Trend Bahan Kain Untuk Pakaian di Tahun 2021

 


Setahun terakhir menjadi salah satu tahun yang cukup campuraduk rasanya ya? Diawali dengan kabar baik bahwa saya akhirnya wisuda, lalu “terpaksanya” saya pindah kost (sebelumnya saya tinggal di kontrakan yang sebenarnya sudah cukup nyaman), kemudian pandemic yang menyebabkan saya dirumahkan, hingga akhirnya dapat kerjaan baru. Oh waw, sungguh roller coaster banget tahun 2020 ini ya. Tapi ga kerasa juga lho, ini udah bulan Desember ya? 


Btw, ngomongin perpindahan kost nih, selama masa pandemic tentu saja saya ga kemana-mana. Palingan Cuma berdiam di kost saja sambal sesekali membuat konten. Nah, sembari berdiam di kost itu, saya mulai menyortir beberapa pakaian yang sekiranya tidak saya kenakan. Ntah kekecilan atau sayanya yang nambah berat badan, ganttung, atau udah tidak menerbarkan “sparks of joy”. Dari sana saya melihat, kalau koleksi pakaian saya itu sungguh berantakkan. Ga tahu arah fashionnya kemana, maklum dulu inspiraisnya tidak banyak. 

Saya baru memperhatikan fashion itu dua tahun terakhir, itu juga berkat pekerjaan saya yang menyebabkan saya haru ketemu banyak orang dan dating ke banyak tempat. Tentu saja saya harus menyesuaikan outfit. Saat ini sih, saya baru mampu memetakan warna-warna outfit saya. Pada dasarnya outfit saya itu Cuma ada 4 warna, yaitu: Hitam, Navy, Cokelat dan …..Biru Tosca! Hahaha. Untuk jenis pakaiannya sendiri pun ga banyak juga, hanya ada Gamis,Tunik dan kemeja. Bawahannya hanya ada rok, sedangkan celana itu hanya dipakai di kost/ rumah. Sebenarnya simple kan ya? 

Trend Bahan Kain Untuk Pakaian di Tahun 2021 

Sambil terus berusaha merapikan isi lemari, saya juga sambal survei nih mengenai Bahan Kain yang trend di tahun 2021. Saya sebenarnya ya bukan pengamat fashion, tapi lebih kepada orang yang ingin memiliki rasa nyaman dalam berpakaian. Rasa nyaman berpakaian ini membuat saya lebih pede dan semangat menjalani hari. Kalau sudah semangat, tentu harapannya hari yang kita jalani lancar, senang dan produktif. 

Jangan sampai, karena tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan, membuat mood kita berubah, ga nyaman hingga gerah dan gatal. Selain itu, motivasi saya untuk lebih serius dalam meilih pakaian sebenanrya adalah saya ingin masa penggunaan pakaian tersebut panjang dan bisa dikenakan paling tidak3-5 tahun sejak pembeliannya. Bisa dicocokkan dengan berbagai pakaian lainnya juga menjadi hal yang penting. 

Sangat capek banget jadi orang yang menumpuk barang, asli gaes. Capeknya itu, berasa ini kenapa barangnya banyak semua heeey? Kalau ada waktu untuk merapikannya ya enak, kalau ada asisten yang merapikan juga enak. Tapi kalau seperti saya yang seharian kerja dan baru malam pulangnya? Alamak hehehe… 

Untuk itu, dalam tulisan ini saya akan berbagi pandangan saya soal Trend Bahan Kain Untuk Pakaian Tahun 2021, harapannya supaya tidak ada lagi yang mubazir berbelanja, menumpuk pakaian dan dapat mengatur budget dalam pembelian pakaian, ini dia: 

1. Katun Rayon 
Bahan Kain rayon sangat digemari di tahun 2020 ini, tidak saya pungkiri akan terus berlanjut pada tahun 2021. Karena kain ini halus,lembut. Selain itu kain ini juga mudah untuk disetrika. 

2. Rayon Viscose 
Teknologi terbarukan dan paling mutakhir yang bikin saya bangga jadi orang Riau. Hadirnya rayon viscose yang pabriknya ada di Riau membuat saya semakin mantap memilih Rayon Viscose sebagai salah satu bahan pakaian saya. Sejalan juga dengan trend fashion berkelanjutan, bahan bakunya ada disini berlimpah. 

3. Linen 
Terbuat dari serat rami, kalau semakin sering dipakai akan semakin nyaman lho. Selain itu, kebanyakkan produsen membuat pakaian berbahan line ini dengan warna-warna yang adem. 

4. Denim 
Ini tetap akan jadi pilihan dari masa kemasa, apalagi dengan penangan yang baik semakin lama akan semakin keren saat dikenakan. 

5. Lycra 
Khusus yang satu ini, akan sangat digemari bagi kalian yang gemar berolahraga. Kainnya elastis dan pastinya nyaman dikenakan saat berolahraga. 

Untuk saya sendiri, pilihan yang tepat adalah Rayon dan linen. Keseharian saya tidak terlalu ekstrim saat ini dan tentu saja pilihan warnanya juga masih ga berubah, Tetap 4 warna diatas. Tapi ga menutup kemungkinan kalau saya akan menambah warna yang trend di 2021 ya. 

