Post Top Ad

Mentega Tawar: Macam-macam Mentega dan Kegunaannya


Mentega merupakan bahan dapur yang hampir sering digunakan oleh ibu-ibu dalam olahan masakannya. Mentega atau butter bisa digunakan untuk mengolah berbagai resep, mulai dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), maupun hidangan penutup (dessert). Namun perlu diketahui, mentega memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Ada mentega asin (salted butter), mentega tawar (unsalted butter), organic butter, whipped butter, dan masih banyak lagi

Untuk mentega asin atau salted butter memiliki kandungan garam di dalamnya, sehingga memiliki rasa asin. Penggunaan salted butter bisa kita jumpai pada pembuatan martabak sebagai olesan, salah satu bahan dalam pembuatan kue, serta untuk menumis dan menggoreng. Salted butter merupakan jenis mentega yang cukup dikenal di masyarakat karena berbagai kegunaannya tersebut dalam mengolah makanan. 


Nah, untuk mentega tawar atau unsalted butter tidak memiliki kandungan garam di dalamnya sehingga tidak memiliki rasa asin. Namun meskipun begitu, mentega jenis ini juga cukup banyak digunakan dalam pembuatan berbagai sajian makanan. Unsalted butter terbuat dari susu atau krim atau bahkan dari campuran kedua bahan ini. Di dalam unsalted butter terdapat setidaknya 80% lemak susu, dimana berasal dari elemen lemak yang terkandung pada susu dan dipisahkan untuk pembuatan krim. Untuk organic butter memiliki cara pembuatan yang berbeda. Dimana sapi ternak yang diperah susunya untuk pembuatan mentega tidak diberi antibiotik atau hormon pertumbuhan. Makan yang diberikan juga harus rumput organik tanpa adanya pemakaian pestisida. Pilihan mentega organik yang tersedia, yaitu salted dan unsalted. Pengunaan mentega organik sama seperti mentega pada umumnya.


Untuk whipped butter dari tingkat kepadatan sangat kurang dibandingkan dengan jenis mentega lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan gas atau udara lain di dalamnya. Whipped butter sangat rendah kalori dan memiliki tekstur yang ringan. Cocok untuk olesan pada pembuatan roti bakar. Namun kurang sesuai jika digunakan untuk olahan ada kue ataupun masakan. Nah, untuk kebutuhan berbagai mentega dalam olahan masakan Anda, bisa berbelanja di Tokowahab menyediakan berbagai jenis mentega seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tersedia dengan komplit. Menariknya bisa berbelanja mentega asin dan bahan lainnya seperti Colatta coklat dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasaran. Untuk yang memiliki usaha, sangat cocok berbelanja di toko online yang satu ini karena menawarkan harga yang kompetitif.

23 comments:

  1. wah cocok nih...buat persiapan Lebaran Idul Adha biasanya aku bikin kue..heheh...Kalo mentega tawar jarang pake..seringnya yang salted...

    ReplyDelete
  2. Swmakin berkualitas menteganya, semakin enak kuenya. Itu yang kutahu sih ttg mentega.


    Duh cetek banget diriku ya

    ReplyDelete
  3. Mentega unsalted juga cocok buat yang diet kayanya ya Mut

    ReplyDelete
  4. Tokowahab bisa pengiriman ke seluruh Indonesia, Muth?
    Sering banget kalo mo masak kue, baru bingung bahan-bahan pada ga lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener, pentingnya memilih bahan terutaman mentega saat membuat kue.
      Karena beda bahan, bakalan menentukan hasil akhir.

      Delete
  5. Iya mut, aku adalah termasuk yang gak tau bedanya mentega ini dan itu. Kadang aja sampai Googling loh...hahaha. makasih ya sharing nya...

    ReplyDelete
  6. Jangankan macem-macem mentega, tadinya buat ngebedain mentega sama margarin aja aku nggak bisa Mut, nggak tau. Hahaha. Kirain sama aja gitu. Ternyata beda ya Sis. Kalau mentega paling sering buat bikin kue sih kalau aku. Masakan lain belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  7. Nah informatif banget ni hahaha soalnya banyak yang suka salah atau bahkan gatau soal mentega sama margarin. Dikiranya sama padahal beda hahhaah

    ReplyDelete
  8. Ternyata varian mentega macem2 ya Kak
    Baiklaaahhh aku mau ngumpulin semangaaatt buat baking lagiii!
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  9. Ternyata Ada jenisny ya mba selama ini aku pakai yg Ada merkny noted deh buat bikin kue nti bareng anakku klo plng mondok

    ReplyDelete
  10. saking banyaknya jenis mentega, kita memang mesti tau mentega yang diperlukan. biasa klo mentega tawar dimakan dengan roti tawar

    ReplyDelete
  11. Tokowahab itu offline atau online store mbak?
    Aku dulu sering banget beli mentega tawar alias unsalted buat tambahan anak MPASI. Terakhir beli kyknya utk aku bikin cookies hehe

    ReplyDelete
  12. Jadi diingatkan udah lama gak baking, dahulu kalo mau bikin roti bun untuk burger gitu, aku pakainya mentega tawar

    ReplyDelete
  13. Aku kalau nginap dihotel manfaatin buat coba semua nih hahaha. Nice info kak jadi makin paham varian mentega ya

    ReplyDelete
  14. aku perasaan belum pernah pake yang tawar mbak, hmm......kenapa ya coba, kayaknya aku memang jarang masak kue deh

    ReplyDelete
  15. Dulu paling suka sama mentega yg ada di pesawat.. eh ternyata itu memang mentega khusus.. dan skrg jadi tahu kalau mentega itu macam2...

    ReplyDelete
  16. banyak banget menteganyaa.. eh kalo mentega apa margarin ya yg ga baik untuk kesehatan>??

    ReplyDelete
  17. Kalau mentega tawar biasanya dibuat makanan kaya apa aja mbak misalnya?

    ReplyDelete
  18. informasinya menarik banget nih mbak, aku jadi lebih banyak tahu lagi soal mentega tawar ini

    ReplyDelete
  19. Tokowahab adanya dimana mba? Macam-macam mentega ini jadi bisa kita gunain sesuai dengan bahan-bahannya ya.

    ReplyDelete
  20. Wahh seneng kalo pas ada toko kue lengkap ya Mut.. tinggal pilih mau bikin resep apa aja hayukk

    ReplyDelete
  21. Aku malah udah nggak pakai mentega tawar, itu buat bikin krim kalau nggak salah ya? kalau mentega asin mah selalu dipakai, buat masak sama roti. multiguna banget

    ReplyDelete

Post Top Ad