3 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Mobil Bekas


Mobil adalah salah satu kendaraan yang banyak dipilih masyarakat, apalagi bila di rumahnya memiliki anggota keluarga yang cukup banyak. Menghadirkan mobil sebagai sarana transportasi untuk anggota keluarga merupakan salah satu pilihan yang tepat dan banyak manfaat. Sebagai alat transportasi antar jemput keluarga adalah hal yang paling utama. Selain itu dapat membantu membawa barang-barang keperluan yang cukup besar. Seperti kebetuhan belanja yang cukup besar atau ketika membeli barang-barang dengan jumlah yang cukup banyak. 
 
Membeli mobil merupakan suatu hal yang perlu difkirkan matang-matang. Mulai dari aspek keuangan, kegunaan dan tipe mobil yang tepat sesuai kebutuhan. Tap perlui diketahui bahwa harganya cukup mahal jika beli yang baru. Karena itu, banyak orang memilih untuk membeli mobil bekas karena harganya jauh lebih murah. Eits... tapi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan jual beli mobil bekas, yaitu:  
 
1. Jumlah Kilometer dan Informasi Service   
 
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek jumlah kilometer dan juga informasi servisnya. Lihat kilometer yang ada pada dashboard apakah sudah banyak atau masih sedikit. Semakin banyak kilometer yang ditempuh, kualitas mobil semakin buruk. 
 
Tapi jangan lengah karena kilometer ini bisa diotak-atik sebelum dijual. Jadi, Anda harus memperkirakan dari tahun pembuatan mobil, lalu asumsikan kilometernya apakah masuk akal atau tidak. Selain kilometer juga harus diketahui informasi servisnya. Pastikan bahwa oli diganti secara rutin dan semua permesinan telah dirawat dengan baik. Dengan informasi servis yang lengkap juga akan meminimalkan adanya manipulasi kilometer yang telah ditempuh.  
 
2. Status Tidak Pernah Terendam Banjir  
Pastikan juga bahwa mobil tidak pernah terendam oleh banjir. Ya, mobil yang pernah terendam banjir memiliki kualitas yang sangat buruk dan sangat dihindari oleh banyak orang. 
 Anda bisa memastikannya dengan mengecek adanya karat atau tidak pada mobil, kemudian elektrikal mesin yang sudah banyak yang rusak, banyak elemen yang rusak, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak paham sebaiknya ajak teknisi untuk membantu pengecekan. 
 
3. Kualitas Permesinan  Terakhir,  
Anda harus memastikan bahwa kualitas permesinannya masih sangat baik dengan melakukan pengecekan langsung dan mencoba mengendarainya. Pastikan permesinan terlihat bersih, tidak ada kebocoran, tidak ada bau menyengat, dan lainnya. Kemudian nyalakan mobil, dengarkan suaranya baik-baik pastikan tidak ada yang janggal. Pastikan juga bahwa gas buangnya tidak mengalami kebocoran. 
 
Itulah 3 hal yang harus diketahui bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas agar kualitasnya tetap terjamin dengan baik. Kini, siapa saja bisa memiliki mobil karena di pasaran sudah banyak yang menjual mobil bekas yang harganya tentu sudah miring. 
 
Setelah sudah dapat menentukan mobil bekas yang akan dibeli, jangan lupa juga memperhatikan hal-hal pendukung yang dapat meningkatkan kenyamanan mobil yang dibeli. Seperti aksesoris tambahan, asuransi pilihan serta mempelajar langkah-langkah perawatan terhadap mobil yang telah dipilih. 
 
Semoga, dengan membeli mobil dapat membantu teman-teman lebih nyaman dalam berkendara serta dapat meningkatkan mobilitas dan bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga. Jangan lupa juga untuk perhatikan rambu lalu lintas dan pastikan berkendaran dalam kondisi fit, sehat dan penuh kesadaran. Hindari berkendara bila dalam kondisi yang kurang sehat karena akan beresiko bagi para penumpang atau pengendara lain. 
 
Selamat berburu mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan ya, semoga berjodoh dengan mobil yang sesuai dengan kebutuhannya

Tidak ada komentar