Mau bawa oleh-oleh apa dari Pekanbaru ?

Setelah bertahun-tahun terdampar Di Riau a.k.a merantau,pulang kampung menjadi salah satu agenda yang ada di keluarga saya. Walaupun agenda ini tak dilakukan setiap tahun seperti kebanyakkan orang-orang,kami akan menyempatkan pulang kampung bila ada rezeki berlebih.

Nah,kalau mau pulang kampung biasanya akan bawa oleh-oleh khas Riau,kira-kira oleh-oleh dari Riau ada apa saja ya? Beberapa teman dari luar Riau kadang ada yang bertanya kepada saya mengenai oleh-oleh ini.

Sebagai tukang angkutnya belanjaan mama,sudah tak terhitung berapa kali saya blusukan membeli oleh-oleh.
kali ini saya akan mengajak teman-teman buat blusukan disebuah pasar yang menjadi pusatnya oleh-oleh khas Riau,yakni Pasar Bawah.

PASAR BAWAH




Pasar bawah terletak di jalan Senapelan,tak jauh dari Sungai Siak dan Pelabuhan. Di pasar ini akan banyak kita temui barang-barang yang layak menjadi oleh-oleh dari Pekanbaru. Terlalu banyak barang sehingga saya akan membuat beberapa klasifikasinya ya
Pasar wisata Pasar Bawah


1. Makanan
 

Oleh-oleh berbentuk makanan adalah bentuk oleh-oleh mendasar yang paling banyak dicari. Di pasar bawah tersedia Lempuk Durian berbagai ukuran,kripik-kripik buah,cemilan sampai snack import pun bisa ditemukan disini. Untuk cemilan pembeli bisa icip-icip dulu lho sebelum membeli,jadi tahu mana yang cocok buat dijadikan oleh-oleh(jangan banyak-banyak yak)

2. Pakaian
 
Pakaian adalah pilihan lain untuk oleh-oleh,banyak dicari karena sifatnya yang tahan lama. Aneka kaos dengan gambar-gambar ikon Riau,kalimat khas Riau tersedia disini. Selain kaos,tersedia juga bahan kain untuk membuat baju melayu,yakni kain songket. Kain-kain dikemas dalam plastik yang cukup dijadikan 1 stel pakaian.
Harga
kain motif biasa 60 rb
kain songket 125

3. Barang pecah belah dan perabotan
 
Barang pecah belah juga menjadi favorite apalagi buat ibu-ibu. Mulai dari piring,gelas,teko-teko cantik sampai guci segede gaban ada disini. Tak hanya itu,aneka karpet dan gorden tersedia juga disini. Sehingga menjelang lebaran pasar bawah akan rame buanget.

4. Aksesoris
 
Buat yang ga mau repot beli makanan dan pengen ngasih oleh-oleh dalam jumlah banyak,aksesoris adalah pilihan yang tepat. ada berbagai macam bros cantik,gantungan kunci,hingga tempelan kulkas.
beli grosiran lebih murah kaak...
 
(Selain sebagai oleh-oleh,aksesoris ini juga bisa dijadikan souvenir nikahan,ada banyak barang seperti kipas,tempat tissue dan lain sebagainya)
Selain 4 hal diatas ada juga tas-tas branded,sepatu,baju-baju yang lagi trend yang dijual di pasar bawah. jadi buat ngelihat apa yang lagi trend Di Pekanbaru bisa melipir ke Pasar Bawah.

Selain Pasar Bawah,ada beberapa oleh-oleh yang juga dicari para wisatawan,yaitu :

1. Risoles Verina
Booth Risoles Verina di pasar bawah
Risoles? iya bener Risoles yang satu ini bakalan jadi rebutan kalau kamu bawa buat oleh-oleh. Karena Risoles ini beda dari yang lain. Isiannya lembuuut banget,rasanya bikin kamu melayang. Risoles Verina memiliki outlet sendiri di Jl Sudirman dan outlet mini di beberapa pusat perbelanjaan.
Bisa dibeli satuan atau jumlah banyak. Dikemas dalam kotak plastik/ kotak karton

