Saatnya Belajar Investasi Saham Bersama Stockbit

Semenjak aku mulai bekerja, memang terasa keuanganku mulai terbaca, dimana aku punya penghasilan bulanan yang dikombinasikan dengan uang jajan pemberian orang tua (selama masih kuliah). Moment-moment itu adalah moment terbaik dalam perjalanan keuanganku. Tapi itulah, literasi keuanganku semasa itu tidak begitu bagus, padahal dengan double income harusnya aku bisa punya tabungan serta investasi yang cukup lumayan.  
 
Akhirnya setelah lulus, aku mulai membenahi permasalahn keuanganku. Mulai belajar lagi mengenai keuangan, mulai mempersiapkan dana darurat dan perlahan mempelajari investasi. Tapi ya begitulah, setelah didera pandemi yang cukup berat dua tahun terakhir, akhirnya aku memulai lagi perencanaan keuangan dari awal. Tadinya kan setelah lulus aku sudah lumayan enak, tapi karena semua dana yang ada dipake selama pandemic, maka harus berbesar hati memulai lagi.  
 
Tapi, dengan begitu aku mulai mengenal pola-pola perencanaan keuangan yang harus aku lakukan. Semua hal mengenai keuangan dilakukan lebih bijak bukan? Apalagi semenjak papa meninggal beberapa bulan lalu, tentu saja tanggung jawab keluarga perlahan dialihkan ke aku (Sebagai anak yang pertama). 
 
Memulai Investasi Saham Demi Masa Depan
Sebenarnya pelajaran investasi ini sudah perlahan diajarkan oleh keluargaku, terutama mama. Namun, Namanya pengetahunan yang masih terbatas, mama mengajarkanku untuk investasi melalui emas. Namun tampaknya investasi tak cukup dari emas, perlu mempelajari model investasi lainnya juga kan? Saat investasi yang ada yaitu deposito, properti, emas, reksadana,obligasi, saham, P2P dan model investasi lainnya.  
 
Nah, salah satu model investasi lainnya saham. Tadinya aku berfikir investasi saham akan rumit dan susah. Tapi seiring waktu berjalan dan teknologi yang berkembang, investasi saham bisa dilakukan melalui smartphone saja lho. Terus kenapa sih mesti mengetahui mengenai saham dan bagaimana caranya supaya investasi saham yang dilakukan berjalan dengan baik? Nah beruntung sekali aku berkesempatan belajar langsung melalui webinar Bersama Michael Kohana. Beliau merupakan di Stockbit  
 
Kenapa Saham?  
Untuk yang belum mengetahui kenapa mesti mencoba berinvestasi melalui saham, Saham merupakan tanda bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh bila berinvestasi lewat saham, yaitu: Legalitas yang resmi, Return vs Risk, jangka waktu, likuidtas serta skill & time yang terasah perlahan seiring perjalanan mempelajari saham.  
Kemudian, beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi saat memulai investasi saham adalah:
· Jangan ikut-ikutan orang lain
· Jangan FOMO (Fear of missing out) (setiao orang memiliki proses belajar yang berbeda)
· Jangan Beli dulu baru riset. Tapi riset dulu baru beli, kenali perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya
· Terlalu percaya diri itu tidak baik, ajak diskusi orang-orang lain yang juga menjadikan saham sebagai investasi. Dengan begitu kamu punya pandangan baru sebelum membeli/ menjual saham
· Lakukan investasi dengan uang dingin, pastikan uang tersebut bukan uang pinjaman ataupun sisa uang yang seada-adanya.

Kenapa investasi saham melalui stockbit?  
Stockbit merupakan adalah one-stop platform investasi saham. Selain sebagai wadah yang dapat digunakan untuk berdiskusi layaknya komunitas dan update berita terkini seputar saham, Stockbit juga berfungsi sebagai platform riset dan analisis investasi. 
Nah dari pengalamanku mencoba mendaftar stockbit sangatlah mudah, platformnya didesain minimalis dan mudah untuk dimengeri. Selain itu tampilannya pun rapi. Menarik sekali karena ada wadah diskusi. Jadi lebih tahu saham apa yang sedang ramai diperbincangkan, baik yang kondisinya sedang meningkat maupun yang sedang tidak bagus. 
 
Selain itu, pembelian saham bisa dimulai dari Rp100.000 saja, cukup mudah dan praktis kan? Yuk buruan install stockbit dan pelajari perlahan mengenai investasi saham yang tersedia.

8 komentar

  1. Wah sekarang banyak aplikasi investasi saham yang bisa dipercaya dan menguntungkan, apalagi mudah caranya. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Dari dulu saya pengen belajar investasi saham, soalnya menjanjikan juga buat nambah penghasilan. Kudu coba di Stocbit nih

    BalasHapus
  3. Jaman sekarang garus melek inves saham ya mba. Untungnya ada Stockbit yg cocok untuk pemula.

    BalasHapus
  4. Membaca artikel ini bikin saya jadi ingin lebih kenal dekat dengan investasi, ceki² dulu aahh

    BalasHapus
  5. Wah serius cuma 100 ribu udah bisa mulai investasi? Kebetulan pengen banget deh menyisihkan uang ceperan buat investasi saham

    BalasHapus
  6. Aku juga udah mulai belajar investasi saham. Nggak niat untuk jadi trader sih, jadi pilih saham perusahaan yang kira2 stabil dan bisa berkembang terus aja. Nabung saham gitu istilahnya.

    BalasHapus
  7. Seru yaa...
    Merasa memasuki dunia baru dengan belajar investasi menggunakan instrumen saham. Keuntungannya bisa dirasakan.

    BalasHapus
  8. Kalau punya dua tempat investasi gitu aman ngga sih mbak? Soalnya baru tahu juga ada stockbit ini..

    BalasHapus