4 Tips Berteman Dengan Dosen



Diberikan kesempatan untuk berkuliah, merupakan salah satu kesempatan yang tak pernah lupa saya syukuri. Sebelumnya saya tak pernah terbayang bisa lulus dalam test-test masuk perkuliahan,soalnya saya ini salah jurusan. Ingin masuk IPS,tapi tidak bisa. Saya bertahan di kelas IPA dengan jungkir balik,jadi merasa ragu apa saya nanti bisa kuliah di bidang-bidang sosial tapi basic sekolah saya jurusan IPA?

Tapi Allah Maha Baik banget ama saya. Dengan setumpuk doa sana-sini,berharap saya diberi kesempatan berkuliah di jurusan komunikasi,di universitas mana saja yang menerima saya,akhirnya doa itu terkabul.

Saya bisa berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau hanya bermodalkan nilai-nilai rapor saja. Iya,saya berkuliah tanpa test,hanya mengandalkan nilai rapor salah jurusan yang sangat standar itu,hehehe.Doa yang tidak spesifik saja bisa terkabul ya,hahahaah..

Mengenai kehidupan di kampus,tidak banyak perubahan pada diri saya. Sama seperti saat bersekolah,saya masih terhitung orang yang diketahui keberadaaanya. Cukuplah yaaa kalau orang menanyakan " Kenal Mutia Nurul Rahmah yang anak komunikasi?" minimal jawabannya "yang berkacamata itu? yang tukang makan?" Jadilah ya kaan? hehehe

Kalau dulu di sekolah,kehidupannya berkisar sekolah,ekskul lalu pulang,maka kalau di kampus agar berbeda ya adik-adik. Ada banyak banget kegiatan yang bisa dilakukan,salah satunya "berteman dengan dosen"

Iya,saya serius banget pada tulisan kali ini,"Berteman dengan dosen". 

Mungkin kalau dilihat di sinetron,yang kita tahu dosen itu galak,killer ah pokoknya jenis-jenis orang yang mesti di hindari. Tapi segera hapus pemikiran itu sekarang juga,tanamkan dalam diri kalau dari semester awal mesti berteman dengan dosen. Gimana sih caranya  supaya bisa berteman dengan dosen?  

Nah,setelah selama ini saya hidup berkuliah dan melihat kondisi, ada beberapa tips nih buat kamu yang ingin berteman dengan dosen,berikut ya...

1. Tunjukkan minat kamu pada matakuliahnya

Gimana mau berteman dengan dosen tapi kalau mata kuliahnya saja tidak suka? Sukai terlebih dahulu matakuliah tersebut. Pelajari apa saja yang berkaitan dengan mata kuliahnya,jadi nanti kalau ada diskusi-diskusi dikelas,kamu bisa dengan cepat menyambut topik-topik yang yang ada.
Tapi jangan lebay,beri juga kesempatan untuk teman kalian.

2.Kenali Siapa Dia

Minimal tahu deh siapa dosen tersebut,jabatannya di kampus sebagai siapa,mengampu mata kuliah apa saja,Profesi di luar kampus sebagai apa.

Jujur saja,saya pernah bertemu seseorang yang cukup dekat diluar dunia kampus,tapi saya ga tahu dong,kalau beliau mengampu salah satu mata kuliah di fakultas saya.Memang saya tidak masuk di kelas beliau,tapi sayanya memang terlalu cuek sih.

Saya jadi malu dong setelah mengetahui kalau beliau dosen di kampus saya,mesti manggil apa jadinya setelah mengetahui hal tersebut. Tadinya saya manggil om,terus mau manggil bapak kok jadi aneh, ah manggil om saja deh . 

3.Jaga komunikasi dengan dosen

Dosen itu bisa ditemui di luar jam perkuliahan lho, Salah satu dosen fotografi saya pernah memberikan sesi di akhir pekan untuk berkonsultasi ,berkonsultasi mengenai foto yang akan di pamerkan pada tugas akhir. Maka dari itu, coba saja tanyakan kepada dosen tersebut,apakah berkenan bila diajak diskusi diluar kampus.
Manatahu malah kalian yang diajak untuk nongkrong bareng atau mengikuti suatu kegiatan tertentu.
Tapi ingat,tetap perhatikan waktunya,karena dosen juga butuh me time kan,ntah sama keluarganya,pacarnya,gengnya atau bahkan hobinya.

