Ini Dia Barang Wajib Dimiliki Anak Kost

 
Ga kerasa sudah 2 bulan ini menjalani tahun 2022, luar biasa sekali rasanya 2 tahun terakhir ini. Kalau bukan karena pertolongan Allah SWT, mungkin rasa-rasanya mau nyerah saja. Tapi tentu tidak boleh nyerah begitu saja. Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk terus berjuang, mencari rezeki, berkegiatan hingga bersilahturahmi walau kadangkala lebih banyak dilakukan secara online.
 
Lalu, aku sebagai anak kost juga terus berjuang untuk senantiasa menjaga kesehatan, belum lagi aku masih banyak belajar setelah tahun lalu sebulan bertubi-tubi kena sakit campak dan DBD, belum lagi kamar yang hancur lebur karena ditinggal selama berbulan-bulan, hehehe.
 
Oleh karena itu, aku pun lebih mempersiapkan diri lebih maksimal untuk menjalani hari. Biar ga berantakkan lagi dimasa depan, apalagi kalau ada kejadian yang serba mendadak. Nah supaya anak kost juga lebih punya persiapan dalam sehari-hari, aku ingin sharing beberapa barang yang wajib dimiliki untuk anak kost:
 
1. Tas Dokumen
Selama jadi anak kost, apalagi kalau kamu masih berkuliah maka wajib banget punya tas dokumen yang mudah ditemukan. Simpan semua dokumen serta salinannya di tas tersebut. Karena kadangkala ada aja keperluan yang membutuhkan dokumen-dokumen. Seperti waktu itu, semester awal-awal aku mau daftar beasiswa. Eh mepet daftar di deadline, karena dokumenku banyak yang tersimpan di rumah.
 
2. Kotak obat
Ga sekedar kotak obat pada umumnya saja, tapi isi juga dengan obat-obatan yang lebih spesifik sesuai kondisi kesehatanmu. Selain itu lengkapi juga dengan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Seperti contohnya Pyfahealth, apalagi baru-baru ini diluncurkan Bundle Pyfahealth Vitamin Isoman, untuk menjaga imun tubuh tetap kuat dan sehat di masa saat ini bundle ini berisikan:
• 1x Masker KF94 4ply

• 1x Pyfahealth D3-1000 Suplemen Vit D3 1000 IU
• 1x Pyfahealth C-1000 Vitamin C 1000mg

Ada beragam manfaat konsumsi vitamin ini:

  • Pyfahealth C 1000mg berfungsi sebagai antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh
  • Pyfahealth D3-1000 berfungsi untuk memenuhi defisiensi vitamin D dengan cepat, cegah penyakit autoimun, dan aman untuk konsumsi ibu hamil dan menyusui

Untuk Dosisnya sendiri adalah:
Dewasa atau anak > 12 tahun : 1 tablet perhari setelah makan.

3. Asuransi kesehatan
Sebenarnya masih berhubungan dengan no 2 yaitu mengenai kesehatan. Pastikan selama diperantauan teman-teman memiliki asuransi kesehatan yang selalu aktif. Minimal miliki BPJS, kalau ada budget lebih bolehlah mendaftar asuransi swasta. Sungguh dengan memiliki asuransi akan sangat membantu meringankan biaya perawatan kalau sakit.

4.Kendaraan
Sebenarnya ini dari segi mobilitas sih ya,apalagi yang sering pergi kesana kemari. Kalau kamu merantau di daerah yang transportasi umumnya belum terintegrasi secara maksimal, maka memiliki kendaraan akan sangat membantu. Minimal milikilah 1 sepeda motor, ga perlu beli baru, beli bekas juga boleh. Cek sebelum membeli ya.

5. Kontak layanan penting
Untuk kamu yang merantau dalam jangka waktu yanglama, simpan semua kontak layanan penting yang akan membantu kebutuhan kamu. Mulai dari kontak mbak pijat favorite, abang reparasi elektronik hingga ibu catering sehat murah meriah. Terbukti, dengan begitu kamu akan sangat terbantu.




19 komentar

  1. Ngekost, apalagi sendiri, memang penting banget untuk stok obat2an. Termasuk juga paket vitamin biar tetap sehat selama masa pandemi ini.

    BalasHapus
  2. Waktu dulu ngekost, ga punya itu barang-barang yang padahal memang penting seperti 5 item ini. Makanya kalau waktu sakit, haruske dokter karena ga punya kotak obat untuk pertolongan pertama.
    Anak-anak muda yang sedang merantau dan ngekost, harus banget nih merhatiin kaya barang-barang penting seperti kotak obat dan barang-barang wajib lainnya, biar pola hidupnya lebih teratur

    BalasHapus
  3. Wah jadi ingat jaman ngekost waktu awal-awal di Jakarta dulu
    Tapi aku belum punya kendaraan sih waktu itu
    Seru juga nge-kost itu. Belajar mandiri

    BalasHapus
  4. Wah iya, aku jadi ingat saat ngekost di ibukota.
    Baru tahu, anak kos juga harus punya asuransi ya mbak

    BalasHapus
  5. Iyaa ya kak Mut. Ngga kepikir harus punya kontak darurat di kosan. Penting bangett padahal

    BalasHapus
  6. Sebagai mantan anak kos relate sekali dengan tulisan ini. Barang-barang yang penting banget dipunyain tapi gak boleh nimbun barang karena bisa jadi sempit huahaha. Jadi kangen deh masa masa ngekos

    BalasHapus
  7. Daku belum pernah nge-kost kak.
    Salut buat anak kost yang pastinya banyak perintilan yg kudu diperhatikan

    BalasHapus
  8. Saya dulu ngekos tp ga nyimpen nomor darurat sama ngga punya asuransi kesehatan.. inget banget pas demam di kamar ga bisa bangun terus nelpon temen kos ngga ngangkat ..klo punya nomor darurat tu bisa menolong pas kita butuh. Yang penting lagi harus punya pulsa soalnya sekarang jarang yang punya pulsa kan ya..

    BalasHapus
  9. selama jadi anak kosan saya pas kuliah aja di Jogja punya kendaraan itupun ga pernahs aya pakai karena pas ke kampus pakai sepeda atau jalan kaki bahkan, lainnya punya

    BalasHapus
  10. Tipsnya bermanfaat banget, Mbak. Dulu waktu jaman ngekos cuma kepikiran kontak darurat sama persediaan bahan makanan aja. Gak mikir kalo asuransi dan kotak obat juga penting walau ya aku juga nyetok beberapa obat berkat mama yang wanti2 banget kudu stok obat2an penting.

    Waktu itu pernah sih sekali sakit pas ngekos pas berobat lumayan juga harganya karena aku lupa gak bawa asuransi kesehatan dan kliniknya juga gak nyediain pilihan itu.

    BalasHapus
  11. Kendaraan butuh ya. Karena untuk mobilitas kemanapun dibutuhkan. Apalagi sebagai anak kost kadang butuh beli makan keluar kan ya. #eeehhhh wkwkw

    BalasHapus
  12. Untuk kotak obat sepertinya ini yang sering dilewatkan oleh para anak kost cowok. kan biasa cowok jarang banget memperhatikan hal-hal seperti itu Hehehe

    BalasHapus
  13. Auto ingat masa waktu ngekos. Yang nggak saya sediain yang no. 2 aja. Maksudku ada sih obat2 tapi gak lengkap dan gak ada kotaknya. Kalau yang lainnya okelah karena emang penting banget. Apalagi kalau dirantauan sendiri. Jauh dari ortu dan sanak keluarga.

    BalasHapus
  14. aku sedia semuaa nih kecuali kendaraan, soalnya ga bisa bawa kendaraan sendiri baik motor atau pun mobil, banter banter ada sepeda buat olahraga aja hahaaa

    BalasHapus
  15. Bener lo..
    Masa pandemi kudu banget jaga kesehatan dengan konsumsi vitamin. Kemarin aku abai banget masalah ini dan pas sakit, alhamdulillah boost pakai vitamin C, D, K.

    Kudu banget pandemi lebih teratur makan dan tetap jaga prokes jangan lupa sedia kotak obat.
    Mut sehatsehat selalu yaa..

    BalasHapus
  16. Sejak pandemi, stok vitamin di rumah jadi selalu lengkap. Khususnya Vit C, D dan E. Tiga jenis itu meskipun gak dikonsumsi setiap hari tapi harus selalu ada buat boost imun secara berkala.

    BalasHapus
  17. Kan aku juga pernah kos ya. Emang sih barang-barang itu penting untuk kita miliki. Apalagi kalau punya kendaraan sendiri. Minimal sepedalah. Jadi kita bisa gerak ke mana-mana dengan mudah.

    BalasHapus
  18. Waaah iya bener banget aku bertahin tahun menjadi anak kos baru sadar ternyata barang barang yang sering kita anggap sepele sepenting itu kalo udah jadi anak kos

    BalasHapus
  19. Aku setuju kak. Kotak obat itu harus selalu ada. Paling enggak, walai isi cuma paracetamol dan betadine, itu harus tersedia terus

    BalasHapus