Terus Aktif Dan Berkarya Tanpa Takut Anyang-anyangan

Kalau mengalami anyang-anyangan pasti tidak nyaman. Selain nyeri ketika BAK, rasanya ingin ke wc terus karena air yang keluarkan sedikit. Anyang-anyangan ini membuat pekerjaan jadi terganggu, apalagi aktifitas saya yang di luar ruangan. Anyang-anyangan yang saya alami karena kebiasaan menahan pipis dan kurang mengkonsumsi air putih.

Anyang-anyangan atau Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan penyakit yang dapat diderita oleh pria maupun wanita, namun penyakit anyang-anyangan ini lebih banyak di derita oleh wanita karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. 

Penyebab anyang-anyangan juga disebabkan oleh kesalahan dalam membersihkan area kewanitaan, membiarkan area kewanitaan dalam kondisi basah atau lembab, toilet yang kotor, pakaian dalam yang kotor sehingga muncul bakteri E.Coli menempel pada dinding saluran kemih. Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali. Tentunya akan berbahaya terutama untuk ginjal.

Pengalaman saya mengalami anyang-anyangan ketika lagi meliput konser di sebuah lapangan. Ternyata, musisi favorit manggung di daerah saya. Karena tak mau melewatkan momen ini langsung saja saya meluncur untuk meliput konsernya. Akhirnya saya tiba di lokasi konser tersebut. 

Acara dimulai dan saya menikmati dan meliput acara tersebut. Ketika acara berlangsung, tiba-tiba saya ingin buang air kecil (BAK), langsung saya keluar dari barisan penonton, semoga saja disekitar ada wc portable karena lokasinya dilapangan. Setelah mencari ternyata tidak ada, terpaksa saya tahan hingga acara selesai.

Acara konser telah selesai, lalu saya bergegas untuk keluar dan terjebak macet. Akhirnya setelah terbebas dari macet saya ngebut untuk mencari SPBU terdekat untuk buang air kecil. Setelah itu saya mengalami anyang-anyangan,meringis sakit saat buang air kecil, air yang dikeluarkan juga sedikit, lalu ingin ke wc terus. Wah, tentunya tidak nyaman dalam kegiatan sehari-hari.

Kenali Gejala Anyang-anyangan atau ISK (Infeksi Saluran Kemih)
Agar anyang-anyangan tidak terjadi lagi pada diri kita, penting untuk mengenal gejala anyang-anyangan, sebagai berikut:
1. Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
2. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
3. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
4. Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
5. Rasa perih ketika buang air kecil.
6. Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
7. Merasa lelah dan kurang sehat.
8. Demam

Tips Mengatasi Anyang-anyangan
Untuk mengatasi anyang-anyangan agar tidak kembali lagi, ada beberapa tips nih yang bisa kalian ikuti.

1. Minum air putih sesuai kebutuhan
Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda dalam mengkonsumsi air putih. Hal ini dipengaruhi oleh berat badan, aktifitas yang dijalani seseorang. Konsumsi air putih sesuai kebutuhan akan membuat tubuh menjadi segar serta tidak mengalami anyang-anyangan.

2. Jangan biarkan area vital lembab
Ini juga penting setiap kita buang air jangan lupa dibasuh dan lap dengan bersih agar kebersihannya terjaga baik laki-laki dan perempuan agar tidak ada bakteri didalam tubuh.

3. Jangan Menahan Buang Air Kecil
Kebiasaan yang mulai sekarang harus kita hilangkan yaitu menahan buang air kecil. Menahan buang air kecil akan memgakibatkan infeksi saluran kemih, pembengkakan kandung kemih, bahkan bisa menyebabkan masalah pada ginjal.

4. Bawa tisu basah atau tisu untuk alas toilet duduk
Kalau kamu ragu akan kebersihan toilet umum, jangan lupa untuk bawa selalu tisu basah, bisa juga tisu untuk alas toilet duduk. Jadi sebelum kamu buang air kecil bisa dilap dengan tisu basah atau alas dengan tisu untuk toilet duduk.

Solusi Ketika Anyang-anyangan Menyerang

Saat anyang-anyangan menyerang, rasanya sungguh tidak nyaman. Lalu saya menemukan Prive Uri-Cran dari Combiphar. Setelah mencari tahu tentang produk ini ternyata Cranberry memiliki banyak khasiat dan vitamin. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Cranberry memiliki warna merah tua.

Kerennya buah cranberry ini, mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan mengandung Extract Cranberry yang diclaim kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah bakteri e-coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama air kemih. 

Ada dua jenis Prive Uricran yaitu kapsul perbox isinya 30 kapsul dengan komposisi 250 mg Ekstrak Cranberry, dosis 1-2 kapsul/hari dan Prive Uricran Plus dengan komposisi 375mg ekstrak cranberry, 60 mg Vit C, 0,1 mg Lactobacillus achidopillus, 0,1 mg Abifidobacterium bifidum dengan kemasan powder sachet dengan isi box 15 sachet/box dengan dosis 1-2 sachet/hari. 

Kemasannya yang praktis, memudahkan untuk membawa Prive Uricran kemana saja. Untuk Prive Uricran Plus, campur dengan air, langsung larut dan siap diminum. Rasanya juga segar dan manis jadi solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan. Kalian bisa pilih mau mengkonsumsi yang kapsul atau sachet.

7 comments

  1. Wah, beneran sih ya.. kalo udah kambuh sakit rasa mau buang air kecil tapi kenyataannya enggak. Apalagi lagi di area publik yg ga tahu dimana lokasi wc nya ga enak bgt.. Kayaknya produknya bakal bantu nih biar ga kejadian

    ReplyDelete
  2. saya baru tau loh kalau Anyang-anyangan itu adalah infeksi Saluran Kemih (ISK). Bahaya juga dampaknya kalau nahan nahan

    ReplyDelete
  3. Pernah beberapa kali kena anyang-anyangan, ga enak banget hiks.. dan pas lagi ga nyetok uricran hu hu hu hu...

    ReplyDelete
  4. Ya ampun baru tau istilah anyang2an dari blog muthe. Informative sekali. Terimakasih ya muthe udah sharing ke kita.

    ReplyDelete
  5. Wah sama nih, aku udah nyobain produk ini juga, lumayan ampuh mengatasi anyang2an yaa

    ReplyDelete
  6. Oalah. Terjawab sudah smua pertanyaankum sering ga pduli sih kdg2.

    ReplyDelete
  7. Iya, kalo lagi anyang-anyangan mau ngapa-ngapain aja gak enak. huhu. Nyebelin sih menurut aku huuuuah

    ReplyDelete