#EkspedisiWarisanKuliner (Riau-Pekanbaru)

PT.Unilever Indonesia .Tbk ,Melalui salah satu produk makanannya ,yakni Kecap Bango mempunyai program yang dinamakan Festival Jajanan Bango,festival ini diadakan di kota-kota besar dan tahun ini adalah tahun kedelepan dalam pelaksanaannya. Dalam Festival Jajanan Bango tahun ini,ada sebuah kejutan,yakni dengan diluncurkannya program baru yang bernama #EkspedisiWarisanKuliner.

Program #EkspedisiWarisanKuliner ini mengelilingi 100 Kota di 34 Provinsi di Indonesia. Tujuan program ini adalah untuk merangkup berbagai kekayaan kuliner yang ada di nusantara,agar dapat dilestarikan dan tidak punah serta untuk mengenalkan kepada dunia.

Ekspedisi yang diadakan Bango pada bulan April hingga Juli 2014 akan menelusuri kekayaan kuliner di tiga wilayah Indonesia yaitu Indonesia Barat (Sumatera – Kalimantan), Indonesia Tengah (Jawa, Bali dan Madura) dan Indonesia Timur (Sulawesi, NTT, NTB, Maluku, dan Papua).

Tim ini akan menelusuri  sejarah, bahan otentik, resep, budaya lokal, serta penggalian informasi dari tokoh kuliner setempat. Tidak hanya makanan populer yang diangkat tapi juga makanan khas yang hanya diketahui penduduk lokal serta makanan dalam perayaan adat. Sehingga kita dapat mengenal lebih dalam tentang kuliner tersebut.
setelah program ini selesai hasil ekspedisi akan dibukukan dan akan segera dibagikan secara cuma2 ke Dinas-Dinas Pariwisata,pihak-pihak tertentu dan juga dijual seluruh toko buku Di Indonesia





Jadi,Pekanbaru adalah salah satu kota  yang termasuk dalam daftar ekspedisi warisan kuliner ,terjadwal untuk dikunjungi dari tanggal 7 hingga 8 Juli 2014. Team ekspedisi yang di Pimpin oleh Arie Parekesit pengamat kuliner dan brand ambassador Kecap Bango,dan didampingi oleh sebuah tim yang berisi dua orang.  Tim Wilayah Barat ialah  Odillia Winneke editor di detikfood, serta Photoraphernya ialah  Ika Yuliana Nasution,mahasiswi di Universitas Budi Luhur. serta dipandu oleh Local Fixer Hesty Wulandari ,Dosen Di UIN Suska Riau.

Hari Pertama mereka mengunjungi

 1. Kedai Kopi Liana (Mie Sultan Kuah Udang dan Mie Sagu khas Selat panjang)

 
Oh ya,saya juga ikut susulan sendiri ke Kedai kopi ini,juga memesan menu yang sama,dan sedikit ngobrol dengan ci liana yang lagi masak,memang ramah sekali ci liana ini :).mie kuah udanngya sanga tlexat.kuahnya terasa sangat gurih.
  

Pantas saja  masakan Ci Liana lezat,masaknya pakai Kecap Warisan Kuliner Bango sih...

2. RM Cuik Rumbai  (gulai ikan bunga tombak,Udang Goreng,


3. Sup Tunjang Pertama (Sop Tunjang ,sop Daging)
Saya sudah mencicipi Sop tunjang ini sebelumnya,sopnya enak,pengolahan daging yang baik dan kuah yang segar membuat saya ketagihan
4.Mesjid Baiturrahman Jl Pemuda Tampan (sholat)
5.Es Cendol Belakang kantor gubernur

6. Rumah Makan Era 51 (Masakan dari Daging Rusa,Dendeng Rusa)

Hari Kedua,tim bertambah anggotanya,yakni  Saya dan salah satu admin @kulinerpku ,bang Taufik ,kami mengunjungi

1.Pasar Sago (melihat sayuran yang tidak terdapat di pasar lainnya)
2. Kedai Kopi Kimteng ( Kopi ,Roti Sarikaya,Sup ikan,Pangsit,Otak-otak,Dimsum)

Kedai kopi ini adalah kedai kopi paling legend Di Pekanbaru,hampir semua kalangan pernah mengunjungi Kedai kopi ini,mulai dari sekedar ngopi-ngopi cantik  hingga rapat dan meneken kontrak penting.
Menu yang spesial dari dair kedai kopi ini adalah,Kopi dan roti sarikaya.
dan menu lainnya ada pangsit,otak-otak dimsum.Ada menu yang mencuri hati saya,Tidak semua orang menyukai Sup ikan,termasuk saya. Tetapi setelah mencoba sop ikan kimteng ini,saya jadi ketagihan,kuahnya segar,dan ikannya tidak amis.

