Tips Memilih Closet Pada Kamar Mandi


Kegiatan buang air adalah salah satu kegiatan yang penting dalam kehidupan kita,saking pentingnya,kenyamanan fasilitas buang air pun harus diperhatikan. Nah,ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih closet untuk kamar mandi. Hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan tentu saja anggaran yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa komponen yang dapat menjadi pertimbangan ketika memilih closet.

Closet dengan Dua Penyiraman
Bagi yang peduli dengan konservasi air, tentu akan memilih closet yang hemat air. Nah, closet dengan dua penyiraman memiliki katup penyiraman untik yang terdiri dari dua bagian. Satu bagian menggunakan 1,6 galon air per penyiraman untuk penyiraman kotoran padat. Sementara itu bagian 1 galon per penyiraman digunakan untuk menyiram kotoran cair. Closet ini tidak menggunakan tuas penyiraman di bagian samping, tetapi menggunakan tombol di bagian atas closet. Pengguna dapat memilih salah satu tombol untuk menentukan jumlah air yang dibutuhkan untuk menyingkirkan kotoran dari mangkuk closet.
Selain kombinasi penyiraman 1,6 galon air dan 1 galon air per penyiraman, tersedia juga kombinasi 1,28 galon air dan 1 galon air per penyiraman.

Sertifikasi WaterSense

Closet kamar mandi bertanggung jawab terhadap 26% dari seluruh penggunaan air dalam bangunan pada rumah-rumah di Amerika. Dengan memasang closet dengan model yang lebih efisien dapat menghemat tagihan air dan membantu konservasi air secara bersamaan. Di Amerika, terdapat label WaterSense unguk memastikan closet yang pintar dalam penggunaan air. Hal ini menunjukkan bahwa toilet tersebut menghemat 20% air dibandingkan standar penyiraman 1,6 galon per penyiraman. Namun closet tersebut tetap memiliki kinerja dan kekuatan penyiraman yang tinggi.

Satu Bagian Versus Dua Bagian

Pada closet dengan satu bagian, tangki dan mangkuk dicetak menyatu. Sementara closet dengan dua bagian, tangki dan mangkuk merupakan dua bagian terpisah ketika dipasang. Closet dengan dua bagian lebih umum digunakan, tetapi closet satu bagian menawarkan tampilan yang lebih rapi dan cocok untuk desain kamar mandi modern.

Closet dengan satu bagian akan lebih mahal ketimbang closet dengan dua bagian. Karena bahan tambahan dari Cina membuat tampilan lebih mulus sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Bentuk Mangkuk

Closet tersedia dengan mangkuk berbentuk lingkaran atau lonjong. Mangkuk dengan bentuk lonjong lebih panjang 2 inci jika dibandingkan dengan mangkuk dengan bentuk lingkaran. Sebagian besar orang merasa mangkuk yang lonjong lebih nyaman digunakan. Tetapi jika ruang terbatas, mangkuk dengan bentuk lingkaran merupakan pilihan terbaik.

Pilihan ketiga yang tersedia adalah model closet dengan mangkuk lonjong yang ringkas. Closet ini menawarkan kenyamanan seperti halnya closet dengan mangkuk lonjong, tetapi lebih pas untuk ruang yang kecil seperti halnya closet dengan model mangkuk lingkaran.

Tinggi Mangkuk Closet


Tinggi standar untuk closet adalah 15 inci dari lantai ke bagian atas pinggiran mangkuk closet. Pada pengukuran tinggi ini tidak termasuk dudukan closet. Sementara itu ketinggian tegak lurus dari closet adalah 16-17 inci dari lantai ke bagian atas pinggiran mangkuk, mirip dengan ketinggian kursi. Closet dengan ketinggian tegak lurus memudahkan buang air dengan cara berdiri dan duduk, hal ini sangat penting untuk mereka yang memiliki masalah punggung, kaki atau sendi.

Permukaan EverClean

Carilah closet yang dilengkapi dengan permukaan EverClean. Ini merupakan lapisan mengkilap yang permanen. Lapisan tersebut mencegah timbulnya noda dan bau yang disebabkan bakteri, lumut dan jamur pada permukaan closet dan dalam mangkuk closet.

Nah setelah mempertimbangkan komponen-komponen tersebut dalam memilih closet, tentu perlu juga menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Biasanya closet duduk murah  belum mencakup seluruh kehandalan yang perlu dipertimbangkan tersebut.

Namun demikian, tentu selalu ada alternatif untuk bisa memperoleh closet dengan harga yang terjangkau. Bila memang anggaran sangat terbatas, bisa saja beralih ke closet jongkok. Karena pada umumnya harga closet jongkok jauh lebih murah ketimbang closet duduk.

Comments

  1. Memilih closet yang nyaman emang penting ya, Mba, secara tiap hari pasti dipakai. Makasih infonya yaa.

    ReplyDelete

Post a Comment