Post Top Ad

Resep Gulai Itik Khas Aceh Pakai Sasa Santan Kelapa

Gulai itik merupakan hidangan lezat khas serambi mekah yang mempunyai banyak penggemar. Termasuk di Indonesia, terkhusus di Aceh yang terkenal sebagai serambi makkah. Meskipun bahan dasar itiknya kini mulai sulit ditemui, tapi itulah yang malah membuat para pecinta itik menjadi lebih penasaran. Sebenarnya gulai itik sendiri dibuat dengan bahan dasar daging itik atau bebek yang diolah dengan cara direbus dalam santan. Ya bisa dibayangkan sendiri bagaimana lezatnya daging itik bila berpadu dengan kuah santan pedas penuh dengan rempah. 

Daging tersebut kemudian dilumuri dengan tumbukan cabai hijau hingga santan mengering. Gulai itik dengan santan kering inilah yang kemudian di hidangkan. Hmmm lezat bukan. Nah buat kalian yang penasran banget gimana sih memasak gulai itik khas aceh ini. Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya bakalan membahas mengenai resep gulai itik khas aceh. Terutama bila kamu menggunakan Sasa Santan Kelapa sebagai santanya. 

Bahan dan Cara Membuat Gulai Itik Khas Aceh

Tentu bukan tanpa alasan mengapa saya menggunakan Sasa Santan Kelapa, bukan menggunakan santan yang langsung saya peras dari kelapa segar. Sebenarnya, perlu kamu tahu, Sasa Santan Kelapa itu juga merupakan santan yang diperas dari parutan kelapa segar dengan teknologi modern. Termasuk juga teknologi pengemasanya, makanya ia bisa bertahan lama. 

Ia di kemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Memiliki aroma khas, dengan aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas serta tidak ada atau tanpa pengawet sama sekali. Makanya cocok untuk segala jenis masakan, makanan dan juga minuman. 

Cara membuat Gulai Itik Khas Aceh gampang kok, jadi kamu gak bakalan merasa kerepotan ataupun kewalahan. Untuk mempersingkat waktu dan agar kalian tidak tambah penasaran, bahan-bahan serta resep yang telah saya siapkan yaitu: 
  1. 1 ekor itik/ bebek
  2. ¼ kg cabai hjau
  3. 10 siung bawang putih
  4. 10 siung bawang merah
  5. 1 sendok makan kemiri
  6. 1 sendok makan kunyit
  7. 7 lembar daun salam
  8. 10 lembar daun kunyit
  9. 25 lembar daun jeruk
  10. Dua bungkus Sasa Santan Kelapa

Bahannya cukup mudah kan guys, Setelah semua bahan telah selesai disiapkan, sekarang waktunya kita memasak gulai itik khas aceh, simak baik-baik ya guys.

  1. Langkah pertama, rebus itik/ bebek hingga setengah empuk, ya kurang lebih selama 1 jam
  2. Kemudian masukkan Sasa Santan Kelapa dalam panci, didihkan sambil di aduk-aduk
  3. Haluskan semua bumbu, kecuali cabai hijau yak arena hanya perlu di tumbuk kasar
  4. Masukkan bumbu halus tadi ke dalam panci bersama dengan itik/ bebek yang sudah setengah empuk
  5. Nah setelah bumbu benar-benar mereap ke dalam daging, masukkan cabai hijau yang telah di tumbuk kasar tadi
  6. Masukkan secara perlahan hingga seluruh daging terlumuri dengan cabai dan santan. Tunggu hingga agak mengering, angkat dan gulai itik khas aceh siap di sajikan
Cara paling cocok menikmati gulai itik adalah saat siang hari bersama dengan nasi panas. Dengan begitu kenikmatan dari daging itik akan terasa lebih istimewa. Selain itu menu kreasi ini juga cocok banget kita sajikan untuk acara-acara resmi seperti resepsi pernikahan ataupun pesta ulang tahun. Nah mungkin itu yang dapat saya bahas pada kesempatan kali ini. Senangnya Karena memasak masakan bisa lebih mudah Karena ada Sasa Santan, Aslinya Santan 

4 comments:

  1. Muuut, saya nyari yang khas Pekanbaru, mana dooong? :D

    ReplyDelete
  2. Mana penampakan gulai itiknya? kirimin ke rumah yak :D

    Btw, saya juga sering pake santan sasa ini, praktis

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram