Kreatif mengelola sampah rumah tangga ala Alfamart

Kalau mendengar kata sampah pasti yang dipikiran kita adalah kotor, mengganggu, dan bau. Karena itu kita harus memilah sampah tersebut dan menjadikannya sesuatu yang bermanfaat dan tentunya memiliki nilai jual. Seperti kegiatan keren yang saya hadiri dari Alfamart, berlokasi di alfamart Tabek Gadang diadaka Pengelolaan sampah rumah tangga dan kerajinan tangan dari sampah plastik. 

Disini, Alfamart mengajak ibu rumah tangga untuk mengelola sampah yang dihasilkan terutama dari plastik. Dimulai dari penjelasan singkat mengenai proses pemilahan sampah, dari mulai sampah kering dan sampah basah. Bahkan, kalau tertarik, akan diajarkan tahap lanjutannya, yaitu membuat kompos dari sampah basah. 

Untuk pelatihan kali ini, lebih fokus pada pengolahan sampah plastik dan kertas. Jadi dari kardus bekas dan kantong plastik warna-warni, diolah menjadi kerajinan tangan. Para ibu tersebut diberikan pelatihan oleh Teguh P, dari komunitas Pemerhati Lingkungan di Pekanbaru. Beliau menjelaskan, jika jeli melihat peluang, sampah plastik dan kertas dari rumah tangga dapat dimanfaatkan menjadi barang kerajinan yang bernilai ekonomi.

Contohnya bekas botol minuman bisa menjadi barang souvenir. Memanfaatkan sampah rumah tangga menjadikan lingkungan lebih nyaman dan mengurangi volume sampah. Bahkan jika didaur ulang akan menjadi barang yang bernilai ekonomi.
Saya salut dengan Pak Teguh, cara mengajarnya cukup menarik dan Ibu-ibu yang hadir dipelatihan sangat antusias. Pak Tegus memberikan tutorial cukup detail, pembuatan produk dari sampah tersebut.
Untuk vas bunga, pola dibuat menggunakan kardus bekas. Setelah pola terbentuk, mulai digunting dan ditempel menggunakan lem. Untuk tim bunga plastik, kantong plastik warna-warni dilipat lalu digunting kecil-kecil. Setelah itu digabungkan dengan kawat. Ada yang menjadi bunga, dan ada juga yang menjadi daun.

Branch Manager Alfamart, Bambang Eko Budiyanto mengatakan kampanye diet kantong plastik ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar oleh Alfamart. Harapannya, masyarakat bisa peduli dan memelihara lingkungan tempat tinggalnya agar lebih nyaman. Selain itu juga kegiatan ini merupakan upaya Alfamart dalam menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.

Nah, jadi gimana? ayo cek di rumah kawan-kawan. Pasti banyak barang yang bisa di daur ulang sebelum dibuang :)

No comments