Post Top Ad

#JadiBaik Di Bulan Baik? Sederhana dan mudah diterapkan


Halo, Alhamdulillah sekali di tahun ini kita kembali berjumpa dengan bulan baik ini ya. Banyak cerita yang sebenarnya ingin saya ceritakan. Tapi ya itulah kesibukan yang tak tentu arah membuat bnyak cerita jadi tertunda. 

Selama bulan ramadan ini, tentu banyak hal baik yang ingin dan bisa kita lakukan. Bukan apa-apa, pahalanya dilipat-gandakan dan menjadi istimewa pula kan? Oh ya, saya tu semacam lagi merekap beberapa hal baik yang dilakukan dan bisa terapkan selama bulan ramadan bahkan dikemudian hari.  Hitung-hitung daripada guling-guling di rumah mager ga karuan, mending bergerak mengerjakan sesuatu. kira-kira ada apa saja? Yuk cek dimari 

1. Memberi makanan ke mesjid

Selama bulan ramadan, aktivitas mesjid bergerak lebih ramai dari hari biasanya. Mulai dari sholat 5 waktu, sholat tarawih, tadarus hingga itikaf. Tanyakan kepada pengurus mesjid apa yang bisa disumbangkan. Biasanya jemaah butuh juga makanan atau makanan ringan selama beristirahat dikala tadarus dan itikaf. Kalau saya kemarin, blok rumah saya kebagian memberi snack tadarus, masing-masing rumah kebagian jadwal pengantaran. Jadi aja saya diminta untuk berbelanja makanan ringan dan mengantarkannya saat tadarus.

2. Menyantuni fakir miskin & anak jalanan
Ide ini sebenarnya terinspirasi dari teman saya, kak Mike Agnesia. Ide ini awalnya dadakan aja, mereka melihat anak-anak yang jualan tissue di tepi jalan. Terus semacam kepo, anak-anak ini tingal dimana,sekolah apa tidak dan lain sebagainya. Dikegiatan ini kak mike menanyakan langsung anak jalanan tersebut serta berkunjung ke tempat tinggal mereka. Tak hanya itu, mereka di data bahkan diajak belanja untuk kebutuhan hari raya. Sungguh inspirasi banget, kapan lagi bisa mebahagiakan orang lain kan?

3. Menyortir barang-barang 
Ini, seperti semacam trend baik, habis baca-baca buku marie kondo, saya jadi tergerak untuk menyortir barang-barang di rumah lalu hidup lebih minimalist, Kemudian tinggal pilih barang-barang tersebut masih bisa diberikan kepada orang lain, dijual atau daur ulang. Karena mungkin buat kita sudah tidak bermanfaat, tapi siapa tahu orang lain memerlukan. Bisa sortir pakaian,sepatu,buku-buku misalnya.  apalagi saya termasuk orang yang berantakkan, setelah beres-beres ada semacam perasan lapang gitu.

4. Berdonasi 
Donasi zaman now sekarang mudah banget, jangan bilang ga sempat lagi kalau udah #paketcash ,bisa berdonasi di lembaga-lembaga yang tergabung dan menjadi merchant dengan tcash. Kalau yang udah sampai haulnya, bisa bayar zakat. Kalau yang blum bisa sedekah saja, serta pilihan programnya pun banyak, bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

5. Bagi-bagi thr 
Thr dalam bentuk duit atau pulsa bisa banget melalui TCASH. Duit yang diisi  kedalam tcash bisa dipakai untuk belanja hingga menggunakan jasa tertentu. kalau pulsanya bisa buat menelpon atau beli paket internet. Praktis ga perlu kesana-kemari,tinggal klik aja semua dalam genggaman.

6. Gantian mengerjakan pekerjaan rumah 
Jangan lagi nunggu orang tua yang bayar listrik, langsung cek meteran,cek nomornya dan bayar tagihan listriknya. Ga pengen kan tengah malam listriknya padam dan rumah gelap gulita? atau kalau mudik, gantian memberi kejutan membelikan tiket mudik. Bayarnya? Lagi-lagi #paketcash semua jadi mudah. Senang banget kan? 

Tuh, #jadibaik di bulan baik bisa dalam bentuk apa saja. Semakin mudah dan tak menyulitkan lagi. Tinggal pilih seperti apa bentuk kegiatannya, jadi pengen berlomba-lomba #jadibaik kan? Kalau versi kalian jadi baik itu apa? ayo share ceritanya disini ya

13 comments:

  1. Berbuat baik sekecil apapun yang penting ikhlas ya...

    Saya tidak banyak yang bisa saya lakukan. Tapi saya berusaha mendahulukan menyantuni anak2 mengaji dan beberapa janda lansia yang sudah rutin setiap ada kesempatan kami berbagi

    ReplyDelete
  2. TCash itu apa ya mba? Aku baru tau dan pengen tau cara buatnya bagaimana

    ReplyDelete
  3. Zaman now semua serba mudah ya Mbak, mau berbuat baik nggak pakai repot lagi, yang penting tinggal niat aja dan isi saldo tcash-nya. Tips nya membantu banget Mbak, nice sharing 👍.

    ReplyDelete
  4. Sekecil apapun akan dibalas pahala oleh Allah, yang penting tetap istiqomah...

    ReplyDelete
  5. Aku juga pake TCASH mba lebih praktis dan banyak promonya yang aku suka.

    ReplyDelete
  6. Saya baru download aplikasi TCASH udah dapat bonus mbak, ya walaupun gak banyak tapi lumayan. Jadi baik sih gak mesti di bulan baik aja kl menurut saya mbak. Hari apapun itu ya kita tetap harus #jadibaik

    ReplyDelete
  7. tcash ini gimana sih mba caranya? aku baru denger nih.. sama aja kayak nabung gitu atau bagaimana? penasaran juga sih jadinya..

    ReplyDelete
  8. Meski Ramadan sudah berlalu, tetap bisa ya jadi orang yang baik dan berbagi dengan sesama

    ReplyDelete
  9. Subhanallah, banyak hal yang bisa dilakukan ya agar menjadi lebih baik di bulan Ramadhan, smeoga bisa istiqomah di bulan-bulan yang lain

    ReplyDelete
  10. ternyata banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari hari. Saya melakukan beberapa hal diatas rutin sepanjang waktu. Semoga hal sederhanaseperti ini bisa membuat hidup lebih baik. Hal sederhana yang terkadang lupa dilakukan

    ReplyDelete
  11. yaps, sekarang semua sudah serba mudah, dengan aplikasi Tcash pun kita juga dapat berdonasi, jadi tidak ada alasan lagi :D

    ReplyDelete
  12. Berbuat baik dijalanin dengan bahagia, efeknya tangan Allsh yang bekerja

    ReplyDelete
  13. saya mulai menjajal tcash setelah ada lomba blognya hehehe.. :)

    ReplyDelete

Post Top Ad