MiSSION Syariah Manulife Indonesia: Solusi 3 in 1 Untuk Asuransi Masa Depan


 Assalamualaikum teman-teman!

Jadi, setahun belakangan ini saya semakin banyak melihat berbagai trend-trend yang tidak hanya trend saja, melainkan menjadi gaya hidup banyak orang. Salah satunya adalah sebuah sistem bernama Syariah. Disini, yang saya maksud adalah berbagai jasa yang menggunakan dan menerapkan sistem syariah dalam pelaksanaannya.

Indonesia sebagai salah satu negara yang masyarakatnya menganut agama Islam tentu tidak asing lagi dengan sistem syariah ini. Lambat laun, berbagai pelayanan dan jasa menyediakan opsi syariah bagi mereka yang membutuhkan. Mulai dari bank syariah, gadai syariah hingga asuransi syariah, hmm wait? Asuransi Syariah? Yak betul, pada tulisan ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai asuransi syariah. Soalnya, saya pun mulai concern mengenai Asuransi tambahan yang perlu saya daftarkan bagi keluarga saya.

Apa Itu Asuransi Syariah

Menurut menurut Dewan Syariah Nasional (DSN), Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/ Manfaat Dana tabbaru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. 

Asuransi Syariah Manulife Indonesia

Nah, di Indonesia sendiri perusahaan asuransi sudah banyak menyediakan program asuransi syariah. Salah satunya ada Manulife Indonesia. Manulife Financial Corporation merupakan grup jasa keuangan internasional terkemuka yang membantu masyarakat membuat keputusan lebih mudah serta hidup lebih baik. Di Amerika Serikat dikenal sebagai  John Hancock dan Manulife di negara-negara lain. Di Indonesia sendiri, Manulife berdiri pada tahun 1985. Untuk unit Asuransi Syariahnya sendiri berdiri pada tahun 2009. 

Untuk unit asuransi syariah dari Manulife sendiri bernama MiSmart Insurance Solution (MISSION) Syariah.  Unit ini menyasar berbagai kalangan nasabah, terutama para milenial, yang membutuhkan produk inovatif untuk perlindungan jiwa dan kesehatan yang sesuai  dengan  prinsip-prinsip  syariah. 

Mengenal MiSSION Syariah

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai MiSSION Syariah, saya berkesempatan untuk mengikuti Blogger Gathering MiSSION Syariah. Pada blogger gathering yang kali ini dilaksanakan secara online. Saya banyak mendapatkan informasi mengenai hal ini. Jadi,  Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Juli 2020, tercatat tingkat penetrasi asuransi Syariah di Indonesia masih kurang dari 1%. Hal inilah yang memicu Manulife untuk terus mengembangkan dan menyediakan solusi perlindungan Syariah yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia.

Survei Manulife terhadap nasabah asuransi di Indonesia yang dilakukan saat pandemi juga menyebutkan bahwa sebanyak 72% nasabah yang telah memiliki asuransi mengatakan bahwa mereka berencana membeli tambahan polis asuransi dalam 18 bulan ke depan. Hal ini jauh lebih tinggi dari hasil rata-rata terhadap negara kawasan survei lainnya di Asia, yakni sebesar 62%. Sebesar 30% responden di Indonesia mempertimbangkan untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan di tengah pandemi.

Keunggulan MiSSION Syariah

Jadi, untuk teman-teman ketahui  MiSSION Syariah memberikan Solusi 3in1 Mission Syariah  (Solusi Proteksi Jiwa, Investasi, dan Kesehatan). Untuk keunggulannya sendiri sebagai berikut:

  1. Kontribusi Terjangkau mulai dari Rp4.000.000/USD400 per tahun

  2.  Santunan Asuransi Maksimal dan Alokasi Investasi Optimal Berbasis Syariah 

  3. Manfaat Loyalitas di Tahun Polis ke-10 dan ke-25 

            • 50% dari Kontribusi Dasar Tahun Pertama di Akhir Tahun Polis ke-10 

            • 700% dari Kontribusi Dasar Tahun Pertama di Akhir Tahun Polis ke-25

  1. Dilengkapi dengan Asuransi Kesehatan sebagai Asuransi Tambahan 

            • MiSmart Health Care Syariah, MiSmart Critical Care Syariah, MiSmart Waiver Syariah