So, apapun jenis bahan pakaiannya saya harap teman-teman dapat bijak dalam menggunakannya. Jangan terlalu sering beli karena lapar mata, tpai ujung-ujungnya ga kepakai. Ya kecuali kalau teman-teman fashion enthusiast yang pastinya punya banyak ide untuk mengkkombinasikan pakaian tersebut.

17 comments

  1. Hihi...betul sekali, kebanyakan baju jadi bingung ya. Tapi kalau bunda pakaian malah tambah banyak setelah bunda pensiun. Kenapa? Karena anak-anak bunda sering membelikan bunda pakaian dan warna serta modelnya gak ketinggalan mode. Dan bunda selalu merasa nyaman dengan apa yang bunda pakai walaupun itu pilihan anak-anak bunda sejauh masih sesuai dengan usia bunda. Iya, kan? Benar juga sih kita juga harus pandai-pandai memadupadankan pakaian agar tidak bosan memakai yang itu lagi, itu lagi. Wah, kalau bunda pikir Muthea memang boleh dikatakan Pengamat Fashion karena begitu akrabnya pengenalan beragam jenis kain dan selera warna Muthea juga keren.

    ReplyDelete
  2. aku tipe yang nyaman mba, kalau mode nggak terlalu ngikutin :) biasanya warna apapun saya suka kecuali motif atau corak nya terlalu besar karena saya kebetulan agak oversize hahaa

    ReplyDelete
  3. Kalau aku sih tetap suka pakai celana panjang jeans dan kaos buat pergi2. Itu sudahyang paling nyaman deh. Nah karena pandemi, jadi di rumah terus ya pakainya cuma celana pendek dan kaos aja hehe.

    ReplyDelete
  4. Style fashion-ku gitu2 aja dari tahun ke tahun wkwk.
    Jadinya ga pernah kemrungsung/panik biarpun ada promo diskon baju/gamis/dst

    Etapiii semenjak liat drakor, kok gemeshhh ya lihat style fashion para pemainnya wk.

    ReplyDelete
  5. karena pandemi aku jadi belanja baju rumahan atau home dress, baju tidur, semuanya dr bahan katun, rayon,rayon viscose, bahan3 itu enak adem banget buat dipake aktivitas sama rebahan d rumah wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Kalau aku sekarang lebih mikirin lingkungan. Jadinya aku selalu belanja fashion yang preloved. Selain lebih murah, jadinya juga bisa selalu reuse apa yang bagi pemilik sebelumnya sudah tidak digunakan lagi. Artikelnya keren, akhrinya nemu juga blogger yang sama-sama di semester akhir meskipun kakak udah wisuda di Januari. Keep on writing mba muthea ♥

    ReplyDelete
  7. Kayun rayon tuh memang adeeem ya mba dan aku suka. There are so many models of fashion that have used these fabrics

    ReplyDelete
  8. Aku suka katun rayon, linen dan denim mbak...emang saat ini orang lebih memilih nyaman berpakaian ya. Banyak model pakaian bertebaran, kadang bikin kalap untuk beli pakaian dengan model terkini...tapi kembali lagi faktor kenyamananlah yang dominan membuat kita tertarik untuk memakainya.

    ReplyDelete
  9. Katun rayon tuh emang belakangan makin sering aku menemukan pakaian berbahan ini. Aku suka mba. Buat pakaian apa aja masih oke

    ReplyDelete
  10. Aku bahan apa saja yang penting nyaman makenya, aku ga terlalu ribet soal pakaian sebagaimana aku ga ribet soal kehidupan..hahaha....Makasih tulisannya ya Mba...

    ReplyDelete
  11. KOk paling suka dengan denim ya, terasa casual gitu dikenakan sehari-hari. Tapi emang agak berat sih ya dibandingkan bahan yang lain.

    ReplyDelete
  12. denim masih populer dari tahun ke tahun ya mba, dengan vareasi style yang beda-beda pastinya. hmm penasaran trend fashion 2021 ini kaya apa ehehe

    ReplyDelete
  13. Katun rajin 2020 banyak peminatnya yaa, di tahun 2021 masih diprediksi banyak peminatnya ya. Tapi emang nyaman sih

    ReplyDelete
  14. Favorit aku rayon mbak, kalau mau beli beli baju atau kain gitu, lebih milih yang bahannya rayon. Kayak adeemmm gitu kakeknya.

    ReplyDelete
  15. jujur aku ngak begitu paham nama bahan mba, makanya kalau beli baju lebih suka offline biar bisa pegang bahan terus bisa tahu nyaman enggaknya. tapi kayanya belajar dari pandemi ini harus tahu juga ya nama bahan biar ga salah kalo belanja onlen

    ReplyDelete
  16. Asiikkk ada rayon Viscose. Kain Favorit saya tuh. Kainnya adem, cocok dipake di Surabaya yang panas. Sekarang pun lagi ngetrend gamis/atasan dari kain viscose mbak. Harganya murah sih sekitar 100ribuan dan modelnya bagus-bagus

    ReplyDelete
  17. aku ga gitu ngikutin trend fashion, jadi tau nih trend bahan kain untuk tahun depan ^^ kain rayon masuk ya ternyata, adem. dipake untuk mukena juga enak bahannya

    ReplyDelete