4.Selalu siap sedia pena.
Lah? kenapa harus siap sedia pena?
Tentu saja,saat mengobrol dengan dosen tak jarang ia membutuhkan pena,baik untuk mencoret-coret revisi tugas kalian,memberikan ilustrasi tertentu atau bahkan menandatangani proposal program keren kalian yang ia restui.

Sediakanlah minimal satu pena yang tidak biasa,bukan pena yang kalian gunakan sehari-hari. Tapi memang pena khusus yang tidak macet,goresannya mantap seperti Pena Sheaffer misalnya.

Kenapa Pena Sheaffer?
Pena Sheaffer adalah Pen Exclusive yang berasal dari Amerika, Siapa sih yang tidak tahu mengenai eksistensi Pen Exclusive yang satu ini? Sudah hadir sejak tahun 1924 dan dikenal sebagai pena yang berkualitas bagus dengan desain yang elegan.

Pena Sheaffer tersedia dengan berbagai desain,tapi ada beberapa desain yang dikhususkan untuk pengguna yang mementingkan kualitas dan prestige,yakni Sheaffer Taranis dan Sheaffer Taranis Ferrari.





Desain Taranis sendiri fokus pada desain pena klasik dan modern. Tersedia dalam bentuk fountain pen,roller ball serta Ballpoint yang bisa diisi ulang. Setiap pembelian Pena Sheaffer juga disertai kemasan khusus berupa kotak premium yang pas untuk hadiah.

Nah,kalau Pena Sheaffer Tarani Ferrari lebih keren lagi,sudahlah ekslusif,desainnya khusus pula bernuansa Ferrari,berwarna merah serta terdapat logo Ferrari yang menambah kesan elegan. Untuk bentuknya tersedia dalam bentuk Fountain Pen,Roller Ball serta Ballpoint.


Oh,ya gimana sih cara membedakan jenis-jenis pena yang tersedia dalam berbagai model ini? nah berikut perbedaannya



Fountain Pen
Fountain Pen udah paling cocok nih buat tanda tangan "Skripsi acc sidang",pas dosen mau meng-acc skripsi kalian,sodorin pena yang satu ini,dijamin tanda tangannya tertoreh dengan jelas.


Roller Ball
Roller Ball cocok juga buat tanda tangan serta menulis sehari-hari,kalau yang ini bisa digunakan untuk corat-coret revisian skripsi.
Ball point
Ball Poin cocok untuk nulis sehari-hari,mungkin untuk menulis laporan pekerjaankah,coret-coret ga jelas,bisa pakai ini,tintanya juga cepat kering.
Nah,karena pena ini Pen Exclusive serta memiliki slogan "The Gift The Matters",Pena Sheaffer ini juga bisa dijadikan hadiah buat dosen tersebut,ga mesti dosen juga. Orang-orang istimewa disekitar kalian juga bisa. Biar makin exlusive,penanya bisa di grafir nama si penerima. Jadi terkesan sangat istimewa kan?
Oh ya,pena Sheaffer ini bisa didapatkan di jaringan toko buku Gramedia, Gunung Agung, Island Store Kota Kasablanka & Baywalk Pluit, Jaringan Office 2000 dan Office 1. Nah,mudah banget kan mendapatkan pen exlusive satu ini.

Jadi,walaupun kalian tinggal di luar Jakarta tetap bisa membeli pena Sheaffer karena tersedia di berbagai tempat,kalau saya bisa menemukannya di Gramedia tentunya,karena toko buku dan alat tulis ini yang berdiri di Pekanbaru dan menyediakan Pena Sheaffer.

Btw,buat pecinta diskon,jangan melewatkan diskon yang satu ini. Karena Di semua jaringan penjualan pena Sheaffer, sedang berlaku program promo 30% sampai dengan tanggal 30 September 2016.

Jadi,sudah siap untuk berteman dengan dosen? Jangan lupa dengan beberapa tips dari saya ini yaaah..
Semoga kalian menikmati dunia perkuliahan ini dengan baik.


Sumber foto pena
Penhero.com




Comments

  1. Saya berusaha berteman dengan dosen tapi gagal karena masalah komunikasi.... bahkan di pelajarannya pun nyaris... hahhha saya nggak bisa baca kanji soalnya.... blank!

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh kalau itu aku pun ibngung mbak hahaha... kanji soalnya yaah

      Delete
  2. Pena bisa jadi pemulus pertemanan dengan dosen ya mak :)

    ReplyDelete
  3. Wah gimana dosen ngga akrab denganmu, pena pun disediakan hehe, sukses yaa kuliahnya :)

    ReplyDelete

Post a Comment