Post Top Ad

5 Tips Untuk Mahasiswa Semester Akhir




Sangat tidak terasa ya teman-teman sekalian,saya sudah sampai di semester akhir. Tapi,apakah dipenghujung pendidikan saya ini saya tidak punya persiapan apa-apa? Tentu saja ada dong. Sebagai mahasiswa yang ingin menjemput kelulusannya secara bahagia,aman dan tentram banyak banget ha-hal yang harus saya persiapkan secara baik dan mendetail.

Melihat teman-teman yang lain sudah pada wisuda,saya pun jadi terpacu untuk menyelesaikannya nih,apalagi orang tua sudah menunggu kabar baik dari saya,teman-teman juga sudah menunggu untuk backpacker bareng tanpa beban saya juga menunggu untuk di…… (isi sendiri,hahaha)
Jadi,apa saja sih persiapan saya dalam menghadapi tahun-tahun terakhir kuliah saya,berikut saya share

1.      Persiapkan doa, semangat dan niat yang baik
Tentu saja,bagaimana saya bisa menyelesaikan skripsi tanpa ada  semangat dan niat? Kedua hal ini penting banget ada di diri saya,semangat untuk menyelesaikan skripsi serta meluruskan niat,bahwa apa yang saya tulis ini akan berguna bagi banyak orang.
Saya percaya,segala sesuatu yang dimulai dengan niat yang baik akan berbuah hasil yang baik pula.
Nulis blog saja sudah niat,apalagi nulis skripsi? Harus lebih baik dong 


2.      Mulai bikin skripsinya
Gimana mau lulus kalau skripsinya belum dibikin,ahahahah.. Saya cukup bersyukur dikelilingi teman-teman yang mau diajak diskusi seputar skripsi ini. Selain agar tetap menjalin hubungan yang baik dengan teman, tidak jarang saya menemukan ide baru untuk merombak draft skripsi dari diskusi bersama teman ini.

Jujur saja,untuk membuat skripsi ini memang lebih banyak risetnya daripada menulis sebuah postingan blog. Tapi,kalau sudah dilaksanakan riset yang serius,insya allah tulisannya jadi keren kok.
Dari teman-teman yang sudah lulus,mereka bisa kok menyelesaikannya selama 6 bulan. Ayo semangaaat kawan-kawaaan 


3.      Jaga kesehatan
Tidak ada yang bisa mengalahkan lelahnya begadang karena mengerjakan skripsi. Kalau Begadang karena main game online atau menonton drama korea gampang ya? Karena dua hal tersebut sifatnya santai,hiburan bisa sambil makan,nyetrika, ngobrol bareng. Nah kalau begadang karena nulis skripsi? Sudahlah begadang,mikir berat pula.

Sangatlah penting buat kawan-kawan untuk menjaga kesehatan selama membuat skripsi ini,minimal minumlah multivitamin,makan yang teratur dan perbanyak minum air putih. Ga lucu banget kan,sakit karena skripsi.

4.      Selesaikan segala urusan yang belum selesai
Nah,skripsinya udah hampir selesai,nilai-nilai juga sudah terdata dengan rapih tapi tolong di ingat lagi,apakah masih ada administrasi di kampus yang belum selesai? Ya katakanlah hutang fotocopyan makalah buat UAS,mengembalikan buku-buku cetak yang di pinjam,baik yang dipinjam di perpustakaan,kakak kelas atau kawan.

Jujur saja,sampai saat ini saya masih teringat hutang saya ama kakak penjual miso sewaktu MTs.Tapi saat saya mau membayar,kakak tersebut sudah tidak jualan lagi. Sebenarnya tak seberapa nominalnya,Cuma Rp.3000 saja. Tapi hutang tetaplah hutang kan huuhuhuhuh…
Jadi,jangan lupa untuk menyelesaikan segala urusan tersebut yaa..

5.      Persiapkan penampilan diri
Iya,bener banget. Jangan sampai saat mau sidang akhir,penampilan kamu sama kusutnya sama tumpukkan kertas-kertas revisi,jangan sampai deh.Penampilan yang baik juga menunjang penilaian para penguji. Persiapkan penampilan kalian sebaik mungkin,karena ini adalah suatu peristiwa yang bakal kalian ingat seumur hdup.
Baju standar untuk ujian akhir
Blazer+Kemeja Putih+ Rok Hitam

Mulai dari ujian akhir,yudisium bahkan wisuda,tetaplah persiapkan dengan baik. Tapi karena sibuk revisi kesana-kemari,jilid copyan skripsi yang makan waktu,mengurus surat-surat kelulusan dari ruangan A ke ruangan B, mungkin membuat kita ga sempat untuk membeli pakaian tersebut.Sebagai mahasiswi yang riweuh banget di tahun-tahun terakhirnya,Saya juga sadar hal itu. Biasanya sih saya belanja baju online wanita kalau sudah sibuk banget. Ga pakai pusing,melipir ke mataharimall ,lalu cuss belanja baju online wanita kesukaan kalian. 

Pilihannya banyak  banget,hemat tenaga serta tinggal tunggu saja barangnya sampai di rumah
Jadi,sudah siap menghadapai tahun-tahun di semester akhir? 
Buat yang belum sampai di tahun-tahun terakhir,masih banyak waktu untuk aktif kesana kemari,kalau yang sudah di tahun terakhir? Mari kita bergandengan tangan menghadapinya dengan senyum.



1 comment:

  1. tambahan dari aku jangan lupa minta restu orang tua biar berkah dan dimudahkan hehee

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram