Post Top Ad

Jelajahi Pekanbaru, Jangan Lupa Kunjungi 3 Tempat ini


Kota Pekanbaru memang tidak sepopuler kota wisata lain seperti Bali, Yogja, atau Batam. Namun, kota ini memiliki daya tarik yang sering luput dari perhatian wisatawan, ada beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Jangan khawatir, sebelumnya Anda bisa pesan tiket pesawat promo ke Pekanbaru untuk menghemat biaya perjalanan Anda. Dengan demikian Anda bisa jalan-jalan di kota ini, dengan tidak menguras kantong.

Source : Indonesia-tourism

Saya sendiri senang banget jalan-jalan dan pengen share pengalaman jalan-jalan ke “kota bertuah” ini, dan ternyata cukup banyak ragam wisata seperti wisata alam, kuliner, hingga wisata belanja yang bisa dijelajahi. Nah, yuk kita simak beberapa tempat yang sempat saya kunjungi saat menjelajah Kota Pekanbaru ini.

1. Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di kota ini, sehingga tidak heran bila tempat ini selalu saja ramai dipenuhi oleh banyak wisatawan dari domestik maupun mancanegara.

Tentu danau ini sudah saya masukkan dalam daftar untuk dijelajahi, menikmati keindahan alam di sekitar danau buatan ini. Di sini selain bisa melepas penat karena hawanya sejuk, saya juga bisa menikmati asrinya pepohonan dan bukit-bukit hijau di sekeliling danau yang memanjakan mata. 

Dengan luas sekitar 14 hektar, di danau buatan bekas irigasi ini saya pun menuju bukit utama sebagai tempat wisata, tempat terdapatnya sebuah bangunan beratap mirip panggung terbuka dan tidak memiliki dinding pembatas. Di bangunan ini saya bisa menyaksikan Danau Lembah Sari ini dari ketinggian secara menyeluruh, sebuah panorama alam yang begitu indah.

Setelah itu diiringi semilir angin sepoi, saya pun menyantap makan siang ikan bakar daun, serta kudapan dari singkong dan sagu. By the way, kuliner ini banyak dijual di warung sekitar danau. 


2. Wisata Kuliner Gulai Ikan Patin

Lokasi Kota Pekanbaru ini diapit oleh empat sungai yaitu Sungai Siak, Sungai Kampar, Sungai Rokan, dan Sungai Indragiri. Oleh karenanya daerah ini memiliki pasokan ikan yang cukup besar, salah satunya adalah Ikan Patin. Selanjutnya Ikan Patin ini diolah menjadi gulai, sebagai masakan khas Pekanbaru.

Gulai Ikan Patin khas Pekanbaru ini dikenal berbeda dengan gulai ikan umumnya. Pasalnya Gulai Ikan Patin kuah kuning khas Pekanbaru ini memakai campuran daun kecombrang atau bunga kincung, yang dapat memberikan kesan lebih segar dan menambah rasa masakan dan aroma yang khas. 

Jadi saya pun penasaran ingin mencicipi kuah gulai kental dan daging ikan yang harum ini. Pondok Patin HM Yunus menjadi pilihan saya, sebagai salah satu restoran khas Riau yang cukup legendaris di Pekanbaru. Menariknya, Gulai ikan Patinnya dihidangkan dengan warna yang segar. 

Selain itu di meja juga disajikan menu lain, seperti gulai telur ikan, tumis bayam, tumis tauge, tumis pakis, balado, teri tempe, Ikan Salai Gulai, goreng Ikan Pantau, dendeng, terong, Ikan Salai goreng, dan udang gulai.

3. Wisata Belanja di Pasar Bawah Pekanbaru
Pasar Bawah di Pekanbaru ini dikenal sebagai salah satu pusat belanja murah yang terletak di sebelah utara kota Pekanbaru. Meskipun terkesan tua, tetapi menjadi pusat penjualan barang antik, keperluan rumah tangga, karpet, keramik, lampu antik dan beragam alat elektronik. 

Selain itu, pasar ini menjadi tempat belanja favorit bagi pengunjung yang ingin membeli barang impor yang murah antara lain keramik Cina, karpet Timur Tengah, tas dari Italia, serta guci dan patung. Pengunjung juga bisa mencari barang elektronik impor dari Cina dengan harga murah di sini. 
Saya pun memutuskan untuk membeli oleh-oleh asli Pekanbaru di sini Selain mencari beberapa kaos bertuliskan Pekanbaru, juga beberapa pernik hiasan kerajinan khas Riau, dan kain songket. Saya sempat melirik berbagai jajanan khas Riau yang juga dijual di pasar ini. Akhirnya seplastik lempok Durian dan Dodol kedondong, serta Ikan Salai pun saya bawa pulang.

Nah, bila Anda ingin berkunjung ke Kota Pekanbaru, jangan lupa untuk pesan tiket pesawat murah di website Airy untuk mendapatkan harga promo. Berlibur hemat Bersama Airy, kapanpun dan dimanapun bisa!

15 comments:

  1. Gulai patinnya bikin ngiler :D Enak banget pasti

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke Pekanbaru sih :D Kapan ya bisa ke sana ^^ Pingin ke Pasar Pekanbarunya.

    ReplyDelete
  3. Yakin banget kalau Indonesia kaya yaa...Mut.
    Dan kulinernya yaaang lezattooss.
    Pekanbaruuu...ku datang.... ((in syaa Allah, aamiin))

    ReplyDelete
  4. Aduhhh gulainya...kepengen banget ngerasain masakan yang diracik langsung di sana sambil jalan2.

    ReplyDelete
  5. Haduuuh Mut, itu gulai ikan patinnya menggoda banget. Mog bisa main ke Pekanbaru dan kopdar ma kamu

    ReplyDelete
  6. Semoga kesampaian berkunjung ke Pekanbaru, mauu gulai Patinnyaaaaa ya Mut..

    ReplyDelete
  7. Wadaaaw gegara blog ini jadi pengen mudikk. Minggu depan kepekanbaru deh, ketemu yaa.

    ReplyDelete
  8. amiin, jangan sampai aku lupa tempat dan kulinernya. Terus jangan sampai lupa juga berkunjung ke Mutia

    ReplyDelete
  9. Ihiy, enak nih, kapan-kapan kita keliling yok muts, jadi wisatawan di kota sendiri ye kan..

    ReplyDelete
  10. Kangen PasarBawah .... Eh Pekanbaruuu ��

    ReplyDelete
  11. Wisata kulinernya kayaknya wajib dicoba ya. Gulai patinnya bikin salfok dan ngencess

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram