Post Top Ad

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Buat saya, membeli smartphone itu banyak yang perlu dijadikan pertimbangan, biasanya sih bukan asal beli kekinian. Nah, apa aja sih yang kudu diperhatikan sebelum membeli smartphone? Apa pertimbagan utama kita? Tentu nomor satu adalah harga bagi sebagian besar orang. Namun kita tidak bisa hanya menentukan pilhan kita dari sedikit pertimbangan. 

Ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli smartphone. Saking banyaknya, sebagian besar orang sengaja mengabaikan dan fokus hanya pada satu yang paling menurut mereka. Nah, kali ini saya akan jelaskan 5 hal paling perlu dipertimbangkan nih sebelum membeli smartphone. Mulai dari nomor #5 eaaa~

5. Daya tahan baterai

Banyak sekali (ga semua sih) orang yang mengabaikan betapa pentingnya daya tahan baterai di smartphone. Mungkin karena ada powerbank yaa. Tapi apakah kita memang harus selalu membawa bawa kotak besar yang berat hanya untuk cas baterai hp setiap 5 jam kalau bisa sejak awal kita mamilih hp dengan daya tahan baterai yang kuat? Dengan baterai yang cemen, smartphone tidak akan bisa menjalankan fungsi utamanya seperti menelpon, sms, dan chatting. Apalagi buat orang seperti saya yang mobile terus.


4. Ukuran

Banyak orang memilih hp dengan layar super besar supaya lebih “multimedia”. Tapi kenapa beli smartphone? Kenapa tablet diciptakan? Kenapa ada laptop? Itu semua karena masing masing memiliki peranan yang berbeda. Smartphone diciptakan untuk ‘mobile’, yang berarti kita perlu dapat menggunakannya sambil beraktivitas, mudah dibawa kemana mana dan sangat praktis. Poin kedua adalah, pembuat smartphone (orang bule) memiliki tangan yang lebih besar, karena memang pasarnya untuk mereka. Bukan kita, orang Indonesia dengan tinggi rata rata tidak sampai 165 cm.

3. Memori internal

Jangan sampai melewatkan poin satu ini, Kita sering mengandalkan memori eksternal, tapi memori internal yang disediakan untuk install app tidak akan bisa ditambah dikemudian hari, dan anda akan terkurung dan terbatas dalam ukuran app yang bisa anda instal. Jangan sampai anda tidak bisa instal app penting seperti Sepulsa

2. Kualitas Tombol
Masih kurang banyak tombol hp rusak setelah 6 bulan penggunaan? Kalau masih bergaransi, maka masih aman karena bisa anda bawa ke service center terdekat. Tapi itupun tidak selalu di-approve. Carilah review yang baik mengenai kualitas tombol fisik sebuah smartphone sebelum membelinya, dan jangan menyesal dikemudian hari karena emosi tombol smparthone susah digunakan.

1. Harga
Mungkin tidak perlu saya jabarkan lagi, tapi ini tetap menjadi pertimbangan paling utama dalam membeli smartphone. Harga ponsel merk luar yang mahal, mungkin akan memiliki kualitas yang sama dengan produk lokal yang lebih murah. Merk yang kurang terkenal akan memiliki harga jauh lebih murah , dengan kualitas sama ketimbang Samsung atau Sony. Pertimbangkan dengan baik harga sebelum membeli, karena ada banyak alasan dibalik harga yang ditawarkan si merk smartphone, misalnya harga lebih mahal beberapa ratus ribu karena iklan yang sangat gencar, atau brand ambassador yang sangat mahal.

Nah, kalau kalian kira-kira apa yang menjadi pertimbangan membeli smartphone? share disini yak 

2 comments:

  1. 2 tahun g punya smartphone,hilang di pesawat. Akhirnya nekat beli tablet karena pekerjaan,waktu itu beli di Siak. Cari harga yang sesuai budget,dan nggak terlalu mikir memori,apalagi kamera,eh...yang penting bisa buat buka email dan ngeblog hahaha.

    Tipnya boleh juga,semoga tahun ini rezeki beli smartphone

    ReplyDelete
  2. Tips yg sangat bermanfaat, kadang suka bingung kalo milih smartphone. Semoga bsk ga bingung lg kalo mau beli smartphone, he, he, he

    ReplyDelete

Post Top Ad

My Instagram