Serah Terima Bus Listrik PT MAB kepada PT RAPP

Dalam upaya merealisasikan gerakan net zero emission, PT RAPP bekerjasama dengan PT MAB dalam upaya menyediakan bus listrik. Pengadaan bus listrik ini sekaligus menjadi peralihan penting pada operasional PT RAPP di awal tahun. Transportasi ramah lingkungan ini akan menjadi bagian dari target pengurangan 32% emisi karbon di tahun 2030.

Total ada 4 bus listrik dalam serah terima dari PT MAB kepada PT RAPP. Hal ini sebagai upaya memperkuat komitmen perusahaan secara berkelanjutan dalam memanfaatkan energi terbarukan.

Apa Tujuan Serah Terima Ini ?

Secara keseluruhan serah terima ini adalah upaya PT RAPP dalam meningkatkan penggunaan transportasi ramah lingkungan. Hal ini sebagai upaya ikut serta dalam gerakan pemerintah dalam menyukseskan gerakan net zero emission. Dengan menggunkan bus listrik, maka PT RAPP berkontribusi dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

PT RAPP sendiri merupakan anak perusahaan dari grup APRIL. Dalam operasionalnya, grup APRIL menargetkan untuk menggunakan energi terbarukan sebanyak 50%. Berikut selengkapnya terkait serah terima ini :

1. Spesifikasi bus listrik yang diterima PT RAPP

Bus listrik yang diterima PT RAPP memiliki dimensi 12 meter dengan baterai LifePo 315,85 kHh. Kapasitas baterai ini bisa terisi penuh dalam waktu 3 jam. Kapasitas baterainya sudah terbilang cukup baik untuk ukuran bus listrik yang dipakai dalam operasional perusahaan.

Soal kecepatan, bus listrik dari PT MAB ini juga bisa diandalkan. Dengan tipe permanent magnet synchronous motor, kecepatan maksimumnya adalah 110 km/jam. Kecepatan ini membuat bus bisa melacu kencang dan stabil meski membawa muatan maksimal.

Bus listrik tipe MD 12E NF ini juga telah diuji menggunakan factory acceptance riset sehingga kualitasnya telah sesuai. Dilakukan serangkaian tes untuk melihat performa bus sebelum diserahkan ke PT RAPP. Selanjutnya bus listrik ini telah dinyatakan lulus uji oleh Kementrian Perhubungan.

Grup APRIL juga sudah dalam tahap membangun charging station sebagai tempat pengisian daya. Selanjutnya juga akan dilakukan uji coba terhadap charging station yang baru dibangun tersebut.

2. Apa Manfaat Bus Listrik yang Dikehendaki PT RAPP?

Bahan bakar fosil merupakan penyebab isu pemanasan global yang menjadi sangat serius beberapa tahun belakangan ini. Karena bahan bakar fosil akan melepaskan gas rumah kaca ke udara. Dari data Climate Transparency Report, bahan bakar fosil menyumbang 27% dari seluruh emisi yang dilepaskan ke udara.

Dari data ini, maka bisa disimpulkan bahwa transportasi adalah penyumbang emisi terbesar kedua setelah sektor industri. Dari sinilah grup APRIL melakukan upaya agar PT RAPP mulai menambah penggunaan energi terbarukan.

Di Indonesia sendiri, penggunaan kendaraan listrik memang belum banyak. Namun pemerintah sudah melakukan banyak upaya agar kendaraan listrik mulai banyak digunakan pada tahun 2030. Upaya ini disertai dengan pembangunan statsiun pengisian serta peluncuran kendaraan listrik.

PT RAPP mengambil langkah terbaik dengan mulai menggunakan bus listrik dalam sistem operasionalnya. Dengan kemudahan pengisian bahan bakar yang sama, kendaraan listrik lebih hemat dibandingkan kendaraan dengan BBM. Perbandingannya adalah satu liter BBM setara dengan 1,3 kWh.

Pengalaman Naik Bus Listrik

Dalam kesempatan yang cukup bersejarah ini, aku dan teman-teman berkesempatan untuk mencoba menaiki bus listrik yang baru beroperasi ini. Ternyata memang peralihan ke bus listrik ini adalah langkah yang bagus banget. Kenyamanan penumpang pun meningkat, karena minim polusi, baik asap maupun suara. Apalagi aku merupakan penumpang yang semi mabuk darat. Kalau ga sedikit saja ga nyaman, rasanya pusing dan mual. Syukurnya bus ini cukup nyaman, sehingga tepat banget sebagai moda transportasi untuk para karyawan di lingkungan PT RAPP (dimana pergi dan pulang kerja dapat menggunakan transportasi yang bersih dan nyaman)

Penutup

Demikian serah terima 4 unit bus listrik oleh PT MAB kepada PT RAPP sebagai anak perusahaan grup APRIL. Dalam serah terima Grup APRIL berkomitmen penuh dalam menyukseskan gerakan net zero emission. PT RAPP akan menjadi bagian penting dari grup APRIL dalam mewujudkan target pengurangan emisi karbon.

 

 

Tidak ada komentar