Eksplorasi Tumbuh Kembang Si Kecil Yuk


Menjadi seorang orang tua adalah sebuah tahap lain dalam kehidupan. Saya percaya untuk menjadi seorang orang tua tidak bisa tanpa ilmu. Saya melihat sendiri dari kedua orang tua saya. Memiliki 3 anak yang lahir dengan jarak yang berjauhan,memberikan kesempatan bagi mereka untuk terus belajar dan belajar menambah  ilmu cara mendidik anak yang lebih baik.

Sambil ngobrol dengan mereka,memang benar,di tahun pertama saya lahir tentunya banyak trial dan error yang terjadi. Seperti  pada pemberian nutrisi .Kata mama ,saya yang sudah diberi makanan lunak di umur 4 bulan (terlalu cepat kan?) setelah kelahiran adik-adik saya kemudian cara memberikannya sudah lebih bagus,pengolahannya begitu juga.

Nah,karena zaman sekarang akses informasi sudah lebih mudah ,saya berniat menambah ilmu parenting.  Kebetulan, Dancow menjadikan Kota Pekanbaru sebagai salah satu kota yang dipilih untuk mengadakan Seminar Parenting.

Menghadirkan 4 orang pakar yang ahli di bidangnya yakni
Dra.Ratih Ibrahim ,M.M., M.Psi ,Sari Sunda Bulan ,AMG, DR.dr. Soedjatmiko,SpA(K),M.Si.serta travel Blogger Tesya Sophianti
Mereka ini berbagi pengetahuan agar dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.



Sabtu pagi,demi menambah ilmu saya bangun pagi-pagi sekali supaya ga kesiangan ke acara seminar ini. Pasalnya dari kost menuju hotel membutuhkan waktu 30 menit kalau ngebut. Saya kan mau duduk di depan supaya bisa menyerap ilmu dengan baik. heheheh.


Pagi itu saya langsung registrasi terlebih dahulu sambil lihat-lihat ada hal menarik apa yaah di lokasi? Oh ya,saya ga sendiri lho,saya juga bareng teman-teman Blogger Pekanbaru,jadi rame deeeh..


Untuk mendapatkan tumbuh kembang si kecil yang optimal,ternyata banyak banget yang harus dilakukan lho. Apalagi disaat anak sudah mulai bisa bergerak aktif,umur 1 tahun adalah umur dimana si anak sudah mulai penasaran dengan lingkungan sekitar. Biarkan si anak bereksplorasi dengan lingkungan sekitar tapi tetap dipantau terus.




Agar tumbuh kembang si kecil menjadi optimal,ada 3 aspek yang mesti diperhatikan oleh orang tua,yakni :

1. Kecukupan Nutrisi
Saat si anak sudah siap menambah aneka nutrisi selain asi,inilah saatnya untk memberikan nutrisi seimbang. Berikan si kecil beragam jenis nutrisi yang bisa diperoleh dari sayur,daging serta buah. Sehingga mendukung pematangan daya tahan tubuh,menjadikan pertumbuhan fisik yang baik. Karena bermain butuh tenaga juga yaa

2.Berikan Cinta kasih Ayah & Bunda.
Cinta kasih orang tua yang tercukupi,membuat si anak merasa disayangi. Apalagi apabila orangtua mendampingi tumbuh kembang si kecil secara bersama-sama,menciptakan rasa aman bagi si kecil. 
Terus menambah ikatan batin keluarga juga kan :)

3. Stimulasi
Si kecil sudah mulai bergerak kesana-kemari,tapi yuk arahkan dia untuk tumbuh kembang yang baik. Buat orang tua,umur-umur 1-3 tahun jangan heran kalau rumah bakalan berantakkan kacau balau. Anak umur segitu penasarannya besar banget,semua diamati,semua ingin di pegang,semua ingin ditarik.

Kalau ingin rumah engga berantakkan,orang tua bisa sediakan ruang bermain khusus untuk si kecil bereksplorasi. Dinding,kertas,bidang-bidang yang luas sangat disenangi oleh si kecil,tetap perhatikan apa saja barang yang di pegang demi keamanan. Selain rumah,lingkungan tempat tinggal,tempat umum,taman juga bisa menjadi tempat belajar si kecil. Mengenal tetangga,mengenal alam dan lain sebagainya.




Yaaa.... seperti inilah,zaman saya kecil udah makan sendiri,lari sana-sini,coret rumah udah ga kehitung sudut mana yang kecoret, hehehe.

Pokoknya,selalu dampingi si kecil selama bereksplorasi ya :)



Sekilas Mengenai Dancow Parenting Center




Zaman semakin maju,keterbukaan informasi sudah lebih mudah. Sebagai orang tua yang akan terus belajar bagaimana mendidik anak, Dancow Parenting Center hadir untuk mendampingi orang tua hari ini. Di Dancow Parenting Center,para orang tua bisa mencari informasi pendukung seputar mendidik anak.

Website Dancow Parenting Center
Berbagai topik pilihan mengenai parenting, tersedia untuk menambah pengetahuan orang tua. Selain itu,tersedia live chat yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana tanya jawab. Live chat ini akan dijawab oleh para ahli.

Nah,kapan lagi bisa menambah ilmu pengetahuan seputar parenting kalau bukan sekarang? Yuk tambah ilmu bersama Dancow Parenting Center untuk tumbuh kembang anak yang optimal :)


Comments