#NgobrolinPekanbaru eps 2: Jangan Bingung! Ini Transportasi Menuju Pekanbaru


Halo,#ngobrolinpekanbaru memasuki episode 2 "Gimana cara Ke Pekanbaru?".
Sebagai orang yang lama Di Riau,bisa pergi ke ibukota provinsi sangatlah menyenangkan. Pekanbaru adalah ibukota provinsi Riau,sedangkan saya kalau dari KTP tercatat sebagai warga Kabupaten Siak.
Biasanya,kami warga luar kota Pekanbaru sangat antusias kalau sudah menjelang weekend,itu artinya Halo Pekanbaru! hehehe...

Nah,perihal transportasi menuju Pekanbaru,kebetulan saya sudah beberapa kali pulang-pergi dari beberapa tempat menuju Pekanbaru. Biasanya sih saya memakai kendaraan umum,boleh dong ya saya rincikan disini saya pergi darimana saja menuju Pekanbaru? Supaya teman-teman ga bingung juga kalau mau Ke Pekanbaru gimana.

Kalau punya Kak Lianda Marta,ceritanya disini
BERAGAM CARA UNTUK DATANG KE PEKANBARU

A.Cara ke Pekanbaru AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi)

Perawang- Pekanbaru

Seperti yang sudah saya ceritakan tadi,saya ini tinggal Di Perawang. Perawang adalah suatu kota kecil yang rata-rata,anak mudanya memilih berkuliah Di Pekanbaru,ya ada juga yang punya rezeki berlebih akan kuliah di luar Pekanbaru.

Dari Perawang menuju Pekanbaru dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Disini saya akan menjelaskan menggunakan kendaraan umum ya. Jalurnya semua sama,melalui lintas Perawang-Minas Pekanbaru.

Di Perawang tersedia kendaaran umum bernama mobil superben. Ada satu nama penyedia transportasi ini yang sudah cukup lama berdiri,namanya RTS (Riau Transport) . Sepengalaman saya,saya sudah menggunakan superben ini sejak kecil,masih balita gitu. dari harganya mulai dari 7000 hingga sekarang 25.000. 

Sekarang,untuk menggunakan jasa superben ini,kalau dari Perawang superben ini mangkal di km7,di depan ruko-ruko gitu dia mendirikan lapak. 
Jam berangkatnya sendiri banyak,jadi jangan takut ketinggalan kendaraan
1. 08.00-09.00
2. 12.00-13.00
3. 15.00-17.00

Caranya,tinggal bilang ingin Ke Pekanbaru,beli tiketnya,kemudian simpan di tempat yang aman. Kemudian langsung deh "Cup" (dengan meletakkan tas/bawaan) di bangku yang menurut kamu nyaman.

Sesampainya Di Pekanbaru,penumpang akan diturunkan di Terminal Bandaraya Payung Sekaki,tapi ga memungkinkan juga buat minta turun ke jalan,tapi terbatas rutenya.

Pilihan lainnya,menerabas hutan sawit melalui jalan pintas di PT.Sir,tapi saya kurang bisa menjelaskan,karena jalur PT. Sir ini hanya bisa dilalui dengan motor(mobil kalau ada yang urgent aja)

Ujung Batu( Rokan Hulu)/ Bankinang-Pekanbaru
Pakai travel juga,sepanjang lintas Rohul-Pekanbaru banyak kok superben yang ngetem,tapi penumpangnya ga begitu ramai. 
Superben ini juga menyelipkan rute tambahan,yakni Bangkinang.Karena memang dan pasti akan melewati Bangkinang,jadi sekali nyetir,dua,tiga tempat terlewati

Tarifnya
Ujung Batu-Pekanbaru 50.000-60.000 (negolah bang!)
Bangkinang-Pekanbaru 15.000-30.000 (Tergantung Bangkinangnya dimana)


B. Cara ke Pekanbaru AKAP (Antar Kota Antar Provinsi)

Padang,Bukittinggi (Sumatera Barat)-Pekanbaru

Padang-Pekanbaru dapat ditempuh dengan waktu 8 jam di jalur darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil& Motor) serta kendaraan umum. Untuk kendaraan umum bisa menggunakan travel,penyedia jasanya buanyak banget,tinggal pilih aja. Sepanjang jalan lintas Pekanbaru-Sumbar banyak travel yang ngetem dipinggir jalan,bisa minta antar jemput atau datang ke poolnya.

Armada travelnya paling standar ada Innova,Xenia,Panther. Tapi kadang ada juga mobil agak keren sikit seperti Rush,

Saya sih,ya seperti biasa dong,naik travel. Salah satu penyedianya bernama:


Tarifnya:
Harga Executive Rp 170.000,- satu Mobil 5 penumpang
Harga Ekonomi Rp 130.000,- satu mobil 7 penumpang
Sudah termasuk dapat minum 1 botol,kadang ada snack pula. Saran saya berangkatlah malam
jam 21.00 ,Jadi selama perjalanan hanya tidur dan setibanya di Pekanbaru udah subuh,begitu juga sebaliknya.

Jakarta-Pekanbaru
Bandung -Pekanbaru

Ini simple ajalah ya,saya cuma tahu naik pesawat,huahahaa. Cukup booking tiket pesawat. bebas pilih pesawat apa,jam keberangkatannya juga.
Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Nanti akan mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II 

Tarifnya: 350.000- 1.000.000 (sekali lagi tergantung promo serta kesediaan)

Tasikmalaya-Pekanbaru
Nah,yang ini agak pusing,untuk rute yang ini agak berjuang sedikit. Kalau tidak salah,Di Tasikmalaya tidak ada Bandara. Rute yang kami ambil jadinya sambung-menyambung.
Biasanya mengambil rute :
Tasikmalaya-Jakarta
Tasikmalaya/ Bandung 
Keduanya menggunakan Bus, dan paling sering menggunakan Bus Budiman

POLL BUDIMAN
Jl. Ir.H Juanda No, 31 Kota Tasikmalaya
0265 345772, 5345797

Setelah sampai di Jakarta/Bandung baru dilanjutkan menggunakan pesawat. Ada juga Bus yang memang dari Tasikmalaya-Pekanbaru,tapi lama banget bisa 4 hari 3 malam. Mohon maaf lahir bathin aja ,hahaha

Nah,ya begitulah beberapa transportasi menuju Pekanbaru dari berbagai kota,sudah pernah Ke Pekanbaru diluar rute yang ditulis disini? Yuk cerita di kolom komentar ya ..


Comments

  1. Mutt ceritanya antar provinsi dan kota yaaa .. yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mell...
      kalau kak lia kan jalurnya
      aku daerahnya hehehe

      Delete
  2. Kasih foto dong soal kota Perawang.
    Itu gimana, sekecil apa? Apa cuma ada 2 rumah *hehe..

    :)

    *asmari

    ReplyDelete
  3. Muuut, nanti kalau kamu nikah, grup 4 diundang semua ya ke Pekanbaru. Terus akomodasinya ditanggung. Oke oke? *ditabokin* >.<

    ReplyDelete
  4. Baru 2 kali doang pernah ke Pekanbaru, tapi waktu itu diantar jemput jadi kurang ngerti soal transportasi kotanya :).

    ReplyDelete

Post a Comment