Post Top Ad

Obat tradisional untuk kaki terkilir

Weekend kemarin,(5-6 Maret)sebenarnya adalah hari bahagia buat saya,karena saya mengikuti Kenduri Puisi di Pelalawan,mengunjungi Bono dan menyusuri Pantai Ogis. (Cerita Kenduri puisi akan saya post setelah post ini)

Pantai Ogis

Jadi,saya ini dari kecil sudah pecicilan,ga bisa diam,grasak-grusuk dan banyak hal lain yang bikin pusing orang lain. Saya ini kayak pesakitan kalau hanya berdiam-diam saja. Jadi ketika menemukan pantai saya lari sana-sini loncat kesana kemari.

Minggu pagi, 6 maret,saya keseleo untuk pertama kali dalam hidup saya. Akibat dari terlalu lasak,ketika saya loncat di tepi pantai ogis,saya lupa kalau saya loncat masih di tepi pantai yang dangkal,loncatlah saya dengan salah pendaratan.Loncat dekat mereka yang berbaju merah

*TAK*

Saya terjatuh,mengaduh kesakitan sekali di kaki. Nyeri sekali rasanya,mau menangis,tapi dasarnya saya ga mau ngerepotin orang-orang,saya memeluk kaki dan merendamnya saja di pantai,pantainya air tawar dan ga begitu panas. Sembari meluruskan kaki dan mengelus perlahan saya duduk aja didalam air hingga waktunya pulang ke penginapan.


Waktu beres-beres kaki saya makin nyeri hingga makin bengkak. Selama perjalanan Pelalawan-Pekanbaru tersiksa sekali. Akhirnya sesampai di pekanbaru,saya dijemput sama "tetangga" yang sudah sering saya repotin. hahaha

Firda,adik saya yang sudah khatam keseleo,dislokasi dan apapun itu namanya langsung mengompres kaki saya dengan metode RICE dan memberi pertolongan pertama lainnya,seperti membalur dengan minyak Sambung nyowo.

Senin pagi,saya menelpon travel ke Perawang untuk menjemput ke kontrakan. sesampainya di Perawang mama membuatkan obat dari bahan di dapur berikut bahannya

Apotek hidup untuk keseleo
Bahan-bahan:

  1. Jahe
  2. Kunyit
  3. Lengkuas
  4. kencur
  5. minyak urut yang ga panas (angso duo misalnya)
Cara membuat
  1.  Kupas semua dan cuci bersih
  2. Semua bahan diparut hingga halus
  3. Perhalus dengan blender
  4. Setelah halus aduk dengan minyak
  5. Obat siap dipakai
Cara penggunaan

1.Balurkan obat ke bagian yang memar,setelah merata balut dengan kain. 

2. Balutnya longgar saja. Diamkan sambil dibawa istirahat.

3.lama kelamaan akan ada efek panas,tunggu hingga kering.Ulangi sampai merasa enak.
saya bawa tidur aja biar ga kerasa lama.

Efeknya lumayan,saya bawa ke dokter dikasih obat anti nyeri,dibawa ke tukang urut langganan diberi urut yang lumayan oke,dibalut obat rumahan ini makin joss..

Saat tulisan ini dibuat,selasa siang saya sudah bisa jalan tanpa bantuan dinding dan orang.


enak rasanya terkilir kan? hahahaha

16 comments:

  1. iyaaah, dulu dikampung aku.. obat terkilir pakai bahan-bahan tersebut.. mungkin karena ada jahe nya ya?? jadi ada seikit hagat..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao di kampung rasanya,.bahan2 kayak gini ada aja khasiantya yaah

      Delete
  2. Ya ampun, bengkak sekali pasti itu awalnya ya Mak.. Berguna banget nih mak postingannya, jd tau kl terkilir mesti gmn.. Makasi sharingnya ya Maaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkak banget..sampai ngesot2 sepulang perjalanan itu...
      iyaaah

      Delete
  3. udah sembuh belum Mak? Itu di foto kayaknya masih bengkak ya mak? jahe-kencur emang wajib sedia, buat flu juga pake ini aku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayanlah udah bisa jalanlah
      Masih bengkak sihh..hehe

      Delete
  4. Orang jaman dulu emang pinter ya bikin obat tradisional, kalau saya paling cepet lari ke dokter :))

    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah..bekal juga nanti kalau udh nikah kali yaa. Jadi ortu kan pinter punya obat2 sederhana kayam gini

      Delete
  5. Pernah keseleo, di urut aja terus sembuh. Keseleo gak enak, Sakit!
    Semoga gak ngalami lagi.
    btw, bagus infonya! :)

    ReplyDelete
  6. Ramuan tradisional sebagai warisan nenek moyang kita haruslah dijaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. karena yg tradisional ini bahannya gmapang susah ditemukan

      Delete
  7. kalo saya pernah bikin utk suami yang tangannya bengkak pake beras kencur. kencur dan beras diulek sampai halus, lalu dibalurin

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram