Post Top Ad

December 29, 2017

Pergi Berlibur ke Batam, Jangan Lewatkan Wisata Kuliner yang Ini !

by , in
Batam, kota terbesar di Provinsi Kepulaun Riau ini sedang gencar menawarkan industri pariwisatanya loh. Ya, meskipun tidak banyak pilihan transportasi untuk menuju ke sana, namun sekarang sudah banyak loh maskapai yang menawarkan penerbangan menuju ke Batam, Jadi tidak perlu transit ke kota lain dulu, ambil contoh saja tiket pesawat Jakarta – Batam.
Nah, bagi kalian yang kebetulan ingin berlibur ke Batam, terutama buat warga jakarta, beli aja tiket pesawat Jakarta – Batam. Bisa beli langsung ke maskapai, atau biar ga ribet dan bisa dapat tiket promo, belinya di Traveloka ya!

Selain destinasi wisatanya yang tak kalah dengan di luar negeri, siapa sangka Batam juga menyimpan beraneka macam kuliner yang patut kalian coba. Tak ada ruginya deh untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner khas Batam, berikut ulasannya.
Mie Tarempa
Mie Tarempa ini sekilas memang mirip dengan kwetiau, namun jika kwetiau berwarna sedikit pucat, Mie Tarempa ini berwarna kuning dan bentuknya tidak selebar dengan kwetiau. Meskipun Mie Tarempa ini tidak asli Batam, melainkan berasal dari daerah Tarempa, Kabupaten Anambas, namun Mie Tarempa yang bisa kalian santap di Batam tidak jauh beda kok dari tempat asalnya. Mie yang diolah dari tepung dan telur ini dapat disajikan dengan kuah, lembab, maupun kering. Penyajian Mie Tarempa biasanya dicampur dengan udang atau ayam dan mempunyai cita rasa pedas.
Gonggong


Terkenal akan destinasi wisata lautnya, kurang lengkap jika kalian tidak mencoba masakan dari olahan laut. Jika berminat, Gonggong adalah salah satu makanan khas Batam yang wajib kalian coba. Gonggong adalah siput laut bercangkang keras yang memiliki bentuk panjang dan berwarna putih dengan motif garis cokelat dan abu.
Hidangan ini bercita rasa unik, bertekstur lembut dan kenyal. Untuk menambah kenikmatan saat bersantap, Gonggong biasanya disajikan bersama sambal. Yang lebih uniknya lagi, Gonggong disajikan lenkap bersama cangkangnya. Ya, sedikit usaha lebih memang untuk menikmati. Tapi gak bakalan rugi deh.
Mie Lendir
Selain Mie Tarempa, Batam juga punya makanan khas lainnya yang berkaitan dengan mie, yakni Mie Lendir. Nah, jika Mie Tarempa berasal dari Kabupaten Anambas, mie yang satu ini asli dari Batam loh. Penyajian Mie Lendir ini yakni mie yang direbus bersama tauge, dan ditambah dengan sebutir telur yang sudah dibelah menjadi dua, lalu disiram dengan kuah kacang yang kental. Kuah kental itulah yang menjadikan makanan ini bernama Mie Lendir. Untuk menikmati Mie yang satu ini, kalian tak usah bingung,  banyak kedai atau warung di Batam yang menyajikan menu khas ini.
Sop Ikan Yong Kee
sumber:indonesiakaya.com
Satu lagi makanan khas Batam dari olahan hasil laut, yakni Sop Ikan. Seperti halnya Mie Lendir, tak sulit bagi kalian untuk menemukan warung yang menyajikan Sop Ikan. Namun ada satu tempat yang terkenal akan kelezatan olahan sop ikannya. Rumah Makan Yong Kee namanya.
Kelezatan Sop Ikan Yong Kee ini terletak pada kesegaran kaldu ikannya. Sop ikan di tempat ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Lalu ada udang, mie, sawi, cumi, daun selada, tomat, dan juga bawang goreng sebagai pelengkapnya. Keistimewaannya juga terletak pada porisnya yang lumayan banyak, jadi satu porsi sop ikan bisa kalian santap berdua. menarik kan.


Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Tak usah berpikir panjang lagi deh, segera cari tiket pesawat Jakarta – Batam untuk menikmati surga kuliner hidangan laut. Wisata ke batam banyak bonusnya loh, bisa belanja barang-barang import dengan harga lebih murah. Selamat berlibur dan memanjakan perut.
December 23, 2017

Resep Gulai Itik Khas Aceh Pakai Sasa Santan Kelapa

by , in
Gulai itik merupakan hidangan lezat khas serambi mekah yang mempunyai banyak penggemar. Termasuk di Indonesia, terkhusus di Aceh yang terkenal sebagai serambi makkah. Meskipun bahan dasar itiknya kini mulai sulit ditemui, tapi itulah yang malah membuat para pecinta itik menjadi lebih penasaran. Sebenarnya gulai itik sendiri dibuat dengan bahan dasar daging itik atau bebek yang diolah dengan cara direbus dalam santan. Ya bisa dibayangkan sendiri bagaimana lezatnya daging itik bila berpadu dengan kuah santan pedas penuh dengan rempah. 

Daging tersebut kemudian dilumuri dengan tumbukan cabai hijau hingga santan mengering. Gulai itik dengan santan kering inilah yang kemudian di hidangkan. Hmmm lezat bukan. Nah buat kalian yang penasran banget gimana sih memasak gulai itik khas aceh ini. Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya bakalan membahas mengenai resep gulai itik khas aceh. Terutama bila kamu menggunakan Sasa Santan Kelapa sebagai santanya. 

Bahan dan Cara Membuat Gulai Itik Khas Aceh

Tentu bukan tanpa alasan mengapa saya menggunakan Sasa Santan Kelapa, bukan menggunakan santan yang langsung saya peras dari kelapa segar. Sebenarnya, perlu kamu tahu, Sasa Santan Kelapa itu juga merupakan santan yang diperas dari parutan kelapa segar dengan teknologi modern. Termasuk juga teknologi pengemasanya, makanya ia bisa bertahan lama. 

Ia di kemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Memiliki aroma khas, dengan aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas serta tidak ada atau tanpa pengawet sama sekali. Makanya cocok untuk segala jenis masakan, makanan dan juga minuman. 

Cara membuat Gulai Itik Khas Aceh gampang kok, jadi kamu gak bakalan merasa kerepotan ataupun kewalahan. Untuk mempersingkat waktu dan agar kalian tidak tambah penasaran, bahan-bahan serta resep yang telah saya siapkan yaitu: 
  1. 1 ekor itik/ bebek
  2. ¼ kg cabai hjau
  3. 10 siung bawang putih
  4. 10 siung bawang merah
  5. 1 sendok makan kemiri
  6. 1 sendok makan kunyit
  7. 7 lembar daun salam
  8. 10 lembar daun kunyit
  9. 25 lembar daun jeruk
  10. Dua bungkus Sasa Santan Kelapa

Bahannya cukup mudah kan guys, Setelah semua bahan telah selesai disiapkan, sekarang waktunya kita memasak gulai itik khas aceh, simak baik-baik ya guys.

  1. Langkah pertama, rebus itik/ bebek hingga setengah empuk, ya kurang lebih selama 1 jam
  2. Kemudian masukkan Sasa Santan Kelapa dalam panci, didihkan sambil di aduk-aduk
  3. Haluskan semua bumbu, kecuali cabai hijau yak arena hanya perlu di tumbuk kasar
  4. Masukkan bumbu halus tadi ke dalam panci bersama dengan itik/ bebek yang sudah setengah empuk
  5. Nah setelah bumbu benar-benar mereap ke dalam daging, masukkan cabai hijau yang telah di tumbuk kasar tadi
  6. Masukkan secara perlahan hingga seluruh daging terlumuri dengan cabai dan santan. Tunggu hingga agak mengering, angkat dan gulai itik khas aceh siap di sajikan
Cara paling cocok menikmati gulai itik adalah saat siang hari bersama dengan nasi panas. Dengan begitu kenikmatan dari daging itik akan terasa lebih istimewa. Selain itu menu kreasi ini juga cocok banget kita sajikan untuk acara-acara resmi seperti resepsi pernikahan ataupun pesta ulang tahun. Nah mungkin itu yang dapat saya bahas pada kesempatan kali ini. Senangnya Karena memasak masakan bisa lebih mudah Karena ada Sasa Santan, Aslinya Santan 
December 19, 2017

