pekanbaru,yakni UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Universitas Riau.

Di Pasar jongkok Giant Panam ini para mahasiswa-mahasiswi yang ganteng dan cantik bisa membeli aneka kebutuhan fashion terkini dengan harga miring yang tentunya bisa di tawar.



Yang mahasiswi,Mau beli jilbab? Mari… jilbab pashima,jilbab langsung,jilba petak,jilbab panjang biar nampak lebih anggun ada semua disini
Sepatu? Sebut sepatu apa…sepatu flat,sepatu olahraga,sepatu wedges,highheels biar tinggi semampai adaaa..

Yang mahasiswa jangan ketinggalan
Sepatu? Sepatu olahraga,sepatu futsal sepatu kets lengkaaap…
“Tasnya kak.. dompetnya bang mari mampir,liat-liat dulu kak…..” begitulah suara riuh para penjual di pasar jongkok giant panam ini.
Pasar ini tentunya akan ramai saat bulan baru tiba dan sepinya saat….. musim liburan mahasiswa.
Jadi kalau mau lihat keramaian pasar ini ,lihatlah saat bulan baru dan awal semester ganjil. Kalau saat musim liburan gini sih pasarnya ramai lancar aja. Tidak terlalu padat.

Nah,begitulah sekilas mengenai pasar yang biasa dikunjungi oleh mahasiswa di Pekanbaru.

Kalau di daerah kalian,pasar apa namanya yang dipadati mahasiswa?

Comments

  1. mirip pasar bringharjo Yogyakarta ya... kalo daerah saya pasar tradisional masih dominan dengan produk pangannya. untuk sandang dll ada pasarannya sendiri setiap 5 hari sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau produk pangannya ada lagi pasarnya..tetep harga mahasiswa krna lokasinya tak jauh dari pasar ini juga heheheh

      Delete
  2. wah, sama dong, saya juga suka belanja di pasar tradisional. :)

    ReplyDelete
  3. kenapa namanya pasar jongkok y mas? apa belanjanya sambil jongkok gitu ya,,, kalau dimedan yang bayak mahasiswa gitu seperti diatas namanya PAJUS "Pajak USU" karena dekat kampus USU

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. jualannya sih rata2 jongkok tapi skrg udah enggak lagi.. udh punya lapak yang rapih hehe..

      oh iya pajus,pernah dengar juga hehe

      Delete
  4. Enak dong jadi buat anak kuliahan bisa ngirit :D

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..100 rb aja bisa dpt rok ama jilbab atau jilbab ama sepati atau kaos ama tas hehehe

      Delete
  5. semoga saja pasar tradisional ini dapat bertahan walaupun banyak gempuran pasar modern

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. karena tawar menawar cuma bisa dipasar hehehe

      Delete
  6. pasar baru sih, sama king yang suka jadi surga belanja baju di Bandung mah. Murah-murah, bisa ditawar. Tapi ya itu pasarnya udah agak modern :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  7. Kalau mahasiswa di tempat saya tidak banyak karena kampus cuma ada satu yang dekat, lainnya ada di kota.
    Jadi pasar tradisional, Pasar Gede masih jadi pilihan utama

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  8. Di tempat saya juga ada yg semacam itu bukanya dari sore
    biasanya sih di bilang pasar kaget

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  9. kalau di mlang dlu pasar minggu, pasti rame mahsiswa,

    ReplyDelete
  10. Hmm, kalau di Kota Medan, pasar yang dipadati mahasiswa/i iitu adalah pajak USU, pajak itu kalau di Medan berarti pasar. Sedangkan adalah salah satu universitas negeri di kota Medan.
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. pajuss... ah kapan balek lagi ke medan tengok2 pajuslaah

      Delete
  11. Pasarnya udah rapi yaa...
    parkirannya juga keren ^_^
    @chikarein

    ReplyDelete
  12. bis aborong kerudung tuh aku di situ, suka sama pasar2 kaya gitu soale

    ReplyDelete
  13. kaya pasar malem yaa tampilannya, sama murahnya kali yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... hehe tapi cuma jual aksesoris ginian aja ga ada mainan

      Delete
  14. namanya unik haha :D
    sejarahnya gimana tu kok bisa dinamain spt itu?
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
  15. Di tempatku adanya pasar yang ramai santriwan sama santriwati, Mba.. Pasar Wage namanya, pasarnya buka tiap hari jawa itu tiba. Dan bisa dipastikan banyak murid pondok yang datang ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah,,, klo banyak santri asyik tuhh.. kesmepatan sembunyi2 ketmeu si dia #lah hahahah

      Delete
  16. itu buka sampai malam ya? malah mirip pasar malam :D

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  17. Share info.. kalau di Semarang pasar yang paling jadi buruan adalah pasar Johar gan :D
    kalau ane sih juga setuju kalau belanja di pasar ketimbang di mall. Soalnya kalau dipasar selain lebih murah juga membantu para pedagang kecil yg lebih membutuhkan uang kita ketimbang para investor luar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nice info bang.. aku catet sebagai destinasi klaau ada kesmpatan ke semarang yaa

      Delete

Post a Comment