  1.  Tolong Menolong Melalui Dana Tabarru’ 

  2. Surplus Underwriting

SYARAT DAN KETENTUAN Pendaftaran MiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION Syariah)

Nah, sebelum mendaftar sebagai peserta MiSSION Syariah, berikut syarat yang harus teman-teman ketahui:

  1. USIA MASUK 

Peserta : 30 hari - 70 tahun 

Pemegang Polis : Minimal 18 tahun 

  1. PROSES UNDERWRITING 

Full Underwriting 

  1. KONTRIBUSI DAN SANTUNAN ASURANSI 

Mata Uang : Rupiah/Dolar Amerika Serikat 

Minimum Kontribusi : Rp4.000.000/USD400 per tahun 

Metode Pembayaran Kontribusi : Tahunan/Semesteran/Kuartalan/Bulanan 

Masa Pembayaran Kontribusi : Hingga Usia 109 tahun 

Minimum Santunan Asuransi : Rp20.000.000/USD2.000 atau 5x Kontribusi Dasar Tahunan (mana yang lebih besar)

Saya lumayan terkejut dengan minimal usia peserta yang dapat mendaftar menjadi peserta MiSSION Syariah, mulai dari usia 30 hari. Ini penting banget untuk memulai menjadi peserta asuransi sejak dini ya.

Kesimpulan dan Penutup

Bagi teman-teman yang memang dalam fokus kehidupannya mulai menjalani prinsip syariah, maka MiSSION Syariah ini insya allah cocok sebagai asuransi kesehatan untuk teman-teman. Selain itu, walau konsepnya syariah, MiSSION Syariah ini kepesertaan juga terbuka bagi siapa saja, jadi teman-teman non muslim pun apabila tertarik bisa juga mendaftar.



29 comments

  1. aku selalu suka deh sama sistem asuransi dan keuangan syariah, menarik juga nih asuransi syariahnya manulife, aku mau cari tau lebih detail ah

    ReplyDelete
  2. Recomended banget nih buat yang mau proteksi diri berbasis syariah, beneran solusi 3 in one dalam satu asuransi buat masdep. Mulai dari manfaat dana tabbaru yang menolong satu sama lain antar nasabah, menarik perhatian banget.

    ReplyDelete
  3. Boleh juga nih asuransinya, sampai saat ini saya masih pake asuransi abda

    ReplyDelete
  4. Tertarik dengan skemaMiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION Syariah). Sayangnya, kok kontribusi premi hingga 109 tahun?

    ReplyDelete
  5. salah satu pertimbangan memilih asuransi sih buat saya nilai amannya ya, seperti aman secara rohani. manulife syariah ini udah memenuhi syarat itu menurut saya. di tambah cost per bulannya yang terjangkau. jadi nilai plus lain dari asuransi ini.

    ReplyDelete
  6. Keunggulannya banyak juga yah mba. Kalau keunggulannya banyak gini sih, pasti nggak akan bikin ragu orang-orang untuk membuat asuransi syariah nih :)

    ReplyDelete
  7. Klo buat pengguna awam, kira2 kelebihan asuransi syariah dibanding konvensional apa ya mbak? Lalu asuransi ini apakah juga ada untuk asuransi pendidikannya?

    ReplyDelete
  8. Manulife emang hebat ya?
    Perusahaan asuransi yang telah berdiri sebelum PD 1 yang selalu berinovasi.
    Dan sekarang mengeluarkan produk baru

    ReplyDelete
  9. Ini sama dengan asuransi plus unit link gitukah? Soalnya kulihat ada investasinya juga.

