Post Top Ad

Mentega Tawar: Macam-macam Mentega dan Kegunaannya


Mentega merupakan bahan dapur yang hampir sering digunakan oleh ibu-ibu dalam olahan masakannya. Mentega atau butter bisa digunakan untuk mengolah berbagai resep, mulai dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), maupun hidangan penutup (dessert). Namun perlu diketahui, mentega memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Ada mentega asin (salted butter), mentega tawar (unsalted butter), organic butter, whipped butter, dan masih banyak lagi

Untuk mentega asin atau salted butter memiliki kandungan garam di dalamnya, sehingga memiliki rasa asin. Penggunaan salted butter bisa kita jumpai pada pembuatan martabak sebagai olesan, salah satu bahan dalam pembuatan kue, serta untuk menumis dan menggoreng. Salted butter merupakan jenis mentega yang cukup dikenal di masyarakat karena berbagai kegunaannya tersebut dalam mengolah makanan. 


Nah, untuk mentega tawar atau unsalted butter tidak memiliki kandungan garam di dalamnya sehingga tidak memiliki rasa asin. Namun meskipun begitu, mentega jenis ini juga cukup banyak digunakan dalam pembuatan berbagai sajian makanan. Unsalted butter terbuat dari susu atau krim atau bahkan dari campuran kedua bahan ini. Di dalam unsalted butter terdapat setidaknya 80% lemak susu, dimana berasal dari elemen lemak yang terkandung pada susu dan dipisahkan untuk pembuatan krim. Untuk organic butter memiliki cara pembuatan yang berbeda. Dimana sapi ternak yang diperah susunya untuk pembuatan mentega tidak diberi antibiotik atau hormon pertumbuhan. Makan yang diberikan juga harus rumput organik tanpa adanya pemakaian pestisida. Pilihan mentega organik yang tersedia, yaitu salted dan unsalted. Pengunaan mentega organik sama seperti mentega pada umumnya.


Untuk whipped butter dari tingkat kepadatan sangat kurang dibandingkan dengan jenis mentega lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan gas atau udara lain di dalamnya. Whipped butter sangat rendah kalori dan memiliki tekstur yang ringan. Cocok untuk olesan pada pembuatan roti bakar. Namun kurang sesuai jika digunakan untuk olahan ada kue ataupun masakan. Nah, untuk kebutuhan berbagai mentega dalam olahan masakan Anda, bisa berbelanja di Tokowahab menyediakan berbagai jenis mentega seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tersedia dengan komplit. Menariknya bisa berbelanja mentega asin dan bahan lainnya seperti Colatta coklat dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasaran. Untuk yang memiliki usaha, sangat cocok berbelanja di toko online yang satu ini karena menawarkan harga yang kompetitif.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad