Post Top Ad

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Anak Kost

Hai teman-teman! Sudah memasuki bulan ketiga saya mencoba menerapkan pola makan yang baik. Mencoba makan tidak berlebihan dan jajan sembarang sih ceritanya. Tapi ternyata cukup berat, tak semudah yang dibayangkan. Apalagi hasrat untuk gigit-gigit makanan itu yang sesungguhnya harus saya lawan. Bukan hasrat lapar, karena sesungguhnya saya ga gitu lapar juga.

Apalagi sebagai anak kost yang budiman, Belanja,masak serta mengatur menu harian disusun sendiri. Ga ada mama yang masak tentunya, Namanya juga anak kost kan? Hahaha. Tapi, walau begitu, masakan yang dimasak juga kudu bergizi serta seimbang.

Tapi itulah, susahnya saya itu di umur segini masih juga seperti anak-anak. Apa itu istilahnya? “picky eater” ya? Saya kalau makan pilih-pilih, terus banyak maunya. Ditambah lagi kurang suka makan sayur pula. Serius, sebelum saya memaksa diri untuk makan yang benar, saya cuma mau makan ayam(itupun harus paha), seafood seperti kepiting,cumi, udang. Ikan dan sayur saya ga makan, ribet banget pokoknyalah.

Tapi setelah saya merasakan hidup di asrama dan sekarang ngekost, akhirnya ya itulah mau ga mau saya harus makan apa yang ada. Sekarang saya sudah makan sayur walau masih milih-milih. Tapi ya ga papa, pada akhirnya saya sendiri yang mencari solusi bagaimana saya bisa makan dengan baik. Karena kalau saya bertahan dengan pola makan yang sebelumnya, ternyata ga cukup buat memenuhi asupan gizi.

Terus kemarin saya baca-baca, ada cara terbaru untuk untuk menakar porsi makan dengan Menu Piring Gizi Seimbang, Apaan tuh?

Kalau saya baca di web So good, Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan. Adapun yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :

1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Salah satu jenis bahan makanan yang dianjurkan untuk pemenuhan gizi seimbang adalah bahan makanan yang disebut dengan lauk pauk. Bahan makanan ini memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Bisa didapat dari produk nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dan juga didapat dari produk hewani seperti telur, keju, daging, ikan. 

Bisa kelihatan kan kalau saya masih belum memenuhi pola makan dengan gizi seimbang? 

Akhirnya setelah cicip aneka macam sayur dan mencoba aneka resep, ketemu deh beberapa sayur dan cara memasak yang lumayan saya sukai. Seperti dikukus dan disiram saus wijen,kuah kacang (lotek,pecal).

Nah, kali ini saya mau berbagi resep bekal ala anak kost yang tetap bergizi seimbang. Ada Nugget saus Blackpepper serta salad. Yuk intip resepnya !


Nugget Saus Blackpepper

Bahan:

1. 1 Bungkus So Good Chicken Nugget
2. 3 Siung Bawang Merah
3. 2 siung bawang putih
4. 5 Cabe merah
5. 2 sdm saus Blackpepper
6. 1 sdm margarin
7. 4 buah tahu (goreng setengah matang)
Cara membuat:
1. Goreng Tahu dan nugget
2. Sambil menuggu gorengan matang, persiapkan bumbu tumis (Bawang merah,Bawang putih cabe)
3. Tiriskan nugget dan tahu
4. Tumis bawang merah,bawang putih serta cabe merah hingga harum. Tambahkan saus Blackpepper dan sedikit air. Masukkan nugget dan tahu
5. Angkat dan sajikan 
Salad 
1. 2 buah kentang
2 buah wortel
Saus pelengkap 
Cara membuat:
1. Potong kentang dan wortel sesuai selera
2. Rebus sampai empuk
3. Setelah empuk angkat, tiriskan dan rendam sebentar di air es
4. Tiriskan lagi dan sajikan

Menu gizi seimbang ini saya lengkapi denganAlpukat dan infused water. Untuk Nasi saya selingi dengan salad seperti resep diatas. Murah meriah karena bahan-bahannya mudah didapat dan masih cucok dengan budget anak kost. 

Oh ya, saya memilih Nugget So Good karena saya suka banget dengan rasanya serta terasa dagingnya. Praktis tinggal olah dengan resep masakan kesukaan.

Yuk penuhi kebutuhan makan dengan menu Gizi Seimbang.







4 comments:

  1. blackpepper...oh no, kangen Mut.
    Dulu masa-masa di kos gak kenal menu gizi seimbang sih, nasinya sering banyakan dari lauknya.

    ReplyDelete
  2. Wah.. Bahan biasa jadi istimewa nih. Bisa dicoba buat puasa nanti. Praktis soalnya... Anakku juga emang sukanya makan nugget hihi

    ReplyDelete
  3. Resep dan tips yang bermanfaat mbak, bener katanya mbak orin, bisa dijadikan ide" masakan buat ramadhan. Cmiw...

    ReplyDelete
  4. Ini contoh anak kos keceeee. Tetap memperhatikan asupan gizi seimbang. Dulu awak Mut, kerupuk terus andalannya. Sampai dibilang sama tukang warung lama-lama nanti bisa terbang. Isinya kerupuk doang soalnya, hahahhaa

    ReplyDelete

Post Top Ad