Tips Cermat Membeli Mobil Bekas Dari Tangan Pertama

by , in
Ada banyak hal yang menuntut seseorang untuk memiliki kendaraan sendiri, diantaranya adalah profesi dan juga yang tak kalah penting adalah untuk menunjang kemudahan jika ingin pergi kemanapun. Maka Anda tak harus mengandalkan sarana transportasi umum yang pada dasarnya tidak selalu ada setiap saat. Bahkan jika dilihat tawaran harga atau biaya jasa transportasi belakangan juga semakin naik. Belakangan jika dilihat sebenarnya harga sebuah kendaraan juga selalu mengalami peningkatan, apalagi untuk jenis kendaraan roda 4 atau mobil. Untuk itu beberapa orang menyiasatinya dengan beli mobil

Dari segi harga untuk kendaraan second sendiri memang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan yang masih baru, keuntungan lainnya adalah ketika menggunakan kendaraan ini maka pajak yang dikenakan dalam pembeliannya sudah banyak yang turun, selain itu tak perlu kerepotan dalam hal mengurus surat-suratnya, karena semua sudah ada lengkap, setelah melakukan pembelian maka bisa langsung membawa kendaraan tersebut pulang ke rumah, sangat mudah bukan.

Hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa tak semua menawarkan mobil bekas murah, artinya ketika konsumen salah dalam membeli, bukannya harga murah yang ditawarkan justru rugi karena nilai yang masih mahal, padahal dapatkan tawaran bekas. Belum lagi jika akan dijual nilainya berangsur-angsur akan kian turun. Untuk itulah cara terbaik dalam membeli kendaraan adalah langsung dari orang pertama, diantaranya adalah:

1. 
Manfaatkan iklan secara online, sekarang ini ada banyak sekali situs jual beli online yang digunakan sebagai tempat beriklan oleh para penjual kendaraan, dimana nantinya Anda bisa mendapatkan tawaran produk dengan spesifikasi yang lengkap dan juga ada gambar hingga kontak dari penjual yang dapat dihubungi, untuk mencegah terjadinya tindak penipuan, maka dapat dilakukan sistem COD atau bertemu langsung dengan penjualnya. Sehingga nantinya Anda bisa bertanya-tanya, melihat kondisi bahkan test drive. Untuk dapatkan harga murah, maka bisa dilakukan negosiasi harga terlebih dahulu, harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli di showroom.

2. Anda dapat menyiasatinya dengan melihat di sepanjang jalan ketika melakukan perjalanan, karena tak jarang diantara masyarakat yang masih menggunakan cara tradisional dalam menjual kendaraan mereka, yaitu menaruhnya di pinggir jalan dan memberikan tulisan dijual. Cara yang satu ini kenyataannya juga cukup efektif bagi Anda yang ingin membeli sebuah kendaraan baru langsung dari pemiliknya. Setelah mendapatkan kendaraan yang sesuai, maka nantinya bisa langsung menghubungi nomor yang tertera untuk bertemu dengan penjualnya langsung.

3.
Lihat dari iklan di koran, sebagian diantara space koran berisi lowongan pekerjaan dan juga iklan, iklan yang menjual properti hingga kendaraan, mereka akan menyertakan spesifikasi untuk kendaraan tersebut secara singkat dan juga nomor kontak yang dapat dihubungi, sehingga nantinya hanya perlu bertemu dengan penjual langsung dan mengecek kondisi barang tersebut.

Namun tentunya bukan hanya asal harga murah saja yang harus diperhatikan ketika akan membeli kendaraan bekas, melainkan juga kualitasnya, untuk itu jangan lupa mempertimbangkan beberapa hal ini:

1.
 Cek kondisi fisik kendaraan terlebih dahulu, apakah secara keseluruhan masih dalam kondisi bagus atau justru sebaliknya.

2. Pastikan juga mengetahui riwayat dari kendaraan. Hindari membeli kendaraan yang pernah mengalami kecelakaan parah.

3. 
Pastikan untuk menjajal langsung atau test drive untuk mengetahui performa kendaraan.
Cermat dalam berbelanja mobil bekas murah untuk dapatkan produk yang berkualitas.
December 18, 2017

Membangun perekonomian dengan Astra International

by , in

Hai teman-teman, ada beberapa kebutuhan yang kadang mau tidak mau kita harus wujudkan sekarang. Akan tetapi, kadangkala tersendat karena belum ada dananya yah? Apalagi buat teman-teman yang membutuhkan beberapa barang untuk menunjang pekerjaan.

Ada lagi, buat para teman-teman yang berjualan, butuh modal untuk memulai usaha, tapi bingung mau dapat darimana?Mencari lembaga yang menyediakan pembiayaan gampang-gampang susah memang. Paling tidak, kalau kita ingin memakai layanan pembiayaan transaksinya kudu jelas,peraturannya mudah dipahami dan tidak menyulitkan bukan?

Lebih dekat dengan Astra

Kalau ngobrolin Astra, pasti langsung terbersit di fikiran mengenai otomotif ya. Tapi ternyata astra lebih dari itu. Banyak sekali bidang bisnis astra yang meramaikan industri bisnis tanah air ini. Ya gimana ga ramai, sudah 60 tahun hadir Di Indonesia. Tentu saja sudah banyak bidangnya dong ya.

Membangun perekonomian dengan FIF Group

FIF merupakan perusahaan pembiayaan yang dimiliki oleh Astra. Awalnya pembiayaan FIF ini fokusnya pada pembiayaan konvensional dan syariah pada sepeda motor saja, tapi karena kebutuhan masyarakat yang semakin banyak maka merambah ke pembiayaan sepeda motor bekas serta barang-barang konsumsi umum seperti peralatan elektronik serta peralatan rumah tangga.

Untuk memperluas jangkauan konsumennya, FIF pun sudah memiliki 194 cabang dan 416 point of services (POS) yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Jangnakan Di Pekanbaru, Di Perawang yang perlu waktu tempuh dua jam saja,sudah ada cabang FIF. Betapa FIF membantu banget ya?

Nah, buat teman-teman yang membutuhkan pembiayaan barang-barang umum bisa banget melalui spektra. Segala barang-barang-barang yang butuh bantuan pembiayaan bisa melalui spektra.

Transaksi mudah,bisa dibayar melalui banyak jalur,betapa Astra memiliki produk yang membantu banget yaa.

Gimana nih gaes? sudah menggunakan produk Astra yang mana saja?
December 18, 2017

What’s in Mutmuthea's Makeup Pouch?

by , in
Beberapa lalu, saya cerita-cerita mengenai “what’s in your makeup pouch?” bareng Kak fivit. Saya penasaran dengan isi makeup pouchnya kak fivit tersebut,maklum dia makeup junkie.. Sampai pada akhirnya dia nyolek saya, karena dia udah posting segambreng-gambreng printilan makeupnya.Nah, dasar ga mau kalah ya, saya juga mau dong ikutan post “what’s in your makeup pouch versi saya. 

Tapi ya harap maklum dulu sebelum saya jembrengin isinya, saya mau memberitahu kepada pemirsa pembaca blog ini. Karena saya baru saja berjuang menghilangkan jerawat yang parah itu, maka make up yang saya miliki di mulai dari nol. Jadi make-up sebelumnya itu saya buang-buangin. Saya betul-betul mencoba mulai dari awal lagi, makanya produk yang ada pun ga begitu banyak. Hehehe.

Produk-produk yang saya pakai ini, rata-rata dipilih yang menyesuaikan dengan kondisi muka saya. Untuk skincare yakni produk untuk muka berminyak dan acne prone sedangkan untuk make-up, saya ga punya patokan khusus, asal nyaman digunakan saja.

