Berangkat Haji dan Umrah lebih mudah dengan SISKOHAT



Pergi haji

Artinya menuju Allah yang esa

Membawa hati dan diri yang hina
Memberi hadiah kepada Allah
Berhati-hatilah menghadapNya

Setiap hamba
Pergi haji dengan segala yang baik
Hati yang baik akhlak yang baik
Harta yang halal hati yang bersih
Niat yang suci amal mulia



Raihan- Haji Menuju Allah


Sepenggal lirik lagu nasyid dari Raihan mengingatkan kita kepada Rukun Islam yang ke 5 “Pergi Haji bagi yang mampu”. Berangkat haji adalah salah tujuan yang sangat diimpikan bagi setiap muslim. Tak terkecuali bagi keluarga saya,kami pun memimpikan untuk disegerakan berangkat haji.
Dalam obrolan santai di rumah, saya mendengar dari orangtua saya bahwa mereka akan berangkat Haji. Itu merupakan kabar yang bagus, tapi kabar lainnya…

Proses keberangkatan haji tidak sama dengan bepergian keluar negeri seperti biasa tentunya.
Mengingat tak hanya orangtua saya yang juga akan berangkat haji,tapi seluruh umat muslim di dunia kan? Apalagi perjalanan haji yang berlangsung lebih kurang 40 hari ini harus dipersiapkan dengan matang.

Tapi dengan niat Bismillah,akhirnya orangtua saya mendaftar Haji.
Daftar tunggu dari tahun-ke tahun yang harap-harap cemas dipantau terus,manatahu rezeki berangkat haji ada di tahun ini.

Beberapa waktu yang lalu saya melihat home facebook Djongriau, (saya kurang tahu sebenarnya beliau siapa. Apalgi dengan nama seperti itu. Tapi dari unggahan foto-fotonya saya lihat beliau orang penting  Di Siak :) (Salam kenal pak)

Foto yang diunggahnya mengenai SISKOHAT,saya pun segera memberitahukan informasi ini kepada orangtua saya. Nah akhirnya orangtua saya berangkat ke Siak demi melihat seperti apa Siskohat ini dan mengumpulkan informasi seputar haji yang terbaru.

SISKOHAT sendiri adalah  Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Nah untuk SISKOHAT ini, diresmikan pertama kali di Kabupaten Siak. Siak menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki SISKOHAT. SISKOHAT diresmikan pada Hari Kamis (4/2) Di Siak.

Peresmian SISKOHAT

Jadi,dengan adanya SISKOHAT ini,diharapkan pelayanan untuk keberangkatan haji dan umrah lebih mudah. Karena pelayanan ini dilaksanakan satu atap. Tidak repot bolak balik ke KUA setelah itu ke Bank kemudian ke kementrian agama

Menurut saya SISKOHAT ini termasuk bagus, kami tinggal Di Perawang yang perjalanannya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai ke Siak. Dengan adanya SISKOHAT ini pengurusan haji dan umrah bisa langsung sekali jalan saja Ke Siak. Pusing juga kan sebentar harus ke Siak,nanti Ke Pekanbaru setelah itu ke Perawang lagi ke Siak lagi
Resepsionis SISKOHAT

“Dengan Siskohat, dalam hitungan jam, urusan administrasi haji dan umrah beres, sebab sudah ada pejabat Kementerian Agama dan petugas bank yang langsung melayani, apalagi bisa lewat internet. Mudah-mudahan, daerah lain segera mengikuti langkah yang sudah digagas Bupati Siak ini," Ujar Direktur Jenderal Urusan Haji Kementerian Agama RI Prof Abdul Djamil (Dilansir dari Goriau.com)

Nah selain peresmian SISKOHAT pertama di Riau, ternyata ada Asrama Haji yang juga diresmikan di Siak Sri Indrapura

Gedung SISKOHAT SIAK


SISKOHAT SIAK
komplek kantor agama kabupaten Siak komplek perkantoran Sungai Betung Kabupaten Siak



Terimakasih kepada Pak Djogriau atas informasi ini.
Terimakasih kepada Orangtua saya yang semangat dan perjuangan untuk berangkat haji yang saya kagumi

*gambar akan saya update di kemudian hari

4 komentar

  1. Wah jadi lebih mudah ya... semoga lancar ya semua persiapan u berangkat hajinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin mbaaa..
      Saat saya balas komenta rini ortu saya sedang packing :)

      Hapus
  2. Senang deh kalau lebih mudah gini. Semoga lancar yaa... Saya juga pengin pergi Haji. Semoga bisa. Aamiin...

    BalasHapus