Post Top Ad

Tips Praktis Untuk Pekerja Digital

Sekitar 4 tahun terakhir, selain kuliah saya juga memiliki pekerjaan sampingan di dunia digital. Mulai dari blogging (tentunya), kemudian kontributor di beberapa media online hingga menjadi admin akun sosial media beberapa bisnis. Semakin kesini semakin banyak pekerjaan yang harus cepat dikerjakan secara langsung,terkhusus untuk pekerjaan admin akun sosial media. 

Ya,sedikit banyak saya mulai mempelajari skema pekerjaan ini. Katanya sih “ah enak banget cuma main instagram aja dapat duit”. Tapi ternyata ga semudah itu sih, tapi ga susah juga. Paling yang saya rasakan sih kudu bisa bisa memahami,bagaimana membuat konten yang rapi, teratur hingga menyenangkan bagi yang melihatnya. 

Untuk hal ini saya ga pegang semuanya, biasanya saya diminta memotret produk/jasa atau paling banter sih bikin caption. Buat kalian yang ingin mendalami pekerjaan ini, ada beberapa tips yang saya rasa cukup berguna untuk diterapkan untuk memperlancar pekerjaan, here we go!

1. Perencanaan konten
Dulu, pada awal-awal saya terjun di pekerjaan ini saya tidak tahu mau ngapain. Diperkuliahan juga tidak ada mata kuliah ini (ada sih tapi baru-baru ini dihadirkan) Pokoknya apa yang saya nampak itu yang saya post dan ketik caption saat itu juga. Tapi ternyata ga bisa gini terus, yang ada panas juga kepala. Akhirnya mulailah dirapikan, ditata dan dibuat perencanaan konten. Sehari saya gunakan untuk memikirkan konten 1 minggu ke depan, jadi tidak lagi serba dadakan. Kecuali kalau ada yang memang butuh ditayangkan saat itu juga. 

2. Diskusi dengan tim dengan baik

Pada pekerjaan seperti ini, biasanya timnya ga banyak-banyak anggotanya. Tapi merekalah tim yang harusnya sih tim tersolid yang kamu punya. Utarakan langsung pendapat dan ide, masalah diterima atau tidak ya belakangan. Paling tidak kamu sudah mengutarakan apa yang ada difikiran bukan?

3 Gunakan aplikasi berbagi foto

Biasanya konten yang sudah dibikin itu kebanyak berupa foto dan gambar. Nah kadang suka gemesh yaa pas diminta filenya malah terkompres parah. Dari jauh telrihat cantik, pas liat dari dekat? Banyak-banyak istigfar aja lihat kualitas filenya. Nah beberapa waktu terakhir saya menginstall salah satu aplikasi bernama Fotato, yang merupakan Aplikasi berbagi foto android yang mudah dan instant. Nah fotato ini bisa jadi solusi banget. Karena ternyata fiturnya bikin senang, bisa kirim-kirim foto dalam bentuk ukuran asli.

Cara pakainya pun gampang, cukup install di smartphone dan registrasi. Disini ada dua pilihan via akun facebook atau google, kalau saya sih sukanya via akun google, biar langsung terintegrasi saja.

4. ATM

Amati,Tiru dan Modifikasi. Banyak sumber inspirasi untuk memperkaya konten. Rajin-rajin mencari refrensi supaya konten yang dihasilkan makin beragam

oh ya mengenai aplikasi fotato tadi, lumayan saya suka banget menggunakannya. karena mudah banget penggunaannya. Loadingnya cepat serta saya jadi mudah menyortir foto-foto yang saya perlukan. buat yang penasaran, saya kasih informasi link downloadnya disini ya. silahkan klik gambar berikut:

Nah, kira-kira begitu tips dari saya. semakin diasah semakin mantap biasanya. Iya pada awalnya bingung, tapi seiring waktu pasti bisa, gimana dengan kalian?

2 comments:

  1. hahaha.. tips ATM memang begitu adanya..
    ibarat gelas, ide - ide seperti air di dalamnya.. tidak akan ada yang tumpah, jika tidak ada air di dalamnya..

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
  2. terima kasih tipsnya tetangga.. akhirnya saya lebih tahu..

    ReplyDelete

Post Top Ad