Post Top Ad

Suka Duka Si Kutu Buku


Halo,wah ini postingan pertama di tahun 2017 ya. Nampaknya ada sebulan saya ga nulis di blog ini,ad ayang rindukan saya? hihihi.
Salah satu penyumbang alasan kenapa saya memakai kacamata adalah karena saya hobi membaca. Hobi membaca ini sebenarnya tidak langsung jadi hobi utama. Sebelumnya,sebagai anak perempuan saya ini hobi bermain,mulai dari main alek-alek(masak-masakan),cakbur,layangan dan lain sebagainya.

Hobi membaca ini baru diketahui saat dulu waktu tk saya sangat menyukai serial Winnie The Pooh,saya kerap meminta orang tua saya untuk membeli buku cerita Winnie The Pooh setiap kali ke Pekanbaru. Bagi saya cerita Winnie The Pooh itu cukup menarik dan lucu untuk diceritakan ulang.

Saking hapalnya,saya sering di suruh menceritakan kembali buku cerita yang saya beli tersebut. Sampai sekarang pun,kalau ada guru-guru TK yang mampir ke rumah untuk fotocopy file,mereka masih ingat betapa ceriwis dan bersemangatnya saya dalam dunia membaca.

Tapi apakah kalian hobi membaca? Bukan baca timeline gebetan lho ya. Tapi membaca buku yang benaran,Baik buku fisik ataupun pdf. Dari sekian lama saya hobi membaca. Nah berikut suka-duka punya hobi membaca

Suka 

1. Ketemu bacaan yang langsung klik
Ketemu bacaan yang langsung klik bikin perasaan jadi seneng banget. Jadi yang dimaksud langsung klik itu pas baca sinopsisnya langsung penasaran lanjut baca bukunya dan harus habis hari itu juga. Jadi pas saya membaca buku tersebut langsung terasa masuk ke dalam buku tersebut.

2. Ketemu pengarangnya
Datang ke acara bedah buku yang menghadirkan pengarang bukunya langsung bikin hati deg-degan. Selama ini cuma baca profilnya secara singkat di satu-dua halaman saja,atau bahkan malah profilnya ga tercantum seperti Tere Liye misalnya. Saat ketemu pengarangnya,apalagi bisa bertanya dan sharing tanpa dikejar-kejar waktu,waah itu istimewa banget,hehehe.

3. Covernya menarik
Oke ini sederhana banget,covernya menarik. Terimakasih untuk kerja keras para desainer buku yang sudah begadang semalam suntuk untuk mendesain cover buku yang eye catching hingga bisa dipakai buat property foto-foto. Kadang beli buku bukan mau tahu isinya,tapi karena suka dengan covernya saja.

4. Ada bonus disetiap pembelian
Bonus yang kece seperti pembatas buku yang tak biasa bentuknya,kartu pos,gantungan kunci kadangkala dijadiin pemancing buat rebutan beli bukunya. Apalagi biasanya beberapa toko buku online mengadakan pre-order khusus yang terbatas.

Nah,itu kalau sukanya hobi baca buku yang selama ini saya jalani,nah mari kita lihat dukanya gimana

1. Ga ngerti apa isi bukunya
Pengen nangis rasanya ketika udah beli bukunya mahal-mahal,tebal tapi ga ngerti isinya. Butuh berulang kali untuk memahami isi buku tersebut secara baik. Ntah ini saya yang lagi lemot atau emang bukunya ga semua orang bisa langsung mengerti

2. Buku dipinjam kawan hingga tak tahu rimbanya
Saya sebagai orang baik hati sangat terbuka untuk meminjamkan sejumlah koleksi buku-buku saya kepada kawan. Tapi pernah satu kejadian,saat itu saya di asrama dan salah satu buku yang saya miliki Ayat-ayat cinta dipinjam bergilir. Saat buku tersebut kembali ke saya,bentuknya sudah seperti bungkus cabe. Kertasnya remuk redam,kondisinya menyedihkan.

3. Bukunya udah ga terbit lagi
Punya buku yang cukup istimewa tapi buku tersebut hilang. Saat mau dicari di toko buku udah ga terbit lagi,rasanya ingin nangis. Apalgi kalau buku tersebut ada tanda tangan penulisnya atau hadiah dari seseorang.

4. Bukunya susah dicari
Biasanya buku yang susah dicari ini buku terbitan lama,terbitan khusus dan terbatas. Buku dengan tipe seperti ini biasanya textbook kuliah. Tak jarang pada akhirnya memilih jalur fotocopy untuk memiliki buku tersebut

Kalau mau dibikin list suka-duka hobi membaca buku ini,ga bakalan ga ada habisnya nih. Gimana dengan kalian,banyakkan suka atau dukanya nih?



4 comments:

  1. Cover dan ada bonus disetiap pembelian.. ini kok saya berasa ketampar yaaak mak?? wkwkwkwkwk.. Nice sharing mak..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  2. Kalau saya sih sampai sekarang susah kali nyari novelnya yang berbahasa inggris. Novelnya susah dicari.

    ReplyDelete
  3. banyak sukanya daripada dukanya, hehehe.
    Iya bener yg no 1 itu, kalau udah suka ama cerita di buku, suka penasaran n bisa 1-2 hari selesai bacanya :)

    ReplyDelete
  4. Alek-alekan ya mbak Mut? Khas Pekanbaruuu sekalii. Toss dulu dong, sesama mahasiswi dari Pekanbaru kota bertuah nan tercintah :D. Hehehe.

    Aku juga doyaaan banget baca mba Mut, tapi Alhamdulillah mata ini masih belum butuh pendamping *ceile

    Tapi kalau aku bacaan SD dulu ya majalah bobo, kumpulan dongeng bobo, kumpulan cerpen bobo, apalah apalah ... bobo semua. Plus buku-buku dongeng luar negeri yang full of imagination. Hohoho~

    Btw saya juga sering kepancing sama cover buku, tapi biasanya masih bisa nahan ... kalo sinopsisnya gak cocok pasti ga beli.

    Ya paling sedih sih kalau novel tercinta dipinjem dan ga balik, belum lagi kalo ada buku yang diincer tapi susahnya minta ampun buat didapetin. Tapi ya emang begitulah dukanya si kutu buku ya mbak. Hehheh.

    Overall kalo saya banyakan sukanya dibanding dukanya. Jadi selamanya bakal tetep cinta buku :3 Hihihi.

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram