Post Top Ad

Ayam Goreng Tepung Kuah Kacang,Resep Favorite Saya

Semenjak tinggal ngekost,mau ga mau saya harus pandai masak. Ga perlulah bisa masak menu-menu yang mantap seperti masakan mama di rumah. Minimal menu-menu yang bahannya mudah ditemukan dan gampang diolah saja sudah lebih dari cukup. Yaa pada akhirnya saya mulai lagi belajar masak dan mengenal bumbu lebih dalam.

Berhubung saya sangaaat suka olahan ayam, saya pun ya juga belajar mengolah ayam. Dulu saya mana bisa yang namanya beli ayam ke pasar,membersihkannya dengan baik hingga memastikan ayamnya matang sempurna. Tapi kalau saya ga belajar,gimana saya bisa makan ayam?

Perlahan tapi pasti,saya sudah bisa memasak ayam dengan baik. Tapi disaat saya sudah mengerti pengolahan ayam,waktu untuk turun ke dapur malah ga punya,hahaha. Bolak-balik ke kampus,belum lagi kegiatan saya diluar seperti kerja partime. Mana sempat saya nyuci ayam hahaha.

Tapi ada satu resep masakan andalan saya yang mudah untuk dimasak serta tak menyita waktu,saya sangat suka dengan ayam goreng tepung. Apalagi kalau yang dimasak adalah bagian paha,macam paha ayam kesukaan upin dan ipin. Betul..betul..betul...

Itu saya bisa makan dengan semangat sampai nambah nasi. Nah,karena ayam goreng tepung merupakan resep yang mudah untuk divariasikan,tak jarang saya menambahkan aneka macam kuah yang disiram ke ayam goreng tepung tersebut. Agar rasa ayam lebih ramai,tak hanya rasa tepung saja.

Kali ini ,yang lagi sering-seringnya saya masak terus adalah ayam goreng tepung siram kuah kacang. Awal mulanya sih menu ini dimasak mama tanpa goreng tepung. Ayamnya langsung diaduk bersama kuah kacang,pernah saya upload di instagram beberapa waktu yang lalu. Tapi untuk menambahkan sensai kriuk-kriuk,maka saya modifikasi dari resep ayam tepung,hehehe.

Begini resepnya :
Bahan: 

1. 1 bungkus ayam potong so good
2. Tepung ayam goreng tepung secukupnya
3. Telur 1 butir

Bahan kuah kacang
1.Kacang tanah 1 ons di goreng
2.Kecap secukupnya
3.Gula merah 1 bulat kecil
4.Garam halus secukupnya
5.Serai 1 batang

Cara membuat

1.Cuci bersih ayam so good,rebus selama 15 menit
2.Selagi merebus ayam,uleg/blender kacang tanah hingga rata
3.Setelah ayam matang,tiriskan
4.Rebus gula merah hingga larut,kemudian saring airnya
5.Tuangkan kacang tanah yang sudah halus masak dengan api kecil

6.Sambil menunggu kuah kacang matang,goreng ayam tepung hingga kuning keemasan.

7.Koreksi rasa pada kuah kacang,setelah rasanya sesuai matikan kompor.
8.Tata ayam di piring,lalu siramkan kuah kacang.
9.Ayam goreng tepung kuah kacang siap disajikan

Demi kepraktisan dalam memasak,sekarang saya lebih suka menggunakan ayam potong so good,karena praktis,halal serta terjamin kebersihannya. Penggunaan ayam potong so good membuat saya dapat menghemat waktu dalam mengolah ayam. Ayam potong so good ini tinggal diolah sesuai kebutuhan.

Jadi ga repot kalau mau masak ayam kan? Nah,karena praktis ini,ikutan lomba kreasi masak ramadhan dan idul fitri ala so good yuuuk. Tinggal masak menu andalan menggunakan produk so good favorite kamu,potret masakannya dan tulis deh resepnya seperti saya. Ada berbagai hadiah kece yang sayang buat kamu lewatkan. 

Bikin hobi masak kamu lebih seru dengan ikutan lomba ini! Karena Dlnya sampai tanggal 23 Juli. Untuk informasi lebih lanjut bisa dibaca di 
https://bloggerperempuan.co.id/sogood/

14 comments:

  1. Begitu pun mut, waktu ngekos kalau mau masak ayam minta yg udah dibersihin ama yg udah dipotong2, gak mau kalau dikasih yg utuh. Lelah nanti

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. enak banget manda,coba aja respenya buat menu di rumah hehehe

      Delete
  3. wah... baru nih saya nemuin resep ayam goreng disiram kuah kacang, soalnya suami saya maniak kuah kacang :)

    ReplyDelete
  4. Duh, jadi pengen nyoba buat deh mbak :D

    ReplyDelete
  5. Kayanya enak mute :( mau coba deh masak ini dirumah :D

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram