Wisata Budaya di Bali yang seru

2019 dan rencana liburan? Apa sih rencana liburan kamu di tahun ini? Sudah cek tanggal libur atau malah mau pergi liburan ketika orang lain sedang tidak libur? Bias banget dong. Masing-masing orang tentu punya rencana libur yang berbeda-beda mulai yang ala backpacker, normal hingga ikut tur dan travel. 

Salah satu Provinsi yang selalu menjadi tempat favorite untuk berlibur adalah Bali. Bagaimana tidak, Bali menawarkan banyak tempat wisata yang menarik dan patut dikunjungi. Nah bagaimana kalau berkunjung ke tempat wisata di Bali sambal belajar mengenai budaya? Wah ini bisa jadi salah satu pilihan, apalgi buat teman-teman yang datang dari lintas provinsi akan sangat cocok untuk mengikuti wisata budaya di Bali. Biar bisa lebih mengenal keberagaman budaya di Bali tentunya kan? 

Wisata budaya bagi saya sendiri lebih kepada menyalurkan hobi untuk memotret, memotret yang tidak ada sayanya. Selain itu menjadi pilihan yang tepat bagi teman-teman yang ingin jalan-jalan santai tidak terburu-buru dan tidak memerlukan keahlian khusus. Duduk, datang dan amati apa yang terjadi. 

Jadi berikut beberapa wisata budaya yang bisa kamu ikut selama ada di bali 

1. Aneka Tari 

Bisa dibilang, Bali menonjolkan penampilan tari-tarian dalam wisata budaya. Banyak atraksi tari-tarian yang bisa teman-teman kunjungi dan saksikan. Bahkan tak jarang kalian bisa berpartisipasi dalam belajar menari. 

2. Mengikuti upacara tradisional 
Upacara budaya di Bali bisa dibilang hampir setiap hari dilakukan. Mulai dari yang sederhana seperti beribadah hingga yang besar-besar. Cek kalender wisata untuk mengetahui hari-hari besar keagaaman. Sehingga kamu bisa mengikuti dengan detail upcara yang dilaksanakan. Interaksi boleh banget, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga diri dengan tidak mengganggu masyarakat yang sedang beribadah ya. 

3. Belajar membuat sesajen 
Besar di lingkungan multietnis seringkali membuat saya penasaran dengan sesajen yang ada di rumah teman-teman saya . bahkan di Di Bali, sesajen dinamakan canang sari. Nah teman-teman bisa banget belajar membuat dan mengenal apa saja yang dipakai untuk menyusun sebuah canang sari. Tentu tidak sembarangan barang yang diletakkan disana bukan? 

4. Berkunjung ke workshop kerajinan tangan 
Beberapa furniture kece dan kekinian banyak diproduksi di Bali. Mulai dari yang berfungsi sebagai furniture hingga ke peralatan makan. Bahkan banyak teman-teman food photographer dan food styling yang rela hunting property foto sampai ke bali. Mug-mug menggemaskan, piring minimalis semua ada. 

5. Mengunjungi rumah tradisional
Mengenal arsitektur dan ukiran khas Bali yang tradisional, indah serta adem bisa menambah inspirasi banget.

Jadi begitu deh beberapa pilihan wisata budaya di Bali yang bisa teman-teman kunjungi, sambil hunting-hunting tiket pesawat ke Bali dan cocokin tanggal yang pas buat kalian berangkat ke bali.  Bisa juga nih menggunakan aplikasi Pegi-Pegi, karena mudah banget buat nyari tiketnya. bahkan perkiraan harga tiap tanggalnya pun ada informasinya. Cocok banget buat yang pengen pergi di tanggal-tanggal tertentu.

Oh ya buat kalian yang sering jadi "yang bertugas beliin tiket" dari akun pegi-pegi kalian bisa input langsung data-data dari teman perjalananmu. Mungkin pasangan,keluarga atau teman.

Jadi tiap kali pergi dengan mereka, datanya sudah ada tinggal dimasukkan dalam pemesanan. Praktis ga perlu masukin ulang tiap pesanan.

Menurut kalian, kalau ke Bali itu enaknya gimana? Sendiri atau ramai-ramai? Yuk berbagi cerita yak !

18 comments

  1. Wah kalau aku ke Bali pasti aku akan berkunjung ke yang kerajinan tangan tuh hehe

    ReplyDelete
  2. Keren banget ya Bali. Aku jadi pingin ke sana nih liburan wkwk

    ReplyDelete
  3. Kalau aku sih mending ke sana sama pasangan hehe. Kok baper sih :D

    ReplyDelete
  4. Lagi ngomongin Bali ya. Aku jadi pingin ke sana lagi bareng sama keluarga :D

    ReplyDelete
  5. Paling enak kalau liburan itu ya sama keluarga tercinta hehe

    ReplyDelete
  6. Maunya sih rame-rame biar seru kalau sendiri malah gak berani hihi

    ReplyDelete
  7. Dari dulu jaman gadis, sampai menikah belum kesampaian ke Bali, padahal LN mah udah, selalu gagal ada ini itu, soga tahun ini bisa kesampaian aku ke bali ya..

    ReplyDelete
  8. Pengen sekali ke Bali lagi. Aku tu yang kepengen banget liburan di Bali saat Nyepi, yaaaa walau gak bisa ke mana2 tapi penasaran sepinya Bali kyk apa :D
    Mungkin seminggu kali ya, 3 hari sebelum Nyepi dan 3 hari setelah Nyepi

    ReplyDelete
  9. Wisata bali memang selalu ingin dikunjungi. Semoga next time saya bisa nyusul

    ReplyDelete
  10. kalau aku tertarik dengan rumah tradisionalnya mbak, gimana ya, khas banget rumahnya

    ReplyDelete
  11. Akh kangen Bali, aku baru mengunjungi rumah tradisional . Kalau sesajen biasanya liat atau ngobrol aja kalau dipenginapan ada mau taruh atau ganti sajen

    ReplyDelete
  12. saya ke bali pas sma, pasti banyak perubahan disana termasuk obyek wisata dan aktivitasnya jadi mo ke bali lagi. ada yang mo endorse ? he he

    ReplyDelete
  13. Aduh Mut...jadi pengen ke Bali lagi...Yuk Ijoek ke Bali semua deh...seru pastinya..

    ReplyDelete
  14. Bali emang sarat budaya ya mba, makanya juga menjadi slaah satu daya tarik orang luar main ke Bali, ada aja yang bisa kita lihat mengenai sejarah, budaya dan sosialita di sana

    ReplyDelete
  15. apa sih di Bali yg gak keren ? semua tentang Bali selalu mengesankan dan ngangenin untuk ke sana lagi.. begitupun budayanya, kekayaan Indonesia yg terjaga kelestariannya hingga saat ini..

    ReplyDelete
  16. Memang Bali menawarkan sejuta pesona ya, karena banyak sekali wisata yang ditawarkan mulai dari keindahan Alam sampai sejarah Dan budayanya

    ReplyDelete
  17. Aku seneng banget kalau pas ke Bali ada upacara keagamaan. Bisa sekalian belajar budaya juga

    ReplyDelete
  18. Senang banget ya bisa ke Bali. Aku kangen belum bisa eksplor Bali dengan puas waktu ke Bali. Semoga suatu hari kelak melihat budaya Bali lagi

    ReplyDelete