Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi


Pasti kebanyakan orang tahu betapa pentingnya pemeriksaan kesehatan. Namun bukan hanya kesehatan Anda saja yang memerlukan pemeriksaan preventif, kondisi keuangan Anda juga menjadi poin penting yang perlu diperiksa secara rutin. Kegiatan verifikasi kondisi keuangan ini sering dilakukan. dari orang-orang yang menjaga situasi keuangan mereka. 
 
Karena risiko masalah keuangan mendadak. Pemeriksaan keuangan rutin memungkinkan Anda untuk segera menilai masalah mana yang dapat mengancam situasi keuangan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk segera merencanakan tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi tanda-tanda kesulitan keuangan tersebut. 
 
Bahkan gaji yang tinggi tidak serta merta melindungi Anda dari risiko masalah dalam situasi keuangan Anda, bahkan jika Anda sudah memiliki gaji yang tinggi, ada kemungkinan Anda salah mengatur keuangan Anda. Anda dapat menangkap segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan dan kekayaan. Banyak hal yang bisa diketahui, seperti jumlah aset yang dimiliki, apakah utang perlu dibayar, dan arah arus kas saat penilaian keuangan dilakukan. Oleh karena itu, FWD Insurance membagikan beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan audit keuangan: 
 
1.Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran 
Sebagian dari kamu mungkin merasa terbebani dengan banyaknya uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan setiap bulannya. Bahkan, beberapa dari kamu mungkin juga merasa bahwa jumlah penghasilan tidak sebanding dengan jumlah pengeluaran. Bisa jadi saat baru saja menerima slip gaji, jumlah pengeluaran telah dengan ‘sukses’ menghabiskan sebagian besar pemasukan tersebut. 
Jika hal tersebut saat ini sedang kamu rasakan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Financial check up berguna untuk melakukan rekap ulang pada segala jenis pengeluaran serta pemasukan rutin. 
 
Dengan melakukan pengecekan keuangan, tentu kamu akan dapat dengan mudah mengetahui pengeluaran apa sajakah yang berhasil membuat penghasilan habis terkuras. Hal ini tentu dapat memberikan informasi penting tentang bagaimana seharusnya mengatur keuangan dengan lebih baik. Tak hanya mengetahui pengeluaran pokok seperti untuk membayar tagihan dan kebutuhan sehari- hari, pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, tersier, maupun untuk kegiatan refreshing pun bisa segera Kamu ketahui dengan melakukan pengecekan keuangan. Hal ini tentu dapat memberikan penjelasan tentang keperluan apa saja yang membuat penghasilan “hilang” selama ini. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin melakukan financial check up guna mengetahui segala penghasilan serta pengeluaran yang kamu miliki setiap bulannya. 
 
2. Lebih Handal Dalam Mengendalikan Keuangan 
Dengan mengetahui seluruh pengeluaran, kamu tentu dapat dengan mudah memperkirakan nominal uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih memahami dengan kondisi keuangan dan bisa menjadi pengelola keuangan yang lebih handal. 
 
Jika saat melakukan financial check up kamu merasa pengeluaran terlalu banyak dan dapat mengancam kondisi keuangan, kamu dapat dengan segera mencari cara terbaik agar pengeluaran bisa dikurangi. Seketika kamu bisa memeriksa ulang dan menghilangkan pengeluaran yang sepertinya kurang penting agar kondisi keuangan tetap terjaga. Tak jarang pula pengurangan pada jumlah kebutuhan yang dilakukan malah berimbas positif pada kondisi keuangan. Alhasil, keuangan akan memiliki surplus yang bisa dipergunakan pada hal-hal yang jauh lebih penting guna menambah penghasilan maupun untuk tabungan di masa mendatang. 
 
Kelebihan uang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memulai investasi jika memang memungkinkan. Jadi, saat secara rutin melakukan pengecekan kondisi keuangan, secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi pengelola keuangan yang lebih baik karena dapat mengontrol jumlah penghasilan dan pengeluaran. 
 
3. Merencanakan Kehidupan di Masa Depan 
Setelah mengetahui jumlah penghasilan serta pengeluaran, kamu akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Kamujuga akan memperoleh gambaran seberapa besar kemampuan untuk dapat mengelola serta menyisihkan sisa penghasilan. Melakukan financial check up dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di masa depan. Kamu akan menyadari bahwa hal ini penting untuk dilakukan guna merencanakan kehidupan selanjutnya. 
Perlu dipahami juga saat mengetahui siklus keluar-masuk kekayaan yang dimiliki akan membuat kamu bisa memikirkan impian apa yang mungkin bisa dilakukan. Tentu impian tersebut bisa diwujudkan jika siklus keuangan bisa tetap terjaga dengan baik. 
 
Anda juga dapat merencanakan masa depan Anda dengan melindungi diri sendiri jika Anda berisiko di masa depan. Dengan perlindungan asuransi, Anda dan keluarga dapat menikmati hidup tanpa rasa khawatir. Betul, Asuransi FWD memiliki produk asuransi kesehatan yang bernama FWD Critical First Protection
 
Produk ini menawarkan solusi perlindungan yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau, tetapi juga mudah dimanfaatkan dan mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan. Jika terjadi kerusakan, Anda tidak perlu khawatir karena uang premi bisa dibayarkan. Pengembalian 100% pada akhir masa asuransi.Asuransi FWD saat ini sedang menjalankan promosi gajian jadi jangan sampai ketinggalan! Diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/Keanggotaan Premium untuk tahun pertama produk asuransi FWD Cancer Protection, Free Plans, dan Free Action dengan jangka waktu hingga 31 Mei 2022. Kunjungi fwd.co . id untuk informasi lebih lanjut .












21 komentar

  1. Chek up keuangan sering dikaitkan dengan asuransi. Sebenarnya asuransi itu sendiri adalah bagian dari pengeluaran yang melindungi. Jadi anggarannya tetap kepada pengeluaran . Hanya prioritas pengeluaran keuangan tetap harus jadi perhatian.

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang udah menjadi kebutuhan mempunyai asuransi kesehatan yaa, bisa check up finansial dulu sebelum memilih jenisnya.

    Dengan perlindungan asuransi FWD Critical First Protection dapat menikmati hidup tanpa rasa khawatir. Terpercaya karena salah satu produknya Asuransi FWD .

    BalasHapus
  3. financial check up sebelum investasi seperti check up sebelum perjalanan jauh ya?
    Agar kita tau kemampuan tubuh dan harus nyiapin apa
    Agar tidak ambruk di tengah jalan

    BalasHapus
  4. Ya, bener sih financial check-up kasarnya kita perlu tahu pendapatan dan pengeluaran kita sendiri. Jadi kita bisa anggarkan dengan bijak pos-posnya untuk pengeluaran rutin berapa persen, investasi berapa persen, dan lain-lainnya.

    BalasHapus
  5. Saya belum ngerti seberapa sederhana/rumitnya financial check up ini.
    Kebanyakan orang masih baru ngecek apakah uang mereka cukup untuk makan sampai akhir bulan.
    Tapi belum sampai mengecek apakah mereka bisa memastikan keluarga mereka aman finansial sampai setidaknya 30 tahun mendatang.

    BalasHapus
  6. financial check up penting ya, jangan sampai niatnya mau investasi tapi ternyata kesehatan keuangan kita kurang baik ya. Penting untuk buat perencanaan yang matang dulu dong ya.

    BalasHapus
  7. Ini yang tidak boleh dilupakan ... bukan hanya tubuh yang butuh check up, keadaan finansial kita pun butuh di-check up.

    BalasHapus
  8. setujuu banget mba. financial checkup itu bisa dibilang pertama banget yaa sebelum kita mau melakukan keputusan finansial yang lainnya. biar semuanya juga aman dan kita juga nyaman mau berinvestasi

    BalasHapus
  9. Betul banget, kita harus mempersiapkan dengan matang jika ingin berinvestasi, jangan-jangan kita belum melakukan financial check dengan tepat. Makasih tulisannya mba

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu tentang finansial check up ini mbak
    Tapi emang penting banget ya untuk dilakukan sebelum kita berinvestasi

    BalasHapus
  11. aku juga mastiin financial check up mba kalau mau misal beli atau daftar sesuatu apalagi buat investasi penting banget tahu tentang pemasukan dan pengeluaran kita

    BalasHapus
  12. Ah setuju banget nih, dengan financial check kita jadi lebih mudah untuk membuat prioritas dalam membuat budget ya....

    BalasHapus
  13. memang penting sekali melakukan finansial check up agar kita berinventasi tapi tidak kesulitan ntuk finansial kita. Dan bisa mengukur investasi apa yang cocok dg finansial yang kita miliki.

    BalasHapus
  14. Dalam melakukan transaksi keuangan, finansial check up memang penting ya. Supaya ke depannya, semuanya bisa lancar. Apalagi untuk investasi. Perlu pertimbangan matang lebih dulu. Jangan sampa bersemangat di awal, melempem ke sananya. Huhu aku jadi kepengen check up keadaan finansialku sendiri deh.

    BalasHapus
  15. Aih, iyaa juga ya. Sekarang ini banyak yang pada ngeh soal investasi, asal cebur aja. Belum melakukan financial check up dulu, akhirnya ketar ketir sendiri sama kondisi keuangan sehari-hari. Belum lagi kalau emang gak cocok dengan instrumen investasi yang diinginkan. Baiknya emang check up dulu sih kondisi finansialnya.

    BalasHapus
  16. Financial check up memang sangat diperlukan ya mbak. Supaya bisa berjalan dengan mulus. Jangan sampai nanti lumpuh tengah jalan dan jadi berantakan.

    BalasHapus
  17. Perlindungan diri penting loh sebagai salah satu langkah untuk melakukan perencanaan masa depan. Besaran nominal uangnya pun bisa ditetapkan sesuai budget yang disepakati dalam keluarga.

    BalasHapus
  18. Ternyata gak hanya tubuh aja yang butuh Medical Check Up, Keuangan juga perlu di check up ya. Menuju finansial sehat memang sebaiknya ditelusuri akar masalahnya supaya investasinya sukses

    BalasHapus
  19. Investasi ini bagian yang gak bisa dielakkan lagi ketika keuangan keluarga sudah di tahap "sehat". Dan penting sekali memahami dimana kekuatan dan kelemahan keuangan keluarga. Dengan asuransi kesehatan, proteksi masa depan yang diharapkan mampu membantu kondisi ekonomi di saat sedang terjadi goncangan masalah kesehatan.

    BalasHapus
  20. Setuju banget.
    Kasian aja ngeliat mrk yg jor-joran investasi, lalu untuk kebutuhan sehari2 ditutupi dgn gali lobang tutup lobang

    BalasHapus
  21. Semua penghasilan dan pengeluaran harus dicatat dengan tepat sih sehingga ketika ingin menginvestasikan dana sudah tahu asal aliran dananya juga. Begitu sudah lakukan financial check up tentu keuangan pun bisa lebih terkondisikan dan terarah ya.

    BalasHapus