Perawatan Rambut ala Remaja untuk menghindari Ketombe

Perawatan rambut tidak kalah pentingnya dengan perawatan kulit dan perawatan tubuh. Mengapa? Karena untuk mendapatkan penampilan yang lebih maksimal, rambut yang sehat, lebat dan bersinar akan melengkapi penampilan.

Sayangnya rambut rontok sering kali terjadi dan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Rambut rontok memang sering terjadi pada orang yang sudah berumur, akan tetapi jangan salah, remaja juga bisa mengalami rambut rontok.

Penyebab rambut rontok remaja sangat beragam seperti stres, kurang nutrisi dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, di sini kami akan membahas mengenai bagaimana perawatan rambut yang tepat untuk anak usia remaja untuk menghindari masalah pada rambutnya.

Potong rambut secara berkala

Salah satu tip penting untuk perawatan rambut remaja adalah dengan memotong rambut secara berkala. Pemotongan rambut secara berkala ini sangat penting untuk memastikan rambut lebih sehat dan tidak bercabang. Untuk jangka waktunya, jangka waktu potong rambut yang direkomendasikan adalah sekitar 6 minggu sekali.

Menggunakan minyak zaitun

Selanjutnya perawatan lain yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut anak remaja adalah dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut. Pengaplikasian ini wajib dilakukan pada bagian ujung rambut. Tujuannya adalah untuk melembapkan bagian ujung rambut sehingga tidak murah kering dan bercabang.

Ya! Anak di usia remaja memang sering kali mengalami masalah percabangan pada rambut, mengapa? Karena hormon yang tidak stabil hingga gaya hidup yang lebih banyak terpapar cahaya matahari. Nah, untuk waktu penggunaannya, minyak zaitun akan lebih baik digunakan sebelum mandi dan keramas.

Hindari menggunakan air panas untuk keramas

Menggunakan air hangat baik, tetapi menggunakan air panas sangat tidak dianjurkan. Penggunaan air panas untuk keramas dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi lebih kering. Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan ketombe dan menyebabkan rambut rontok.

Menggunakan shampo khusus untuk remaja

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam perawatan rambut untuk anak usia remaja adalah produk yang digunakan. Saat berada di usia remaja kulit tubuh menjadi lebih sensitif. Inilah yang juga menyebabkan kulit wajah anak remaja mudah berjerawat.

Selain kulit wajah, kulit tubuh dan juga kulit kepala juga mengalami hal serupa. Hal inilah yang membuat pemilihan sampo wajib dilakukan secara seksama. Akan lebih baik jika pilihan shampo yang digunakan adalah shampo khusus yang aman dan lembut sehingga tidak menyebabkan kulit kepala terlalu berminyak atau terlalu kering.

Hindari menggunakan alat styling

Alat styling rambut umumnya menggunakan hawa panas. Hawa panas inilah yang membahayakan kulit kepala terlebih untuk kuli kepala remaja. Hal inilah yang membuat penggunaan alat styling baiknya dihindari.

Menggunakan sesekali tidak masalah, akan tetapi jika terpaksa menggunakan alat styling rambut seperti hari dryer pastikan untuk menggunakan alat yang memiliki tegangan kurang dari 1200 watt.

Lindungi rambut

Perlindungan rambut sangat penting. Rambut wajib dilindungi dari sinar matahari, dari garam dan juga dari chlorine. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan perlindungan ketika terpapar 3 hal tersebut. Misalnya menggunakan pelindung kepala saat berenang dan menggunakan topi saat berada di bawah sinar matahari.

Cara di atas adalah cara perawatan rambut untuk mencegah kulit kepala yang kering dan akhirnya menyebabkan ketombe. Jika ketombe sudah muncul, segera lakukan perawatan dengan menggunakan shampo yang memiliki pH tepat untuk menetralkan kulit kepala yang memiliki pH acidic.

 

19 komentar

  1. Nah ini ketombe sering banget mengganggu apalagi buat yang berhijab pastinya risi dan gatal, terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Nah ini dia, anak remajaku lagi masa2nya banyak ketombe sampe gede2 pulaa padahal rambutnya tebal banget, udah sering dipotong berkala pula. Hal2 di atas udah dipraktekan, seringnya pake minyak zaitun buat rambutnya yang kering.
    Udah konsul sama dokter juga dan dikasih shampoo yangcucok, alhamdulillah..

