Bahagia Bersama Air Asia dan Doa Orang Tua Yang Selalu Menyertai

Hai kawan-kawan, saya jadi ingin bercerita deh hari ini, masih tak bisa lepas kebahagiaan di akhir bulan Oktober lalu. Dimana hari itu menjadi hari pertama bagi saya keluar negeri, buat yang belum tahu, kemarin itu saya diundang untuk mengetahui bagaimana fasilitas kesehatan di Malaysia.

Nah, trip kali ini seperti jawaban dari doa orang tua yang selalu menyertai, pasalnya ketika saya tidak jadi ke Malaysia pada bulan September lalu, ada satu momen dimana mama saya ngomong tuh di ruang inap “Kakak jangan pergi ya, disini aja bantuin mama jaga papa. Nanti besok-besok kan bisa ke Malaysianya, oke ya kakak sholehah baik budi?”. Mama waktu itu membujuk saya agar tidak ngotot untuk berangkat ke Malaysia. Walau saat itu saya tak bisa membendung air mata ketika teman-teman update di sosmed keseruan tripnya.

Tapi memang, saya masih percaya “restu orang tua adalah salah satu faktor kemudahan jalan hidup”. Tidak jadi pergi di bulan September, tapi Allah dan semesta tetap mau saya pergi ke Malaysia, bulan Oktober- November hehehe.

Pengalaman Pertama Kali Ke Luar Negeri
Perjalanan Pekanbaru- Malaysia kali ini sungguh bikin saya grogi, karena kebanyakkan kerja, jarang libur dan bepergian, saya jadi canggung rasanya. Baru mau mulai perjalanan saja, sudah ada kelakuan yang bikin mama papa merepet haha(karena kami tak serumah, laporannya di whatsapp). Saya packing H-10 jam perjalanan, sampai bandara ada firda yang dadah-dadah melepas kepergian saya. Eh, tau ga gaes, saya main naik aja ke lantai 2 tanpa mengurus bagasi. Ransel saja sudah 5 kg, koper sudah 8 kg terus anda pede sekali mutia petantang-petenteng gitu, hahaa.

Dalam penerbangan kali ini, kami menggunakan AirAsia. Salah satu Lowcost Air line yang paling populer. Ternyata saya baru tahu kalau sistem check-in air asia itu ada 2, penumpang reguler paket hemat serta premium flex, tentunya bagi penumpang premium flex fasilitasnya lebih mantab ya? Setelah beres untuk drop bagasi dan selesai melewati proses imigrasi, saya pun langsung menunggu di ruang tunggu penerbangan internasional. Saat masuk ke pesawat pun teratur, dimulai dari kode tertentu, sehingga tidak terjadi antrian yang asal-asalan.
Sepanjang perjalanan 45 menit ini, saya tak berhenti mengucap syukur “Ini dia jawaban dari rasa sabar dan doa ortu untuk anaknya”. Pasalnya, sudah menjadi kesepakatan juga antara saya dan orang tua. Bila sudah menyelesaikan kuliah saya diizinkan ngapain aja selama hal itu baik. Seperti travelling, kerja yang jauh ataupun nikah (kalau ada yang ngajak) eaaaak! 

Selama perjalanan saya ga bisa tidur, hanya menatap ke jendela saja sembari membaca majalah dan katalog yang tersedia. Baru saya tahu banyak program baru dari Air Asia, seperti mereka baru saja meluncurkan Santan Combo Meal, sebuah varian menu yang terbuat dari santan dan mengangkat menu di asia. Mau mencoba tapi saya bingung dan ragu jadi saya urungkan dan mungkin nanti dicoba saat pulang saja.

