Transportasi bagi Disabilitas : Sahabat atau musuh?

Tidak terasa kita sudah memasuki zaman dimana teknologi sangat dekat dengan kegiatan sehari-hari. Segala teknologi kini sudah berbaur dengan segala aktifitas. Bahkan dengan satu kata,satu sentuhan teknologi sudah memberikan apa yang kita inginkan.
Akan tetapi,apakah teknologi sudah menyapa semua kalangan?
Bagaimanakah dengan para disablitas,apakah mereka sudah menyesuaikan diri dengan teknologi atau teknologi yang menyesuaikan disabilitas?
Disabilitas adalah keadaan dimana seseorang….


Saat ini teknologi mulai menyentuh disabilitas. Perlahan tapi pasti banyak barang-barang yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan disabilitas.
Seperti saat saya menonton film intouchable, di film tersebut diceritakan seorang laki-laki yang disabilitas. Kecelakaan olahraga membuat ia disabilitas dan badannya lumpuh. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0xXmTfCpzNcJ4X1_eKxb0kcaNRIuTbvYCchx_OjFWhE2sJePePyaUKUVJtfEfK9mpYhmAwvf5tH2LJ18d52Xz5QaEr0OC5-Ft54_fQlLdZ6mdhzkOWhtfblxTMPejtk2YtIh4_EhVQDzI/s320/kursi+roda.jpg
Tetapi kursi roda yang ia miliki sudah tersentuh teknologi,ada remote yang tersedia di kursi rodanya. Sehingga ia tak perlu repot-repot mendorong rodanya dengan tangan.

Tetapi bagaimana dengan peralatan yang lain? Seperti transportasi?

Transportasi hari ini belum bisa menjadi teman yang baik bagi disabilitas,mereka masih susah untuk menggunaan transportasi umum seperti bus trans yang bahkan bus dan haltenya tidak bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan kursi roda.
Atau bahkan lalu lintas yang semrawut masih belum bisa ramah terhadap mereka yang disabilitas. sehingga kesusaan untuk berjalan di jalanan.

Di Indonesia,memang belum banyak teknologi atau fasilitas yang tersedia untuk disabilitas,tetapi bukan berarti tak ada sih. Seperti yang sudah dimulai di pedestrian kota-kota di Indonesia,jalur tunanetra ini sudah ada di beberapa pedestrian.
diberi warna dan tekstur yang berbeda. agar tunanetra yang semi bisa melihat jalur dan yang total dapat merasakan tekstur jalan dengan tongkat mereka.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMBhVdkwLl3spQGn8lNr8WW7UZl1mOE6iFgCYv7aKOyJUZFnYTaFsOF8G221uNHVgIcKOOVxmSVDPyX391MvOBbAmT2e-TQXaSNLy8dBSQbYYhhp7Gcy-ZyguzPJ7M78Oh2XAM3v9jyOQj/s320/trotoar+tunanetra.jpg

Kedepannya sih,semoga transportasi kita lebih ramah terhadap kawan kita yang disabilitas,baik para pengguna kursi roda seperti bus dan halte yang tidak jauh terpisah jaraknya ,jalur yang aman bagi tunanetra. karena mereka hebat,dengan keterbatasan yang dimiliki  masih memiliki semangat jalan-jalan keluar.








16 komentar

  1. betul ...
    transportasi menjadi momok tersendiri untuk para penyandang disabilitas.

    sulitnya untuk menjangkau sarana transportasi dan sikap manusia normal yg masih sering egois jd masalah tambahan

    BalasHapus
  2. Transfortasi umum semoga kedepannya lebih ramah untuk kawan yg memiliki keterbatasan diri

    BalasHapus
  3. Semoga nanti transportasi lebih ramah ya..dan teknologi2 penunjang juga makin kece

    BalasHapus
  4. yup masih kurang untuk transportasi untuk penyandang cacat , banyak tangga tak ada jalan khusus . Semua harus ramah bagi penyandang disabilitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..sehingga pengguna kursi roda bingung gimana cara lewatnya kalau tidak ada pendamping

      Hapus
  5. semoga saja ke depannya transportasi umum di negeri ini bisa lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin gil... biar semua bisa menggunakan transportasi umum

      Hapus
  6. semoga ya amin
    @guru5seni8
    http://hatidanpikoranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  7. iya itu. lagi-lagi balik ke manusianya ya. kalau udah madani dikasih fasilitas apa saja insya Alloh dipelihara. kalau belum, duh, yang baik aja jadi rusak. kasihan orang yang membutuhkannya.

    @diahdwiarti

    BalasHapus
  8. Semoga kedepannya transportasi accessable bagi siapapun. Kita juga gak mau mereka tergantung dg pertolongan kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget mba...
      kadang merasa ga enak juga klo terus-terusan ngerepotin orang lain kan

      Hapus