    BalasHapus
  3. Anakku yg sulung nih bandel banget ketombenya. Rambutnya panjang, diwarnai & gampang keringetan. Harus nyoba tips2 di atas ya, siapa tau ketombenya hilang nggak balik lagi. Thanks

    BalasHapus
  4. Perawatan rambut dengan minyak zaitun di ujung-ujung rambut boleh diikuti tuh mbak. Apalagi rambut suka kering, kalau pakai minyak zaitun membuat lambut lembab dan sehat ya mbak.

    BalasHapus
  5. Ada rekomendasi gak sih Mba, shampoo yang cocok untuk mengatasi ketombe ini? Aku dah nyobain berbagai merek, belum ada yang tuntas menghilangkan ketombe.

    BalasHapus
  6. Sangat membantu yaa...dengan rutin menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut agar tumbuh sehat dan kuat. Cocok tips merawat rambut untuk anakku yang jelang remaja. Dan salah satunya adalah dengan tidak terlalu banyak di hair styling yaa.. ((padahal mama pengen ngajak anak-anak ngewarnain rambut, hihi))

    BalasHapus
  7. Rambut remaja emang harus dirawat sejak dini biar tetap sehat, karena memang remaja kadang mulai eksplorasi nih pakai berbagai produk rambut dan kimia kaya diwarnain, pakai gel dan sebagainya

    BalasHapus
  8. Ketombe ini memang jadi musuh besar bersama ya. Tapi sampai sekarang perlawanan kita rasanya sia sia. Sampai setua ini saya masih aja ada ketombe di kepala. Hehehe....
    Terimakasih untuk semua tips perawatan. Dulu saya memang sering keramas menggunakan air hangat kalau pas musim dingin

    BalasHapus
  9. Pas banget ibni anakku sudah remaja juga, karna banyak aktivitas kadang cuek gitu sama rambut jadi ketombean deh. Nice tips mbak nanti aku kasi tahu deh mereka

    BalasHapus
  10. Wah ketombe ini muncul kalau sampho ga cocok kalau saya, tapi si sulung malah ada terus kayaknya harus konsul ke dokter ya...

    BalasHapus
  11. thanks for all the tips and tricksnya mbaaa.. memang sebeel yaaa kalau kena ketombe nih.. solanya bener2 ganggu dan gatelnya ituuu lho

    BalasHapus
  12. aku banget mut, ketombean wkwwk udah usaha tapi kurang keras kali ya jadinya ketombenya ga ilang-ilang. Makasih ya Mut, udah diingatkan perawatan lagi

    BalasHapus
  13. Mba, alat stylus emang bikin rambut jadi mudah kering. Dan ini juga yang sebabkan rambut juga rusak. anakku rambutnya kering jadi butuh perawatan khusus

    BalasHapus
  14. Merawat rambut nih penting banget, apalagi kalau berhijab kudu lebih ekstra lagi ya mbak.
    Wah potong rambut berkala ternyata penting ya supaya rambut tidak bercabang TFS tipsnya.

    BalasHapus
  15. Untuk yang menggunakan hijab, biasanya permasalahan ada di rambut yang cepat lepek ya. Aku nih kadang buru-buru banget pake hijab sebelum rambut kering sehabis mandi. Yang gini ini yaa bikin potensi ketombe datang.

    BalasHapus
  16. oalah keramas pakai air panas gak bagus ya, saya sering mandi air hangat untuk keramas. berarti harus diurbah ya kebiasaan ini

    BalasHapus
  17. Sepertinya ketombe adalah masalah remajaku hingga dewasa. sulit hilang. Tapi trik ini boleh dicoba. Makasih Kak.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah meski sudah tak remaj, aku melakukan banyak hal yg ada di list.
    Thank you remindernyaa

    BalasHapus
  19. Ada rekomendasi shampo khusus remaja ngga mba? Ponakan nih rambutnya lagi rontok banget sejak masuk asrama, ditambah berhijab kan kadang rambut belum kering sudah buru-buru pake jilbab karena ada aktivitas akhirnya ketome deh.

    BalasHapus