Ketahui Eksim, Jenis Eksim dan Perawatannya




Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sering kali mengalami penyakit karena letaknya di luar. Hal itu bisa menyebabkan penampilan menjadi kurang sempurna bukan? Salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu adalah Eksim atau Eczema atau dermatitis atopik.

Apa itu Penyakit Kulit Eksim?

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi. Gejala penyakit Eksim ini bisa dalam bentuk kemerahan, gatal, timbul rasa terbakar, timbul benjolan berisi air, dan lainnya. Penyakit yang satu ini biasanya disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur dan bakteri, rinitis alergi, atau keturunan.

Eksim tergolong penyakit kronis atau jangka panjang sehingga bisa kambuh setiap saat. Namun, dengan pengobatan dan perawatan yang baik maka bisa dikendalikan, bahkan bisa hilang seiring bertambahnya usia.

Jenis Eksim dan Perawatannya

Nah, jika menurut pada ilmu kedokteran, eksim terbagi menjadi dua jenis. Ada eksim kering dan ada juga eksim basah. Keduanya akan dibahas di bawah ini beserta dengan perawatannya:

1. Eksim Kering

Pertama kita mulai dari eksim kering. Dari namanya saja sudah bisa diidentifikasi jika kulit akan menjadi kering namun dalam tingkat yang sangat ekstrem ya. Kulit kering, mengelupas, seperti bersisik, dan tak jarang menimbulkan ruang merah. Umumnya ruam ini akan muncul di beberapa lipatan seperti pergelangan kaki, leher, lekuk siku, dan lainnya.

Umumnya, eksim kering ini disebabkan oleh keturunan, punya riwayat asma, alergi, cuaca yang sedang dingin dan sangat kering, dan bisa juga diakibatkan oleh penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras.

Untuk merawat eksim kering ini cukup mudah. Kamu bisa menggunakan pelembab setiap hari khususnya saat berada di ruangan ber-AC. Gunakan pelembap yang mengandung hypoallergenic, sehingga aman jika eksim kamu dikarenakan reaksi alergi.

Selain itu, jangan biarkan kulit yang terkena eksim ini menjadi sangat kering karena bisa menjadi gatal dan membuat refleks tangan kamu untuk menggaruknya. Jika menggaruknya ini terlalu keras maka akan menimbulkan luka dan hanya akan memperparah eksim kering yang dialami tersebut.

2. Eksim Basah

Selanjutnya adalah eksim basah. Eksim yang satu ini biasanya ditandai oleh munculnya air pada eksim tersebut. Ya, biasanya sebelum basah kulit akan timbul benjolan kecil bening yang berisi air. Karena gatal, mungkin kamu tak sengaja menggaruknya sehingga pecah.

Akhirnya luka eksim tersebut menjadi basah, berair, bahkan tak jarang juga mengeluarkan nanah. Biasanya untuk eksim basah ini bisa jadi rujukan penyakit dermatitis kontak, infeksi kulit, bahkan hingga autoimun.

Untuk merawat eksim basah ini adalah jangan pernah menggaruknya, jika gatal kamu bisa menyiramnya dengan menggunakan air hangat dan mengeringkannya dengan kain yang bersih dan lembut. Untuk membersihkannya bisa ditepuk-tepuk halus dan jangan digeser agar tidak menggesek luka.

Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan dan menerapkan gaya hidup sehat. Sebab, beberapa eksim basah menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengundang berbagai hewan kotor seperti lalat. Jika terjadi maka eksim akan semakin parah, lindungi bagian yang terkena eksim jika berada di tempat yang kira-kira kurang bersih, biarkan terbuka jika berada di tempat yang bersih.

Nah, itu dia pembahasan mengenai penyakit kulit yang dinamakan Eksim, jenis-jenisnya, dan juga bagaimana cara perawatannya. Dengan ini maka kamu bisa mengetahui lebih awal jika terkena penyakit kulit yang satu ini. Semoga, dengan pembahasan di atas, kamu makin tahu banyak tentang Eksim.

Tidak ada komentar