3.Kedai Kopi Megaria (Mie Pangsitnya terkenal enak )

                                                     
Mie pangsit banyak bertebaran di Kedai kopi,tetapi mie pangsit yang paling enak ada di Kedai kopi Megaria,dengan chaisiu ayam yang lezat dan mie pangsit yang lembut ,tak ada yang bisa melawannya.

4.Kedai Kopi King (bubur ayamnya yang gurih dan lezat)

5.Kedai Kopi Beng     (Cakue dan bolang Baling/Roti Manis)
Kedai kopi juga identik dengan  hadirnya Cakue dan bolang-baling,dua roti di kedai kopi ini sangat laris ,sehingga saat kami ke kedai kopi ini  rotinya sudah mulai habis.

6.Rumah makan Melayu Sri Mersing(Asam Padeh,Ikan selais,Udang Khas Sri Mersing,pacri nenas.            
Ke Pekanbaru jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas melayu,salah satu restoran khas melayu yang kami kunjungi adalah Restoran Sri Mersing. berbagai macam makanan khas melayu tersaji disini. Termasuk ikan selais yang juga jadi andalan di sini. Menu yang unik menurut saya adalah pacri nenas, paduan nenas dan cabai membuat lidah saya semriwing

7.Rumah makan Pak Abbas ( Masakan Khas kampar,Asam padeh ikan,Udang goreng,Urap,Durian Kampar)
Masakan khas Kampar,terkenal dengan rasa yang khas,di RM Pak Abbas ini juga banyak tersaji menu-menu yang sangat lezat,kami mencicipi udang yang ukurannya besar,ayam gorengnya yang enak


8.Pondok Patin H.M Yunus ( Asam Padeh Patin,Ikan Selais Goreng,menu rumahan lainnya)
Asam Padeh adalah menu paling hits di Riau. ikan yang dimasak berkuah ini sangat banyak penggemarnya. keistimewaan dari Restoran ini adalah mereka punya tambak ikan sendiri,sehingga kualitas ikannya terjamin.
terus kami juga melihat proses pembuatan


setelah menyimak proses pembuatan masakan di dapur pondok patin H.M yunus ini,diadakanlah kopdar dengan para peminat kuliner di pekanbaru
kopdarnya cukup rame lho

Terimakasih Team Ekspedisi Warisan Kuliner yang sudah berkunjung Ke Pekanbaru. Semoga Pekanbaru menjadi Kota Yang dirindukan :)
quote by @arieparikesit :Beri aku 5 pemuda pemudi yg bisa makan, kan kuguncang PKU @odeelia @sihesty @ikanation @kulinerpku @mutmuthea 


----------------------------
Agar seharian ini dapat mencicipi segala macam menu,Mas Arie mengajarkan tentang tummy management,sehingga kita tidak akan food comma setelah memakan semua menu tersebut.

Comments

  1. Waduuhh.salah besar betkunjung kemari pas lg puasa gini..foto2nya biking ngiler euuyy :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. iya dong mak.. besok2 jangan pas bulan puasa..biar bs ncicipin makanan disini :D

      Delete
  2. ah jadi ngiler baca blog ini T___T
    penasaran dengan pacri nenasnya, seger mungkin kayak rujak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger banget mba..nagih..apalagi untuk Pekanbaru yang panas banget ini

      Delete
  3. fiuhhh lapernya gak ketulungan liat foto makanan, pas banget blm makan :(

    ReplyDelete
  4. Sup Tunjang Pertama slurrrp banget. Bikin ngiler ^^

    ReplyDelete
  5. wah... jadi pengen tau gimana itu tummy management..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tummy management itu mba,kalo kita mau wisata kuliner sebanyak ini jangan dimakan makananannya sendirian sampe habis,berbagai dengan kawan,jadi bisa cicip sana-sini... semua kebagian,dan ga kekenyangan,jadi bisa melanjutkan makan ditempat lain :)

      Delete

Post a Comment