Bicara Anak Dan Media Sosial Bareng Kania Ningsih

Buat saya,menjadi seorang blogger itu adalah pekerjaan yang ternyata keren,tapi apalah saya ini masih blogger hahahihi .. Hahahihi bercanda mulu kerjanya...
Akhir-akhir ini pasti sering banget denger isitilah mom blogger kan? sudahlah mom,blogger pula!
Iyah,udah jadi mamak orang,tapi masih terus aktif ngeblog.

Nah,saya menemukan salah satu mom blogger ini kece nih,namanya Mba Kania Ningsih,beliau ini mom blogger yang berdomisili di Tanggerang. Walaupun sudah jadi mamak orang,semangat ngeblognya patut banget di acungi jempol. 

Kegiatan sehari-hari mba Kania adalah Ibu rumah tangga dan sudah dikaruniai dua orang anak Za dan Ra.Ternyata,mba Kania bukan IRT biasa,beliau luar biasa banget,sudah menerbitkan beberapa buku,diantaranya
  1. Novel Anak "Sekolahku", Penerbit Puspaswara 
  2. Antologi cerpen remaja "Nana Jatuh Cinta", Penerbit Dar!Mizan.
  3. antologi cerpen "Can You Keep The Secret?", ShofieMedia, 2005.
  4. Novel remaja "Supergirl Patah Hati", Penerbit Puspaswara
  5. Antologi cerpen "Yang Datang Berulang", Penerbit Malka.
  6. Antologi kisah nyata "Hati Ibu Seluas Samudera", Penerbit Sixmidad, 2014.
  7. Antologi tulisan "Ramadhan In Love", Penerbit Indiva, 2015.
Wahahaha,keren banget,saya aja masih dalam proses menerbitkan 1 buku.... yakni SKRIPSI..

Nah,bercerita mengenai blog,Mba Kania memiliki 4 blog yang kesemuanya aktif diisi kontennya lho. Rumah Maya Kania sebagai blog utamanya,kemudian ada  Petualangan Za & Ra yang berisi mengenai anak-anaknya. Kemudian karena suka membaca buku jadi  menuliskan reviewnya di blog Kania dan Buku dan terakhir sebagai IRT yang tentunya suka juga masak,masa hasil masakannya disimpan sendiri? maka resepnya tayang di Bersenang-senang di Dapur.

Saya tertarik nih mengenai mba kania yang memiliki blog tersendiri untuk anaknya, yang berada di Petualangan Za & Ra. Kenapa begitu? karena hari ini topik mengenai postingan anak di sosmed ga ada habis-habisnya. Maka dari itu,saya melemparkan beberapa pertanyaan ke Mba Kania,mau cari pencerahan soal ini,hahaha...


1. Kan salah satu blog mba yakni petualanganzara menceritakan ttg anak..
Nah gimana sih pendapat mba ttg memposting mengenai anak di sosial media...
Kan byk yg ribut2 ttg batasan postingan anak di sosmed

Jawab
Di awal saya aktif menulis blog lagi di www.petualanganzara.com saya bermaksud menceritakan tumbuh kembang anak, mengabadikan kenangan ttg mereka di blog (karena saya pelupa jd tulisan sy nanti kan bisa sibaca2 lagi dan jadi ingat pernah apa aja dgn anak) & berbagi ttg dunia parenting dg ibu lain.
Awalnya cerita apa aja mengalir apa adanya ga terpikir nanti data anak bakal disalahgunakan oleh org tak bertanggungjawab. Terus saya baca postingan Pungky Prayitno, kira2 isinya ia milih hati2 dlm mengekspose anak di medsos karena rentan penipuan. Sejak itu saya terpikir utk lbh berhati2 jg.
Apalagi sy jg sering nerima SMS/telpon berisi usaha penipuan. Misal ada yg telpon katanya anak saya kecelakaan tp saya langaung ingat berbagai kasus penipuan dan sy berusaha tak terbawa cerita si penipu shg si penipu akhirnya memutuskan sendiri teleponnya. Saya juga mengubah setting bbrp album foto di FB mnjadi private, terutama yg beraifat pribadi dan banyak foto anak. Saya jg membuat inisial utk panggilan anak2 di blog sbg bentuk pengamanan, jd ceritanya tetap real tp orangnya diberi inisal aja yaiti za & ra. Jadi menurut saya memposting ttg anak boleh aja dg syarat & ketentuan berlaku. 
Kalo Pungky, mungkin syaratnya tidal vulgar/wajah anak tdk terlalu ditampakkan. Saya setuju tp beberapa postingan masih nampak wajah anak nih banyak yg blm sy edit. Yg penting jg sih data anak jgn terlalu diekspos krn mereka jg berhak atas privasi mereka.

2.kelak klo anakny udah gede2 ngerti mengenai blog...
Petualangan zara ini mau diapakan? Anaknya diajak nulis jugakah?
Jawab:
Yaa, petualangan zara akan tetap sy kelola utk menceritakan kisah hdp saya bersama keluarga. Kalau saya udah ga ada jadi kenangan buat anak2 danwarisan jg buat mereka brgkl ada yg mau nerusin ngeblog. Klo mereka mau sih mereka boleh menulis juga atau memiliki blog mereka sndr utk sarana mereka berbagi dan menebar manfaat. Jadi kepikiran ide ini setelah mutia tanya: mgk nanti za & ra jg bisa jd kontributor blog petualanganzara, jd saya isi bareng anak2. Mgk yaa

Lah,dari pertanyaan malah sayanya ngasih ide..
wah asyik nih mbaaak... heheheh
Semoga ngeblognya lancar,apalagi megang 4 blog kan...

Comments

  1. Aku tadinya udah bikin blog buat anak, tapi terus kok mikir shanggup gak ya, huhu. Akhirnya tak hapus deh >,<

    ReplyDelete

Post a Comment