Post Top Ad

Mengenal Lebih Dekat Komponen Kompor Gas Rinnai


Dapur memang dikenal sebagai wilayah kekuasaan kaum hawa, tempat dimana beragam jenis hidangan menggugah selera nantinya akan dibuat. Isi yang ada di dalamnya juga sangat beragam, mulai dari alat-alat makan, kemudian juga alat memasak, satu yang sangat penting adalah kompor. Sarana yang digunakan untuk menghasilkan api demi kebutuhan memasak. Banyak varian kompor ini sendiri, diantaranya adalah kompor yang masih tradisional yaitu tungku yang mengandalkan bahan bakar berupa kayu, kemudian juga ada kompor minyak tanah, kompor gas hingga kompor listrik. Namun untuk saat ini banyak yang menggunakan kompor gas Rinnai.

Tentunya sudah tak asing lagi mungkin bagi Anda mengenai merek yang satu ini, Rinnai dikenal sebagai salah satu dari beberapa jajaran merek kompor gas terkenal yang ada di Indonesia. satu hal yang menyebabkan banyak diantara masyarakat yang memakai kompor gas, karena memang sekarang ini sudah sangat langkah menemukan minyak tanah, jikapun ada harganya juga sangat mahal. Begitu juga untuk penggunaan kompor atau tungku kayu yang sangat tidak praktis.


Meskipun beberapa orang juga sudah mulai berpindah dengan menggunakan kompor listrik. Jenis yang bisa dipakai dengan sangat mudah, namun harganya tergolong mahal, kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kelas menengah ke bawah. Kompor gas Rinnai termasuk produk yang sangat berkualitas. 

Komponen-komponen yang Ada Pada Kompor Gas Rinnai


Oh ya,perihal kompor gas,pernah ada yang bilang gini sama saya,"Kamu belum keren kalau ga bisa ganti gas sendiri" nah supaya mengerti bagaimana cara mengganti gas,ada baiknya kamu mengenal  juga komponen pada kompor,nah ini yang harus kamu ketahui,yaitu:

1. Bagian spiral dan selang, bagian yang satu ini sebenarnya termasuk yang sangat vital karena menunjang daya hidupnya, selang dan spiral ini berguna untuk mengalirkan gas yang berasal dari tabung kedalam kompor. Penting juga untuk selalu menjaganya, karena bagaimanapun Anda juga tau bahwa jika bagian ini bocor atau mengalami kerusakan, maka bisa menyebabkan gas keluar bahkan menyebabkan ledakan yang berbahaya. Biasanya ada alat lain yang dijual sebagai pelindung bagian tersebut agar tak mudah rusak.

2. Burner, seperti namanya komponen tersebut menjadi bagian yang penting untuk keluarnya api. Bentuknya adalah bulat dengan keberadaan lubang-lubang kecil yang mengelilinginya. 
Burner ini akan menghasilkan api dengan nyala sesuai dengan pengaturan Anda. semakin banyak yang Anda inginkan maka tinggal menambah putarannya saja.

3. Regulator gas, bagian yang satu ini ada pada bagian atas tabung gas, fungsi utamanya adalah untuk mengatur gas yang akan disalurkan menuju ke kompor. Pada bagian ini juga dilengkapi dengan lingkaran seperti pedometer yang digunakan untuk mengetahui seberapa banyak kapasitas gas yang masih ada di dalamnya, jika sudah menunjukkan angka 0 artinya sudah habis dan perlu diganti tabung baru.

4. Tungku penyangga, bagian yang digunakan untuk menyangga alat memasak saat diletakkan di atas kompor.
Penting bagi Anda dalam memilih tungku penyangga dengan bahan yang kuat, sehingga saat digunakan untuk menampung masalah dengan bobot berat juga tak ambruk.

5. Knob, bagian yang satu ini digunakan untuk menyalakan api, dalam bentuk lingkaran biasanya, cara kerjanya adalah dengan ditekan atau diputar. Paling rentan mengalami kerusakan, karena memang sering diputar-putar.

6. Mesin kompor, adalah komponen yang ada di bagian dalam dan dilapisi dengan body kompor, ia bekerja dalam mengatur api yang nyala.

Bagian-bagian tersebut wajib diketahui baik cara penggunaannya maupun fungsinya, terkadang ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan, namun jangan khawatir karena bisa diganti dengan yang baru, pilih produk terbaik berkualitas seperti kompor gas Rinnai.

So,kalau sudah kenal dengan bgaian-bagian dari kompor gas,maka kita lebih mudah dalam mempergunakannya. Tetap berhati-hati ya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

My Instagram