2. Bolu Kemojo 
 
Bolu kemojo adalah penganan tradisional khas Riau. Untuk bolu kemojo yang lumayan banyak antriannya bisa dibeli di Bolu Kemojo mimi. ukurannya memang kecil tapi rasanya yang lembut bikin lumer dilidah. Manisnya cukup,kalau kurang manis bisa lihat wajah saya (eaaa)
Dijual dalam kemasan kotak berisikan 10 buah bolu kemojo mini

3.Lopek Bugi 
Pertama kali saya mengetahui kalau lopek bugi menjadi oleh-oleh adalah waktu trip ke PLTA koto Panjang. lokasi penjual Lopek Bugi ini agak jauh,di Kampar tepatnya di Danau Bingkuang,tapi tenang saja beberapa penjual lopek bugi sudah ada di Pekanbaru kok. salah satunya di jalan arifin ahmad
.
Lopek bugi ini,apa ya? kalau bahaas Indonesianya kue lepat ketan.Terlihat biasa saja pada awalnya,tapi setelah dicicipi rasanya gurih manis legit gitu. 
Dijual dalam kemasan plastik berisikan 10 buah lopek bugi

Nah,itulah beberapa pilihan yang bisa dijadikan oleh-oleh Di Pekanbaru. Buat teman-teman yang ingin berkunjung Ke Pekanbaru,jangan lupa kabari saya. Insyaallah akan saya bantu makan  maksudnya berbelanja.



Comments

  1. Eh ada durian lagi disini, banyak bgt ya makanan dari durian. Saya mau risoles aja, karena bisa melayang hehe ada yg isi keju ga? Sedap. Hmm, tapi bolu sepertinya enak juga tuh :)
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumatera durennya banyak.. rasanya musim mulu tiap bulan hahaha

      ayoo sinii

      Delete
  2. Hahaa... Ngakak baca yang bantu makan itu aku, Mba.

    Lopek bugi itu seperti apa yah kira2?

    ReplyDelete
  3. aku mau barang pecah belah aja deh mut :D

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. perempuan yeee... ya mangkok,piring cantik yaaah hahah

      Delete
  4. Lopek Bugi, namanya unik. saya mau yang itu kalau ke Pekan baru :)
    kalau durian di Medan juga banyak :)

    @Penovediah

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iyaah.. bahasa ocu..
      iyaah klo di medan kayak tiap hari musim durennya yaak

      Delete
  5. itu risolesnya apa bedanya dari yang lain?
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. isiannya enak mba... walau dibesokkin tanpa masuk kulkas masih tetap bs dimakan.. tersedia yg frozen juga

      Delete
  6. Biasanya kalau bepergian emang nggak afdhol kalau nggak beli cindera mata, entah itu gantungan kunci, jepit rambut dan pernak-pernik lainnya. Buat kenang-kenangan..

    ReplyDelete
  7. Temenku dari Riau kemaren bawa bolu kemojo. Enak

    ReplyDelete
  8. Di pekan baru, aksesorisnya bagus2 ya mbak. 2005 aku pernah ke sana dan pengen borong, tp apa daya budget trbatas.

    @ririekayan

    ReplyDelete
  9. Aku baru cicipin bolu kemojo, dibawain sama temen dari Pekanbaru langsung :)

    ReplyDelete
  10. Mbak mutia bisa dong kasih nmr telp yg jual kain songket, soalnya saya perlu kain yg serupa dengan yg saya beli 3 bln lalu, dan saya perlu dua lagi bisa bagi salah satu nama tolo dan alamatnya ya mbak

    ReplyDelete
  11. kak izin repost ya buat tugas,orang Riau juga :)

    ReplyDelete
  12. Kalo transport ke lokasi naik apa ya mbak? Lagi di Pekanbaru soalnya

    ReplyDelete
  13. Kalo kita liat baik-baik aksesoris yang di pasar bawah itu bisa ditemukan di Tanah Abang Jakarta. Begitu juga dengan kain-kainnya. Jika itu kain tekstil maka itu bukan kerajinan khas Pekanbaru/Riau. Tapi ada juga pengrajin kain songket yang asli di daerah Rumbai Pekanbaru atau di sekitar sungai Siak. Itu dikerjakan dengan dengan alat pemintal yang tradisional. Itu benar-benar asli dari Riau

    ReplyDelete

Post a Comment