    ReplyDelete
  10. Wohoo, kece banget nih Manulife Indonesia, punya program baru
    Ada keunggulan solusi 3-in-1 dari asuransi yang berbasis syariah.
    Nah kalo asuransi syariah gini kan bikin tenang dan hepi!

    ReplyDelete
  11. Jadi pilihan buat yang ingin berasuransi tanpa meninggalkan syariah agama ya mbak..pengen mempelajari detilnya. Buat alternatif tabungan hari tua

    ReplyDelete
  12. Asuransi penting ya jika sampai sakit ada penopangnya apalagi ini asuransi syariah jadi lebih tenang dan nyaman memilikinya

    ReplyDelete
  13. saya masih awam banget ttg asuransi syariah.tukisan ini memberikan pencerahan utk saya ttg besarnya manfaat yg dpt di ambil dari asuransi syariah

    ReplyDelete
  14. Alhamdulilllah sekarang ada pilihan yang syariah, tapi saya mau tanya kalau syarat Full Underwriting itu maksudnya apa ya Mbak ?

    ReplyDelete
  15. Dari mulai usia 30 hari sudah bisa ya diproteksi dengan MiSSION Syariah, karena memiliki asuransi memang jadi kebutuhan masa kini juga ya

    ReplyDelete
  16. menarik sekali sistem asuransi syariah yang digagas oleh manulife nih.. memang pasar syariah ini semakin meluas yaa, nggak heran mkin banyak lembaga keuangan yang mencoba menerapkan konsep ini, semoga benar2 sesuai syariah yaa praktiknya

    ReplyDelete
  17. Kebetulan lagi cari-cari asuransi syariah, supaya lebih tenang dan juga tetap sesuai dengan koridor agama..

    ReplyDelete
  18. wah iya nih mba, aku juga baru tau banget soal sistem asuransi syarih, dan mission syariah manulife ini jadi pilihan paket lengkap asuransi yang terjangkau buat masa pandemi kaya gini ya

    ReplyDelete
  19. Setuju kak mempunyai asuransi sebagai proteksi tuh wajib banget ya kala pandemi gini apalagi sekarang ada asuransi syariah seperti ini ngebantu banget deh

    ReplyDelete
  20. Waah bru tau aku mba manulife ada yg syariah jga asuransinya, bisa dipertimbangkan nih soalnya sejauh ini masih asuransi kesehatan yg dipunya

    ReplyDelete
  21. Dulu saya pakai asuransi syariah, banyak banget manfaatnya. Pas keadaan suami saya sakit berat, terbantu sekali saat butuh biaya pengobatan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    ReplyDelete
  22. Akupun sejak menikah hijrah ke keuangan Syariah Mbaak. Lebih adem dan tentram aja hehe. Sayang ya preference Syariah ini masih evil banget, perlu edukasi lagi.

    ReplyDelete
  23. Wah dari 30 hari ya mba sdh bisa ditanggung oleh asuransi, luas bgt cakupannya. Udah gitu 3in1 udh termasuk investasi, menarik nih

    ReplyDelete
  24. MiSSON Syariah ini cakep juga ya produknya, bisa sekaligus dapat proteksi, investasi dan kesehatan juga

    ReplyDelete
  25. seneng rasanya makin banyak basis syariah asuransi ya. aku belum ikutan masih yang syariah, liat2 dulu produknya sapa tau cocok dan nyaman dihati karena keluarga terproteksi

    ReplyDelete
  26. Ini produk yang praktis ya untuk orang yang cari manfaat proteksi jiwa, kesehatan sekaligus investasi. Preminya terjangkau pula

    ReplyDelete
  27. Penting gak penting sih ya asuransi ini, tp terkadang banyak membantu jg dikala kepepet ;) nice info mbak ;)

    ReplyDelete
  28. Misi yang mulia memang jika produk asuransi itu harus berdasar ajaran agama (syariah). Dengan begitu kita bisa punya proteksi untuk hari depan.

    ReplyDelete