Yuk buat yang mau kepoin isi makeup pouch saya mari saya jembrengkan yeaa

1.Lip cream wardah
Nah, ini nih. Semenjak mencoba beberapa lipcream, saya bisalah menjatuhkan salah satu pilihan saya kepada lip cream wardah. Warnanya itu lho, cantik-cantik dan menunjang penampilan saya agar ga teralu pucat. Daya tahannya pun boleh diadu, cucok dipakai kondangan

2.Biore sunscreen
Saya biasa bilang ini holy grail saya untuk sunscreen! Kenapa begitu muth? Lebay banget rasanya ya? Tapi emang beneran nyaman pakai ini, ga lengket, ga berbau menyengat serta ringan ketika dipakai. Saya jadi ga terlalu cemas kalau berkegiatan diluar.

Oh ya, sudah saya review juga, silahkan mampir 

3.Eyeliner Wardah eye expert

Sebagai pemilik mata sipit, memiliki eyeliner yang mampu membuat mata saya agak lebih besar mutlak adanya. Eyeliner wardah ini ada dua jenis, liquid dan pen, saya jujurnya lebih menyukai yang pen, akan tetapi untuk daya kuas yang lebih banyak liquid lebih baik. Akhirnya saya beli ajalah keduanya, karena waterproof dan saya mudah mengaplikasikannya

4.Bedak tabur marcks
Nah, kalau acne prone muka lebih baik menggunakan bedak tabor saja. Karena partikelnya lebih ringan. Saya setuju dengan pendapat tersebut, buktinya sudah repurchase sekian kali untuk bedak taburnya ini. Sungguh membantu saya semasa perawatan jerawat dulu. Belum lagi hargnaya sangat bersahabat banget deh.

5.Mouisturizer jafra
Well, jafra memilik beberapa rangkaian produk yang disesuaikan dengan kondisi muka. Nah saya pilih seri matyfying ini,karna cocok untuk kulit berminyak. Awalnya make ukuran tester, akhirnya saya beli kemasan fullnya. Setelah beberapa kali pemakaian,muak saya memang terasa lebih kenyal dan lembut lho.

6.Hatomugi skin conditioner
Pekanbaru ini sungguhlah panas sekali,apalagi saya memang orang yang suka diluar ruangan kan? Butuh banget yang bisa menyegarkan kulit wajah, maka saya pilih hatomugi ini sebagai penyegar muka. Ukurannya sih memang besar, 500 ml gaes, tapi saya salin ke botol spray kecil agar bisa dimasukkan kedalam makeup pouch. Kegunaannya cukup banyak, bisa digunakan sebagai toner,finisher makeup hingga hanya sebagai penyegar seperti yang saya gunakan ini.

7.Parfum
Wangi parfum yang nyaman harumnya bikin kamu lebih dikenali serta dirindukan. Ada gitu kan ya orang yang nandain kehadiran seseorang lewat parfumnya. Nah saya ingin orang lain mengingat saya dengan parfum yang lembut, maka untuk parfum saya pilih azwa parfum dalam kemasan 30ml. aroma parfum yang saya miliki adalah varian …. Ini harum banget tapi ga menyengat. 

Nah, kira-kira inilah isi makeup pouch saya, memang simple saja karena saya memang baru memulainya. Produk yang saya pakai memang betul-betul produk yang digunakan harian,bukan yang hanya dipakai saat-saat tertentu. Makanya kalau dilihat beberapa produk sudah mulai habis dan mungkin akan saya beli kembali. Nah bagaiaman isi makeup pouch kamu? Share yuk !

December 15, 2017

Resolusi Tahun 2018nya Mutmuthea

by , in
Ga terasa banget sudah di penghujung tahun 2017, saya juga ga begitu menyadari bahwa sudah Bulan Desember saja. Sudah banyak berbagai kisah yang saya lewati disepanjang tahun 2017 ini. Baik kisah senang yang senang sekali hingga sedih yang sejadi-jadinya. Semua yang saya lewati sedikit banyak memberi saya pandangan yang lebih luas terhadap kehidupan ini. 


Tapi karena di tahun 2017 ini saya tak begitu banyak membuat persiapan, maka terlewatilah tahun 2017 ini dengan kondisi apa adanya. Padahal, kalau saja katakanlah saya membuat resolusi tahunan, mungkin 2017 saya akan lebih berkesan. Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, maka saya ingin berbagai mengenai resolusi di tahun 2018. Kenapa saya share disini? Padahal biasanya saya nulis rencana-rencana saya hanya di sebuah buku diary.



Saya butuh penyemangat selain diri saya sendiri tentunya. Tanpa kalian pembaca blog saya misalnya, saya ga ada artinya tuh :). Biar saya lebih semangat dan terorganisir, tak ada salahnya saya membagikan resolusi saya di tahun 2018, kira-kira ada apa saja nih?


1. Wisuda 


Ini termasuk saya sedihkan karena saya telat wisuda dibanding kawan-kawan saya yang seangkatan, padahal banyak kerjaan menanti tapi belum bisa saya kerjakan karena saya belum lulus. Saya mohon doanya agar selesai di tahun ini juga ya teman-teman. Semoga saya dipermudah dalam mengerjakannya.

2. Move on 


Ga perlu saya bahas panjang-panjang kalau ini, saya cuma pengen hati saya lebih ikhlas menjalani hari-hari kedepannya. Sejujurnya sudah hampir dua tahun saya resah menjelang tidur dan bangun dengan keadaan yang kacau balau tidak fresh. Baru-baru ini saja saya mencoba menangkan diri saya supaya bisa tidur dalam kondisi baik. Takut kalau hal ini berkelanjutan dan merusak hari-hari saya. Apa saran move on versi kamu?


3. Kembali menjadi relawan


Ini yang saya lama tinggalkan setahun terakhir, saya tidak lagi begitu antusias menjadi relawan. Padahal awalnya saya antusias banget ikut berkomunitas dan bergabung pada kegiatan yang membutuhkan relawan. Semangat ini yang perlu saya munculkan lagi, rindu juga sih saya sibuk-sibuk seperti itu. Seperti misalnya Di Kelas Akademi Berbagi, saya bakalan bangun pagi dan bergegas ke lokasi untuk menyiapkan kelas. Sekarang? Sayanya mageran, padahal sebenarnya asyik dan seru. Yuk semangat lagi,sudah pernah jadi relawan di kotamu?

4. Fokus belajar fotografi



Ini cita-cita dari dulu tapi ga begitu difokuskan, padahal sekarang sudah punya kamera. Sudah punya kamera tapi motret masih pake mode auto, styling masih ngasal, mana main jepret sana-sini. Selain belajar fotografi, saya juga ingin gitu ikut motret event yang lebih sering. Tapi gimana sih cara supaya dapat akses yang sama dengan wartawan pada setiap kegiatan? Saya ga punya ide nih pemirsa, hehehe.

5. Olahraga 


Kadang itulah, merasa kurus sehingga ga perlu olahraga. Padahal ya, ga bagus juga kalau jarang olahraga. Itu terbukti ketika saya jalan-jalan Ke Goa Jepang Di Bukittinggi, ngos-ngosan. Kecapekan. Padahal kalau rajin olahraga, tangga Goa Jepang ga begitu berat harusnya. Mungkin saya akan memulai dengan zumba atau berenang, karena ga disarankan dokter untuk lari. Olaharga favorite kalian apa?


6. Makan yang baik


Ga bisa dipungkiri, berbagai macam kuliner kekinian hadir setiap harinya, semua mau dimakan aja rasanya. Tapi saya lupa untuk memberikan ruang bagi diri saya untuk makan-makanan yang baik. Mungkin detox juice atau diet mayo sekali di 2018 bisa jadi pilihan yang tepat supaya pencernaan saya ga kacau balau.

Untuk mewujudkan beberapa resolusi saya di tahun 2018, ini tentu saya harus menjaga kesehatan, bagamana saya bisa kembali berkegiatan normal kalau kondisi badan saya kacau balau, antah berantah ya? Tubuh tentu butuh multivitamin yang bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh. 


Yaa paling engga kudu nyetock multivitamin seperti Theragran-M, kenapa gitu muth? 
Jadi gini kan yaa sayang-sayangku, berkegiatan yang padat tentu saja banyak menguras energi,banyak bikin kita lupa jaga diri juga kan? Kekurangan vitamin bakalan bikin daya tahan tubuh berkurang dan memicu timbulnya penyakit. Theragran M juga Vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Pokoknya Kalau sakit jangan lama-lama ya ~

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.




Post Top Ad

My Instagram