Yuk Ajarkan Si Kecil Cara Mencuci Tangan Yang Baik Dan Benar


Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH) didalam upayanya membantu pencegahan penyebaran virus corona, sudah melakukan penyuluhan tentang virus covid-19 pada siswa siswi Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Syifa Budi Kemang. Dalam acara penyuluhan tersebut hadirnya dr. Reza Abdussalam, Sp.A, seorang dokter spesialis anak BWHC. Saat itu dirinya mengenalkan bahwa virus Covid-19 ini merupakan jenis terbaru dari virus Corona (SARS dan MERS) yang belum teridentifikasi pada diri manusia. Gejala yang ditimbulkannya juga berupa berupa flu biasa hingga penyakit yang lebih parah lagi seperti pneumonia.

Meski begitu dirinya mengungkapkan bahwa sebenarnya ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari penularan virus Covid-19 seperti menjaga daya tahan tubuh dan rutin mencuci tangan. Tetapi sangat disayangkan karena hingga saat ini masih banyak anak anak yang seringkali mengabaikan cara mencuci tangan yang baik dan benar. 
Oleh karena itu dibawah ini akan diberikannya informasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar sebagai upaya melindungi diri dari penularan virus Covid-19 diantaranya yaitu : 

1. Membasahi Kedua Tangan Dan Memberi Sabun Secukupnya 
Setiap anak harus tahu kapan mereka harus mencuci tangan secara rutin. Langkah pertama yang harus dilakukan saat mencuci tangan adalah dengan membasahi kedua telapak tangan dan membubuhkan sabun. 

2. Menggosok Kedua Telapak Tangan 
Gosoklah kedua tangan dengan menggunakan sabun. Penggunaan sabun ini penting karena dinilai lebih efektif daripada hanya menggunakan air saja, pasalnya kandungan surfaktan didalam sabun dapat mengangkat kotoran atau kuman dari kulit. Oleh karena itu kebanyakan orang cenderung memilih menggosok tangannya secara lebih menyeluruh menggunakan sabun. 

3.Menggosok Punggung Tangan 
Punggung tangan juga jangan lupa digosok secara menyeluruh menggunakan sabun. Hal tersebut penting dilakukan karena virus corona bisa saja menempel pada punggung tangan. Punggung tangan juga merupakan bagian yang seringkali terbaikan saat sedang mencuci tangan. Oleh karena itu mulai dari sekarang bagian punggung tangan tidak boleh terlewatkan lagi saat mencuci tangan. 

4. Menggosok Kedua Tangan Hingga Ke Sela Sela Jari 
Saat menyabuni dan menggosok tangan akan terciptanya gesekan yang dapat membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba termasuk virus corona dari kulit yang seringkali muncul di semua permukaan tangan, sela sela jari, dan dibawah kuku. 

5.Menggosok Bagian Belakang Jari Jari 
Bagian dari tangan yang paling sering bersentuhan dengan banyak hal adalah jari jari tangan. Oleh karena itu bagian belakang jari jari tangan harus digosok dan jangan lupa juga menggunakan sabun. Jika ada sebaiknya menggunakan sabun yang memiliki kandungan anti bakteri. 

6.Menggosok Bagian Ujung Jari Tangan 
Bagian dari tangan yang memungkinkan virus atau kuman dapat bersembunyi di kulit tangan adalah ujung jari tangan. Terlebih lagi jika kuman atau virus tersebut tertutup kuku. Oleh karena itu mulai dari sekarang jangan pernah mengabaikan untuk menggosok bagian ujung jari tangan ini saat sedang mencuci tangan terlebih pada anak anak. Karena si kecil seringkali mencuci tangan dengan asal asalan. 

Bantu anak anak supaya tetap sehat dan terhindar dari penularan virus corona dengan cara mendorong dirinya supaya rajin mencuci tangan. Cobalah mulai saat ini mempraktekkan 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar diatas kepada anak dan biarkan si kecil mencobanya sendiri. 

16 comments

  1. Alhamdulillah Keponakanku sudah tahu dan yang kecil malah jauh lebih pintar soal cuci tangan. Doanya, semoga kita selalu sehat dan virus segera berlalu

    ReplyDelete
  2. kondisi kaya gini cuci tangan yang baik dan benar itu wamng wajib diajarkan dengan baik yaa terutama ke anak anak, supaya terbiasa juga hihi

    ReplyDelete
  3. Ibaratnya masih kertas putih, begitulah anak2 ya. Maka mengajarkan seduatu -apalagi hal2 baik- secara dini kepada anak memang penting krn akan membekas lama hingga dewasa.

    ReplyDelete
  4. Jika anak-anak sudah paham manfaat dari mencucui tangan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, itu akan menjadi kebiasaan baik baginya ya.

    ReplyDelete
  5. Anak-anak kalau diajarkan secara menyenangkan sembari dijelaskan tujuannya, mereka akan langsung ingat dan paham. Apalagi di masa pandemi ini, ketrampilan mencuci tangan bagi anak harus dikuasai.

    ReplyDelete
  6. Pandemi ini telah mengajarkan kita banyak hal ya mbak. Termasuk mengubah cara hidup menjadi lebih sehat. Anak-anak memang harus diajarkan hal demikian agar mereka terbiasa hidup sehat dengan mencuci tangan agar terbebas dari kuman. Dengan kebiasaan ini semoga kita semua dijauhkan dari serangan virus covid-19 yang mematikan ini. Amin.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah anak-anakku udah tertib nih, setiap kali habis bepergian, misal beli sesuatu dari warung gitu, mereka cuci tangan dengan sabun. Sudah mempraktekkan cara-cara mencuci tangan dengan sabun secara benar, minimal 20 detik.

    ReplyDelete
  8. Aku sering kelewatan nih, Mbak, dampingi anakku cuci tangan. Dia memang sudah tahu banget kalau dari luar, main, atau pegang apa gitu pasti lari ke belkang buat cuci tangan. Akunya yang kadang lagi sibuk ngapain gitu, eh, dia sudah laporan habis cuci tangan. Pas mau kuajak cuci tangan lagi sesuai prosedur, dia sudah keburu kabur sambil teriak, "Sudah pakai sabun kok, Mi."

    Hadeh.

    ReplyDelete
  9. Yang paling sebel kalau anak-anak cuci tangan adalaaah....terburu-buru.
    Padahal aku sudah bilang dan praktek bareng kalau dialiri air sambil berhitung sampai 20 yaa..

    Huhu~

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah anakku juga rajin cuci tangan sekarang. udah ngerti dia meski baru 2 tahun.. hehe.. bahkan kalo aku pulang kerja, auto cerewet dia nyuruh mamanya cuci tangan pake sabun dan jangan pegang-pegan atau cium dia dulu.. hihi

    ReplyDelete
  11. AKu kadang cuci tangan nggak sabaran wakakak apaalagi kalau sehabis mandi, berasa diri tangan masih bersih. Tapi kalau abis dari luar ya wajib banget cui tangan lama gitu

    ReplyDelete
  12. Mencuci tangan yang terlihat sederhana tapi bisa menyelamatkan jiwa ini harus dilakukan properly yaaa mba

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah anak-anak udah tau mencuci tangan dengan benar tapi kadang kalau buru2 asal aja gitu mereka huhu.

    ReplyDelete
  14. Pandemi punya banyak hikmah ya mba. Semoga sehat selalu dan bahagia selalu ya mba. Kalo aku terlalu banyak cuci tangan bikin tangan mudah perih kaya tipis gitu kulitnua

    ReplyDelete
  15. menghadapui new normal memang kita diharuskan untuk mengajari anak cara cara new normal juga salah satunya mencuci tangan ini, yang biasanya kita angggap sepele dan cuma gitu aja sekarang harus ada aturan yang benar

    ReplyDelete