Tips Pindahan Bagi Anak Kost

Ga kerasa ternyata sudah 8 tahun aku merantau dan tidak tinggal di rumah orang tua. Mulai dari kuliah hingga bekerja aku tinggal di kost. Sebagai orang yang bekerja atau sekolah di luar kota pastinya sudah tak asing lagi dengan kost bukan? Tapi, seiring berjalannya waktu ternyata kita juga bisa bosan dengan keadaan kost sekarang dan ingin pindah ke kost yang baru.

Kalau di ingat-ingat sudah 5 kali aku berpindah kost. Banyak faktor yang membuat aku berpindah kost. Seperti kondisi kost yang sudah tidak nyaman, butuh suasana baru ataupun supaya lebih dekat dengan kantor. Kriteria utama dalam memilih kost yang pasti adalah kamar tidak pengap, memiliki kamar mandi di dalam, memiliki area parki yang teduh serta dekat dengan fasilitas umum.

Nah, seiring waktu berjalan pastinya ada penambahan barang-barang yang kita miliki. Entah barang-barang essential dan dibutuhkan seperti lemari, kasur hingga meja kerja hingga berbagai printilan yang menambah nilai dekorasi kost. Jika kamu ingin pindahan ada baiknya menyimak tips di bawah ini:

1.       Siapkan Kendaraan, Lebih Baik Gunakan Kendaraan Pribadi atau Sewa Mandiri

Pertama, siapkan kendaraannya terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa mandiri ya, jangan digabung dengan teman lain. Agar muatnya banyak gunakan mobil bak terbuka atau biasa disebut dengan mobil pick-up. Bisa juga menggunakan jasa pengiriman kargo, bagi teman-teman yang akan pindah kost antar kota hingga antar provinsi.

2.       Sebaiknya Gunakan Kardus Dibandingkan Plastik atau Karung

Sebaiknya, untuk pengemasannya menggunakan kardus dan jangan menggunakan plastik atau karung. Kardus yang memiliki bentuk kotak akan memudahkan kamu dalam menata di kendaraan nantinya.

Tak perlu kardus yang baru, kamu bisa menggunakan kardus bekas yang terdiri dari berbagai ukuran. Agar lebih amannya lagi, kamu bisa menambahkan lapisan plastik di dalamnya agar tidak terkena hujan. Setelah proses unpack, kardus tersebut bisa disimpan dan dimanfaatkan lagi apabila dibutuhkan.

3.       Untuk Barang Pecah Belah dan Elektronik Harus Benar Pengepakannya

Khusus untuk barang-barang yang mudah pecah dan juga barang-barang elektronik harus disendirikan. Jangan dicampur dengan barang-barang lainnya dan sebaiknya tidak ditumpuk terlalu tinggi.

Gunakan plastik bubble wrap atau steirofoam untuk melapisi barang pecah belah dan alat elektronik tersebut. kamu bisa menambahkan tanda khusus barang yang mudah pecah di bagian kardus agar siapa saja yang mengangkatnya bisa paham. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi resiko kecelakaan saat mengangkut barang kamu.

4.       Data Semua Barang dan Pastikan Semuanya Sampai dengan Selamat

Terakhir, datalah semua barang yang kamu bawa satu per satu. Nah, penggunaan kardus ini juga sangat bermanfaat untuk memudahkan kamu memberikan tanda barang A, barang B, dan seterusnya. Setelah sampai di kos yang baru, datalah sesuai dengan daftar yang kamu miliki.

Karena aku sendiri pernah mengalami kejadian kehilangan barang sewaktu pindahan, sedih banget rasanya ada barang yang kurang. Dari situ aku jadi belajar untuk lebih memperhatikan lagi terhadap barang-barang yang kumiliki.

Itu dia beberapa tips pindahan untuk anak kost yang harus diketahui. Jangan asal memindahkan barang apalagi dengan pihak yang kurang terpercaya. Jangan lupa untuk mengawal proses pemindahan barang hingga selesai. Semoga proses pindahan teman-teman sapat berjalan dengan dan lancar. Serta aku berharap tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk kita semua ya.

Tidak ada komentar