Post Top Ad

Semangat Asian Games 2018, Kece Banget

Ga kerasa tahun ini ada Asian Games 2018, ajang yang dinantikan dan kebetulan Indonesia sebagai tuan rumahnya tahun ini. Dimana-mana semua lagu theme song Asian Game terngiang-ngiang deh. 

Btw, beberapa hari lalu saya ikutan Torch Relay Asian Games Di Provinsi Riau. Jadi ini tu salah satu rangkaian pra Asian Games, dimana ada sebuah api obor yang dibawa secara estafet dari India melewati negara-negara peserta Asian Games. Lalu akan dinyalakan di negara dengan kota yang menjadi negara tuan rumah Asian Games pada tahun itu. 

Pagi itu, demi bisa mengikut kegiatan Torch Relay Asian Games saya langsung bersiap-siap dan menuju tempat penyelanggaraan yang ada Di Pekanbaru. Untuk Provinsi Riau sendiri, melewati 2 kota yakni Siak dan Pekanbaru. Berhubung yang paling dekat adalah Pekanbaru, maka saya ikut yang di pekanbaru saja. Karena kalau Di Siak, butuh waktu 2 jam perjalanan dan acaranya dari sore hingga malam. 

Jadi aja pagi itu saya udah berada di jalan Cut Nyak Dien bersama masyarakat menunggu arak-arakan obor. Tak lama kemudian yang ditunggu tiba, obor tersebut dibawa oleh Gubernur Riau dan beberapa tokoh masyarakat. Saya yang tergopoh-gopoh lari dan memotret sambil menyesuaikan jarak dengan rombongan entah kenapa terharu. Sebelumnya saya yang biasa-biasa aja kalau ada acara seperti ini. Tapi kali ini, ada rasa haru dan bangga karena konsep tahun ini sepertinya menarik. 
Setelah obor sampai di gubernuran, acara selanjutnya ada beberapa penampilan tari-tarian. Ini seperti bentuk promosi kalau Indonesia memiliki beragam kebudayaan. Kalau biasanya yang ditampilkan adalah tari persembahan, kali ini yang ditampilkan adalah Tari Rentak bulian dari suku Talang Mamak Kabupaten Indragiri Hulu serta Joget Randai dari Kabupaten Singingi. Terkhusus Randai, ini seru banget, jadi pertama cuma ada beberapa penari berkeliling, terus saling ngajak orang lain untuk masuk lingkarannya dan kemudian jadi aja semua berbaur saling berjoget ria. 

Selang beberapa hari kemudia akhirnya Asian Games dibuka ya? Wah beruntung banget buat teman-teman yang bisa menyaksikan langsung ya? Saya yang lihatnya melalui streaming aja jadi komentar mulu. Konsepnya luar biasa ya?

Ga kefikiran sih bakalan seheboh ini. Apalagi dengan penampilan presiden yang bisaan aja diajak bikin video seperti itu. 

Saat pertandingannya pun, banyak cerita menarik yang hadir. Seperti Ginting yang berjuang habis-habisan, kalau melihatnya saya seperti bertanya pada diri sendiri. Apakah sudah segigih itu untuk memperjuangan sesuatu yang saya inginkan? Rasanya masih seadanya saja. 

Perjuangan dan pengorbanan para atlit asian games ini patut diacungi jempol, mereka berjuang tak kenal lelah untuk negeri ini. Inspirasi dari event ini pun menjadi satu hal yang membuat saya semacam “jadi bersemangat” untuk menjalani hari kedepannya. 

Semoga selanjutnya Indonesia terus berbuat hal-hal keren dan baik lainnya ya. Pokoknya sangat berkesan Asian Games 2018 ini. 



1 comment:

Post Top Ad