Post Top Ad

Review Sony a5000 | Kamera Mirrorless Untuk Pemula


Kadang benar adanya, doa itu tak selamanya di ucapkan langsung dikabulkan . Allah sudah punya keputusan tersendiri atas doa-doa hambanya. Cukup sering saya masukkan si kamera ini dalam doa-doa saya.Doa tersebut semakin kencang seiring waktu berjalan,apalagi saat saya berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Dimana ada mata kuliah fotografi ,yang bikin saya berdoa makin kencang untuk memiliki sebuah kamera.

Dari kamera dslr saya menurunkan sedikit doa untuk memiliki kamera mirrorless saja. Karena kamera mirrorless ukurannya lebih kecil dan ringan,mintanya Sony karena saya adalah fans berat merk Sony.
Tak disangka,doa tersebut dikabulkan Allah setelah lama (3 tahun)bersabar. 6 bulan lalu,doa saya untuk memiliki sebuah kamera mirrorless terkabul.

Saya memenangkan giveaway yang saya ikuti dari sebuah akun feature foto di Instagram,yakni @fotokekinian. @fotokekinian adalah akun feature untuk foto dengan style kekinian. Style tersebut seperti minimalis,flatlay pokoknya yang lagi trend di dunia fotolah.

Saya ga menyangka akan memenangkan giveaway tersebut. Suatu sore akun Instagram saya @mutmuthea dibanjiri notifikasi komentar,saya saat itu lagi ga megang hp. Lagi asyik nonton Tukang Ojek Pengkolan,hahahaSemacam tak percaya,betul-betul saya cek ke semua sosmed yang berhubungan dengan foto kekinian. Benar ! saya memenangkan satu unit mirrorless.

Setelah proses konfirmasi pemenang,saya resmi mendapatkan 1 unit Sony a5000. Menunggu 3 hari karena kameranya mau dibeli dulu oleh mereka. Cukup banyak pertanyaan akan giveaway ini,apakah giveaway ini palsu,settingan atau gimana.

Jadi,giveaway ini benar adanya. Kameranya sudah sampai ditangan saya,sudah saya ajak motret kesana-kemari. 
Settingan? Giveaway ini Alhamdulillah emang rezekinya saya. Saya sama sekali tidak mengenal siapa dibalik akun @fotokekinian. Lokasi mereka Di Jawa,saya Di Pekanbaru.
So,untuk yang mempertanyakan giveaway ini sudah saya jelaskan ya :)
Panjang banget mukadimah buat review kamera ini,jadi inilah dia reviewnya.

Sony Alpha 5000

Sony adalah sebuah merek elektronik yang cukup banyak memproduksi kamera. Produk sony yang paling laris dipasaran tentu saja audio,tv,PlayStation,dilanjutkan oleh kamera dan smartphone. Di lini kamera,sony memiliki produk dari dslr,kamera video,kamera poket dan yang paling terbaru kamera mirrorless. Saya tahu sony memproduksi kamera mirrorless dari akun mantan ibu negara,Ibu Ani Yudhoyono yang kebetulan waktu itu klo ga salah memakai Sony Nex.

Jadi,Sony yang saya punya ini adalah Sony Alpha 5000. Kamera mirrorless entry level yang menjadi penutup seri nex. Diluncurkan pada tahun 2014,Dibekali prosesor BIONZ® X dan memiliki sensor crop APSC 20,1 megapiksel membuat saya cukup senang untuk memakainya.

Spesifikasinya berikut ini :


Nah dengan fitur layarnya yang bisa ditekuk,memudahkan kamu buat selfie atau bikin vlog. Kemudian flashnya hadir dengan model pop-up,jadi bisa ditekuk ke atass,kedepan,kebawah. 

Buat kalian yang memakai smartphone sony xperia,mungkin sudah tahu fitur tambahan seperti time shift burst,timelapse,motion shoot. Kalau di kamera Sony alpha,fitur tersebut bisa diinstall juga,sebagian gratis dan ada juga yang berbayar heheheh.

Btw,Sony sudah mempersiapkan secara detail kebutuhan penggunanya hari ini. Ingat review saya untuk smart lens QX10? Aplikasi play memories adalah jawaban dari cara transfer foto,smart remote untuk kamera ini. Bisa diakses dengan wifi atau dengan nfc,aplikasinya bisa diinstall di android maupun ios.



Kesan saya sebagai pemula dalam menggunakan kamera ini cukup nyaman,berikut +- Sony a5000:
Like:
Mudah untuk dioperasikan
Transfer file bisa melalui wifi & NFC
Warnanya bagus apalagi untuk street photography dan landscape
Ringan 
Lensa kitnya kecil
Lensanya banyak,belum lagi kalau pakai adapter ke lensa lain

Dislike:
Tidak ada view finder
Untuk di Pekanbaru penggunanya masih sedikit(Semoga aja nambah)
Tidak ada colokan untuk flash & Mic tambahan
Tidak Touchscreen,kalau a5100 sudah ada,jadi bisa lebih mudah mengatur fokus

Buat yang baru belajar fotografi,butuh untuk ootd doang,kamera yang simple a5000 ini cukup cocok. Tapi kalau ada dana bolehlha menambah sedikit untuk a5100 atau dahlah sekalian aja beli a6500 (dilempar panci ama mamak). Ada juga seri a7 keatas buat yang fullframe,tapi nanti kalau ada kesempatan buat pegang-pegang punya siapalah akan saya review ya.

Sharing di grup Sony Apha Indonesia dan di thread kaskus Pendopo Sony Alpha,kamera ini masih okelah untuk dibawa 2 tahun ke depan.Rajin-rajin diskusi dan bertanya di kedua grup ini,banyak ilmu baru serta racun-racun yang bakal didapat.

Hasil foto:


Jangan ragu bertanya dan sharing dengan teman-teman yang lain,banyak belajar supaya hasil foto makin cling. 

So,inilah senjata saya sekarang untuk bekerja dan narsis. Alhamdulillah,semenjak ada kamera ini rezeki saya lebih lancar,beberapa kali dipercaya untuk memotret produk. Saat ini masih terus belajar dan belajar agar fotonya makin kece badhaaay.

Btw,kalau dari kwitansi belanjanya,kamera ini dibeli Di Toko Plaza Kamera Surabaya.

Jadi mungkin kalau ada apa-apa klaim garansi kesana ya?

38 comments:

  1. Kujadi teringat, ketika sudah menabung 400rb untuk kamerun, eh hilang! :( semoga suatu saat ketularan dapet rejeki kamera kaya si kakak, aamiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaa gemes pasti..semoga dimudahkan rezeki kedepannya mbaa

      Delete
  2. Hi mba Muthea salken, wow banget ceritanya 👍. Dapet camera mirrorless gratis 😱. Bener banget kata mba ini camera oot yang simple dan imut, nggak ngabisin tempat dalam tas kita ya mba. Congratulations Mba muthea 👍.
    ( www.fillyawie.com )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba,jadi ga terlalu berat untuk dibawa2 kemana2

      Delete
  3. Dari kapan hari pengen beli kamera mirrorless dan sudah suka sama tampilannya si sony a5000. Dan makin jadi penasaran setelah tahu si muthe dapat hadiah kamera ini dari foto kekinian. Hihihi

    ReplyDelete
  4. Ini mah camera saya. so far sih saya terbantu dg adanya kamera ini terutama kualitas videonya yang bagus

    ReplyDelete
  5. Lg nabung buat beli mirrorless.. Dan aku msh galau antara sony alpha ato mirrorless nya fujifilm :D.2-2 nya keren nih reviewnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa mba.. fuji itu sexy bodynya,untuk properti foto kece...
      tapi kembali disesuaikan dgn kebutuhan aja,sambil nanya2 ama tmn yg udh punya..

      Delete
  6. Selamat ya... :)
    saya juga pakai sony dan mirorless tapi yg jadul. Maklum 7 tahun lalu hahaha...
    Sekarang malah ga dipake. Pakai smartphone aja malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeheh iyah mbaak.. kadang rindu pula pakai smartphone.. haha

      Delete
  7. Selamat ya mbak. Sony kamera impian saya juga. Mesti hemat2 dulu nih buat bisa beli syukur2 dapat hadiah juga ya :-)

    ReplyDelete
  8. Wah keren banget. Selamat ya mba. Aku juga masih berlatih menunggunakan kamera :)

    ReplyDelete
  9. Selama ini hanya menghandalkan smartphone buat jepret foto untuk blog. Ntah kapan punya kamera yang mirror-mirror gitu. Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh Alhamdulillah bang,kamera hp mut juga rusak jadi skrg pakai ini aja

      Delete
  10. Pengen euy saya pakai mirrorless. Kamera yang dipake sekarang udah mulai minta dilem biru :D

    ReplyDelete
  11. Wah selamat ya mba... aku jg pakai ini mba. Sejauh ini masih ngulik2 jg... ini katanya cocok utk blogger ya. ^^

    ReplyDelete
  12. wah, aku mana bisa pakai yang hrs diatur begitu ya, sukanya yg otomasti dan praktis. Tp bagi yg suka, akan jadi tantangan tuk buat foto jadi apik

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya mbak,, tpi kamera skrg udah pada gampang pengoperasiannya . Kalau dulu2 aku juga bingung

      Delete
  13. Wah kereeeen menang kamera, Sony pula! Aku sih dulunya mau gitu, dapet kamera aja gak usah beli. Eh lama-lama hape sering hang gegara dipake foto terus-terusan. Yaudah mbobol tabungan buat beli, itu pun second. Eh abis gitu ikutan lomba Bakmi Mewah dapet kamera. Cuma kok belom dikirim :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iyah mbak,mungkin dibeli dulu,diurus pajak2 hadiah dsb dstnya kali ya?
      Selamat menggunakan kamera baruu

      Delete
  14. kuliah komunikasi ad matpel fotografinya juga mb? iiih kereeen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak fotografi dasar,kalau masuk Jurnalis ada fotografi jurnalis juga malahan hehehe

      Delete
  15. Rezeki siapa yg tahu. Selamaaaat 😁 saya cek di priceza.co.id harga a5000 lumayan loh...rezeki anak sholihah

    ReplyDelete
  16. Semoga aku bisa ikut ketularan dengan rezeki giveaway yaaa hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  17. Sudah lama mau memiliki kamera mirrorless! Mungkin Sony akan jadi pilihan seterusnya :)

    ReplyDelete
  18. Ngimpiiii banget punya kamera mirrorles yang flip, jadi enak buat selfie, hahahaha. Keren kali lah kau Mut. Rejeki anak solehah kesayangan Mamak :*

    ReplyDelete
  19. Lagi doa kenceng juga biar punya kamelaaaa :D

    ReplyDelete
  20. Aih, senangnya dapat hadiah kamera mirrorless. Belum pernah menang giveaway berhadiah kamera dan sedang butuh kamera baru buat upgrade dari kamera digital yang selama ini dipake.

    Sony a5000 ini masuk daftar, bersama Nikon D3300, Nikon 1 J5, Canon M10, Panasonic G7, dll. Cuma karena nggak ada colokan mic eksternal jadi rada ragu. Soalnya nanti mostly bakal bikin video terus. Sedangkan pilihan yang ada colokan mic kalo nggak DSLR, harganya belum terjangkau.

    Makasih review-nya, Mbak. Membantu sekali sebagai referensi.

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram