Post Top Ad

Ini Dia Cara Mendukung Kemajuan Indonesia


Selasa pagi, baru bangun tidur dan saya mendengar suara rintik-rintik hujan. Ternyata pagi ini disambut dengan hujan, tak kunjung berhenti sampai saya selesai mandi dan dandan. Tapi walaupun hujan lebat saya kudu tetap berangkat keluar. Karena akan menghadiri acara Flash Blogging "Menuju Indonesia Maju". Acara ini diadakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi (Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo) dan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Riau. 

Komentar saya disalah satu postingan teman blogger yang kotanya sudah diadakan acara Flash Blogging ternyata terkabul juga. Maklum, sudah lama saya tak menimba ilmu mengenai blog dan konten. Acara Flash Blogging Di Provinsi Riau diadakan di Pekanbaru, tepatnya Di Hotel Aryaduta. Ini acara pertama yang cukup besar di awal tahun 2018 buat saya. 

Lewat dari pukul sembilan akhirnya acara dimulai.Setelah acara pembukaan, dilanjutkan oleh presentasi dari pemateri pertama.Yakni Enda Nasution. Ya, Mas Enda yang dikenal sebagai bapak blogger indonesia. Diawal sesi, beliau memaparkan ­bagaimana perkembangan blog Di Indonesia. Ia memulai blogging sejak tahun 2001, wah sudah lumayan lama ya? Dimasa itu, internet belum menjadi bagian penting dikehidupan masyarakat. Terbukti, untuk mengunggah 1 foto saja memerlukan waktu yang lumayan. Tapi seiringnya waktu, Indonesia mulai nampak geliat ngeblog. Para blogger mulai bermunculan dan menunjukkan diri. 

Nah, sebagai blogger walaupun kita tidak mempunyai keterikatan pada atasan, redaktur tapi kita tetap wajib mempertanggung jawabkan tulisan yang tayang. Yakni dengan memberi informasi yang informatif serta bermanfaat. Karena yang mengontrol konten adalah diri kita sendiri.Apalagi tak terasa kita sudah diberi kemudahan dalam mengakses internet. Semua tulisan dan konten bisa diproduksi dalam waktu yang singkat. 

Tips membuat konten kreatif 

Sebagai pembuat konten, blogger juga diharapkan membuat konten yang menarik. Tapi bagaimana sih caranya agar postingan tertata dengan rapi? Ini dia caranya 

1. Gunakan format piramida terbalik. 
Jadi,sampaikan informasi yang disampaikan pada 1-2 paragraf pertama. Lalu pada paragraf selanjutnya baru mulai susun fakta, data pendukung 

2. Menulis alternative judul 
Sebelum menayangkan konten, buatlah beberapa opsi judul. Pilihlah judul-judul yang menarik minat pembacaa. Jangan pula judulnya clik bait, karena yang pembaca pada akhirnya malah kecewa, kecewa karena judul tidak sesuai dengan isi. 

3. Berikan tanda khusus pada informasi yang penting 
Karena sekarang orang membaca dengan metode scan, dengan adanya tanda khusus pembaca akan mudah terbaca. 

4. Gunakan link sebagai refrensi ke halaman berikutnya 
Apabila tulisan kamu meiliki tulisan lain yang saling berkaitan, lampirkan link tersebut. Selain memudahkan pembaca,akan memudahkan blog kamu sendiri dalam membangun backlink di dalam blog. 

5. Share postingan yang memancing emosi 
Eits, emosi apa dulu? Emosi positif dong. Dimana apabila melihat konten yang kamu bagikan akan timbul perasaan senang, termotivasi atau merasa menambah pengetahuan. 

Berpartisipasi dalam gerakan positif 

Daripada menjadi generasi yang dipenuhi oleh hoax dan hal-hal negatif akan lebih baik mengikuti gerkaan positif. Saat ini banyak gerakan yang bisa kamu ikuti, seperti #siberkreasi dan #bijakbersosmed. Beberapa program ini bisa dimanfaatkan untuk belajar membuat konten yang baik hingga berkolaborasi. Saya merasakan, akir-akhir ini geliat kolaborasi menjadi hal yang menarik dan menyenangkan untuk dikerjakan. Seperti waktu saya diajak berkolaborasi dengan tim PHW (Pekanbaru Heritage Walk), disana diajak untuk mengeksplorasi kampung Bandar, yang merupakan kawasan cikal bakal Kota Pekanbaru. Jangan takut berkolaborasi, karena akan membuka banyak kesempatan hingga rezeki. 

Lebih dekat dengan pemerintahan “Dari Sudut Istana” 

Kali ini, materi yang disampaikan jauh dari keseharian tapi patut untuk diketahui. Mengenal Presiden Jokowi. Terlepas apakah kamu tidak memilih Pak Jokowi saat pemilu lalu, namun beliau adalah Presiden kita saat ini. Wajib juga mengetahui progress kepempinan beliau kan? 

Ada Pak Handoko Sudarta dari Tim Komunikasi Presiden yang becerita. Ternyata Tim Komunikasi Presidenlah yang mengurus segala hal mengenai cara pendekatan Pak Jokowi selama bertugas 

Perjalanan awal memang susah, Pak Jokowi perlu kerja keras mengubah atau memperbaharui segala hal yang ada di negara ini. Tapi usaha tida pernah mengkhianati hasil kan? Dulu yang katanya semua-semua dipusatkan Di Jawa, tapi siapa sangka, perlahan dilakukan pemerataan disegala bidang di luar pulau jawa. Sekarang saja Provinsi Riau sedang dilaksanakn proyek pembagunan jalan tol Pekanbaru –Dumai! Yang dulunya 4-5 jam, diharapkan bisa lebih cepat. Belum lagi juga sedang dibangun beberapa fly over baru Di Pekanbaru. 

Acara ini mmeberikan saya banyak informasi mengenai perkembangan Di Indonesia, memacu saya untuk mendukung pembuatan serta penyebaran konten positif yang akan membuat masyarakat lebih baik. Yaaa, namanya juga “Mendukung Inndonesia Maju” Kalau bukan kita rakyat Indonesia? Siapa lagi kan ? 

Acara ini diadakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi (Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo) dan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Riau. 




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad