11 Buah yang Efektif Mengatasi Sembelit


2021 ini, resolusi saya sebenarnya ga muluk-muluk, kepengen rutin makan buah. Sampai-sampai saya mencoba berbagai macam buah supaya tahu, buah apa yang cocok di lidah saya, hehehe. apalagi konsumsi buah untuk melancarkan BAB atau sulit bab adalah jalan keluar alami yang murah dan dapat cepat dikerjakan. Selain melancarkan BAB buah ini banyak mengandung nutrisi untuk kembalikan ketahanan tubuh. Masalah sulit BAB dapat dirasakan siapapun, dari mulai anak-anak sampai orang lansia. Kesusahan untuk bab sering dibarengi dengan keadaan sakit di perut, mual, dan ngilu.

Sulit BAB yang umum disebut konstipasi atau sembelit adalah masalah yang berlangsung pada mekanisme pencernaan. Seperti diambil dari Wikipedia, masalah ini dapat berbentuk pengerasan tinja yang mengakibatkan sakit waktu dikeluarkan. Selain dengan konsumsi buah untuk melancarkan BAB, pencegahan bisa juga dilakukan dengan memberi obat pencahar. Tetapi sebelum memakai obat kimia mengapa tidak dicoba yang alami dulu.

Buah yang Efektif untuk Melancarkan BAB

Penanganan pada masalah konstipasi sebaiknya segera dilakukan. Karena keadaan ini bukan saja benar-benar mengusik tetapi bisa juga berpengaruh jelek jika tidak selekasnya ditangani. Terhitung dapat memicu kanker usus. Sulit BAB dan masalah pencernaan akan efektif ditangani dengan konsumsi makanan yang banyak terkandung serat dan air. Nah di bawah ini tipe buah yang baik untuk menangani sembelit, mari kita simak.

1. Buah Apel

Apel termasuk juga buah yang banyak terkandung serat yang paling bagus untuk menangani sulit BAB. Kandungan pektin dalam buah ini adalah pencahar alami yang efisien menangani sembelit. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi apel setiap harinya agar pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Buah Pepaya

Pepaya termasuk juga buah untuk melancarkan BAB yang efisien. Dikenal sebagai pencahar alami, pepaya kaya serat, vitamin C, dan mineral. Kandungan papain buah ini efisien mengganti protein jadi gampang diolah oleh usus. Sehingga gangguan sembelit tidak akan terjadi lagi pada tubuh anda.

3. Buah Kiwi
Kiwi dikenal juga sebagai buah diet yang kaya akan kandungan seratnya. Buah ini mempunyai enzim actinidine yang dapat tingkatkan aliran pencernaan atas hingga baik sekali dimakan untuk menangani BAB. Buah kiwi salah satu buah favorite saya, mudah dikupas, tekstur lembut dan sensasi rasa asam manisnya menyenangkan.

4. Buah Pir

Pir direferensikan sebagai buah yang baik untuk menangani sembelit. Selain kaya serat, pir dijumpai memiliki kandungan sorbitol dan fruktosa yang berperan penting sebagai pencahar dan memperkuat usus.

5. Buah Plum

Buah plum adalah buah untuk melancarkan BAB. Dikenal kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk menurunkan masalah BAB. Selain dapat langsung dimakan, buah ini bisa juga dimakan dengan dibuat jus dengan dicampur dengan buah yang lain. 

6. Buah Tin

Kandungan serat buah tin sanggup penuhi keperluan harian tubuh sebanyak 30 %. Didukung oleh kandungan airnya yang tinggi membuat buah ini baik sekali dimakan untuk menangani masalah sembelit. 

7. Buah Anggur

Anggur dikenal juga sebagai buah yang bagus untuk menangani sembelit. Buah ini mengandung banyak serat dan banyak air yang bagus untuk menurunkan masalah sembelit. Anda bisa coba melancarkan BAB dengan konsumsi sejumlah anggur yang sudah dicuci langsung.

9. Jeruk

Walau rasanya yang manis asam, jeruk termasuk juga buah untuk melancarkan BAB dan menangani konstipasi. Selain kaya serat dan air, buah ini memiliki kandungan flavonoid yang memberi dampak pencahar juga. 

10. Buah Pisang
Buah pisang yang masak banyak mengandung serat yang bagus untuk menangani masalah konstipasi. Tetapi sebaiknya jauhi pisang yang mentah sebab malah dapat memicu sembelit. Mengkonsumsi buah pisang setiap hari akan membantu memperlancar BAB. Apalagi pisang mudah untuk ditemukan dan harganya cukup terjangkau.

11. Buah Salak

Salak tidak hanya banyak mengandung serat tetapi kaya dengan kalsium, flavonoid, saponin, dan tanin. Nutrisi ini tidak saja bagus untuk menurunkan BAB tetapi efisien menangani diare.


Kesimpulan

Untuk penyimpanan buah yang efektif dan menambah semangat mengkonsumsi buah, teman-teman bisa melakukan meal prep dengan menyusun buah secara rapi di kulkas. Sehingga buah dapat dikonsumsi dengan kondisi dingin dan segar. Untuk menjadikan buah sebagai bahan smoothies, bisa potong-potong buah dan simpan di freezer. Itulah macam-macam jenis buah untuk melancarkan BAB yang paling direferensikan. Tetapi bila keadaan tidak lebih baik sesudah konsumsi buah ini sebaiknya perlu selekasnya dibawa ke dokter. Dengan mengkonsumsi buah setiap hari maka kebutuhan serat bagi tubuh akan terpenuhi.Apabila tubuh memiliki serat yang tercukupi, tidak menutup kemungkinan kita akan selalu diberikan kesehatan.


21 comments

  1. Buah pepaya ini legend banget deh. Di rumah kalau ada yang sembelit pasti disuruh makan pepaya. Mau beli kiwi agak mahal. Jadilah buah lokal yang dijadikan obat.

    ReplyDelete
  2. Daku juga mbak, ingin istiqomah makan buah, tapi entahlah bisa rutin atau nggak, hehe. Minimal sudah dibulatkan tekad. Bismillah..

    ReplyDelete
  3. kirain hanya pepaya sama pisang aja, ternyata banyak buah lainnya yang efektif untuk mengatasi semebelit yaa, bukan hanya untuk mengatasi sembelit tapi juga untuk kesehatan dan vitamin untuk tubuh ya

    ReplyDelete
  4. Kusenang ada buah pir di dalam list ini, soalnya buah ini kesukaanku. Kalau pepaya, memang banyak dikenal bermanfaat untuk atasi sembelit tapi saya kurang suka.

    ReplyDelete
  5. Buah kiwi tuh yang super seratnya. Kalau di aku,, efeknya lebih cepat daripada pepaya.
    Btw, salak itu bagus untuk mengatasi sembelit atau mengatasi diare? Bukannya itu dua kondisi yang bertolak belakang?

    ReplyDelete
  6. Paling gampang dicari itu buah pepaya, ya. Apalagi di kebun gampang tumbuh. Kalau beli pun harganya murah meriah.

    Tapi manfaat buah pepaya bagus banget untuk mengatasi sembelit.

    ReplyDelete
  7. Buah favorite semua nih, kebutuhan buah - buahan memang harus terpenuhi biar gak sembelit yah

    ReplyDelete
  8. lho salak itu bukannya buat mapetin diare ya mbak, ternyata bisa buat memperlancar bab juga to? baru tahu aq

    ReplyDelete
  9. Salak malah memperlancar BAB ya. Padahal saya berpikir salah itu malah bikin sembelit. Kalau yuni emang lebih menyukai pepaya dan pisang sih buat menambah konsumsi serat.

    ReplyDelete
  10. Semua buah aku suka, tapi kalau pepaya memang efektif banget nih aku udah coba bandingkan dengan buah lain

    ReplyDelete
  11. Makasih infonya loh. Biasanya saya mengonsumsi pepaya untuk masalah sembelit. Ternyata banyak banget ya buahan yang cocok dikonsumsi saat sembelit.

    ReplyDelete
  12. wah selama ini aku cuma tau pisang aja nih yang ampuh atasi sembelit, ternyata banyak juga buah buahan lainnya yaaaa.. Makasi infonya ya mbaaaa

    ReplyDelete
  13. Semua buah yang disebutkan aku sukaaaa. TApi kalau kiwi sangat jarang beli, bahkan nggak pernah kalau nggak karena buat foto atau apa gitu wkwkwkkw. KArena mahal euy

    ReplyDelete
  14. Kukira salak bikin sembelit, ternyata enggak ya?
    Dari semua buah di atas, di tempatku yang susah nyari kiwi, plum, n buah tin.

    ReplyDelete
  15. Kiwi nih yang aku suka
    Bahkan sering rebutan sama anak sulung
    Belinya ga bisa banyak soalnya
    Kemasan mini aja

    ReplyDelete
  16. Untuk pemilihan pisang juga jangan sembarangan, kalau pisang barangan yang biasa dijual di pasar-pasar malah nggak pengaruh tapi kalau pisang ambon baru pengaruh dan dapat mengatasi sembelit.

    ReplyDelete
  17. Apel ternyata ampuh juga untuk mengatasi sembelit, selama ini kalau utk mengatasi sembelit pasti lekatnya ke buah yang lunak kaya pepaya atau pisang. Kalau rutin makan buah, pasti pencernaan udah otomatis lancar ya

    ReplyDelete
  18. Buah pepaya yang sering saya berikan ke anak saya jika mengalami sembelit. Dan memang terbukti, beberapa saat setelah makan buah pepaya, BABnya menjadi lancar.

    ReplyDelete
  19. Eh, buah plum bisa untuk mengatasi sembelit? Aku kira cuma berkhasiat untuk lambung aja. Ternyata banyak ya manfaatnya ^^

    ReplyDelete
  20. Banyak ya buah-buahan yg bisa buat ngatasin sembelit. Aku sih suka buah-buahan, hanya plum aja kayaknya yang gak tahu rasanya. Tin udah pernah meskipun jarang sih di kita.

    ReplyDelete
  21. Waktu anak-anak masih bayi kalau sulit BAB juga mpasinya aku ubah ke pir xia lie dan plum, karena pisang malah bikin tambah sembelit hehe...

    ReplyDelete