Trip di Malaysia
Tepat jam 11 waktu malaysia kami pun tiba tapi karena undangan khusus, kami tidak melewati imigrasi yang antriannya panjang sekali itu. Dijemput langsung dan melewati imigrasi khusus. Saat mengambil bagasi pun tak perlu menunggu waktu yang lama ternyata.
Selama mengikuti rangkaian kegiatan di Malaysia 4 hari, kegiatan kami cukup padat, Mulai dari Launching program hingga kunjungan ke rumah sakit andalan di beberapa daerah di Malaysia, Seperti Melaka dan Johor Bahru.
Nah perjalanan ke Johor Bahru ini membutuhkan waktu hampir 5 jam perjalanan, untuk itu kegiatan dipecah ke Melaka dulu baru Johor Bahru keesokan harinya menggunakan bus. Di Melaka saya sempat berjalan-jalan dengan teman yang saya kenal #garagarainstagram. Ale namanya, kami kenal saat meet-up instagramers tahun 2014 dulu, dia dari Dumai tapi kuliah dan bekerja di Melaka. Saya diajak jalan-jalan menikmati malam di Melaka, Nangis ga sih bagus banget Melaka ini.
Kegiatan berakhir di Johor Baru, ditutup dengan jalan-jalan ke beberapa spot di Johor Bahru dan berbelanja di Johor Premium Outlet. Andai saya tahu mantabnya berbelanja di Johor Premium Outlet, mungkin saya akan bawa uang lebih, haha! Pasalnya ada tas dan sepatu idaman saya disana. Setelah puas berbelanja,semua peserta dipulangkan melalui Johor Bahru transit di Kuala lumpur dan dilanjutkan ke kota masing-masing. Semua peserta tentunya menggunakan Air asia. Bagaimana dengan kami, peserta dari Pekanbaru? Ternyata kami sama-sama extend di Kuala Lumpur. Sehingga ada waktu untuk berjalan-jalan di Malaysia. Jadi merasakan juga penerbangan dalam negeri di Malaysia.

AirAsia mengajarkan kemandirian pada penumpangnya
Nah, saya cukup surprise nih, pasalnya ketika penerbangan Pekanbaru- Malaysia masih ada petugas yang membantu saat check-in dan menyetor bagasi, maka di Malaysia ga begitu ada.

Ada sih petugasnya,tapi semua proses dilakukan lebih mandiri. Petugas tetap ada tapi lebih kepada memberi informasi saja. Selain itu dikerjakan sendiri oleh penumpang, saya pun mempelajari tata caranya perlahan dengan memperhatikan apa yang dilakukan teman saya. Pasalnya nanti saya pulang sendirian,hehe. Ternyata caranya tetap mudah dimengerti dan tidak sesulit yang dibayangkan kok.
Bandara international Senai Johor Bahru

Perjalanan yang melatih diri saya

Sesampainya di Kuala lumpur saya memisahkan diri dari teman-teman, karena saya ingin membuat trip hadiah bagi diri sendiri gitu. Saya ga mau ditemani siapa-siapa, ingin eksplore malaysia dengan cara saya sendiri tanpa harus berkompromi dengan teman jalan lainnya. Betul-betul ingin menjadi diri sendirilah pokoknya. Bahkan untuk penginapan pun sudah saya atur sedemikian rupa sesuai selera saya beserta rute perjalanan selama 2 hari. Pokoknya perjalanan ala saya yang sekenanya dan walau udah diatur tapi tak teratur itu. Hahaha.
Menginap di Hotel Kapsul dekat china town, ke ikea, ke muzium negara, ke pavillion seperti wisatawan-wisatawan pada umumnya hingga mengunjungi menara kembar yang heitz itu. Hanya mengandalkan google maps dan tanya-tanya sebelum pergi kepada teman.
Kelakuan random saya tak berhenti saat keberangkatan, ketika kepulangan ke Pekanbaru pun ada saja kelakuan. Saya pergi ke bandara 2 jam sebelum penerbangan, bukan 2 jam sebelum penerbangan sudah di bandara. Hasilnya? tergopoh-gopoh saat check in dan proses imigrasi. untung saja saya sudah mengingat secara detail prosesnya, sehingga tidak canggung. kalau tidak ingat? alamatlah kapal! demi rasa penasaran, saya ga makan agar bisa mencicipi Menu Santan, eee rupanya harus pesan dulu.
Tapi tak mengapa, saya  tetap memesan tapi berupa mie cup. Saya ga mau pulang dengan rasa penasaran, jadi aja mie cup dengan rasa masakan asia itu menemani perjalanan pulang ini

5 Alasan Terbang Bahagia Bersama Air Asia
Sebagai penutup cerita saya kali ini, saya ingin memberikan 5 alasan terbang bahagia bersama air asia, supaya teman-teman juga merasakan pengalaman terbang yang oke.


Ssst, saat tulisan ini ditulis, saya baru saja membeli tiket air asia seharga 226.000 ke kuala lumpur tahun depan (seharusnya 188.000 saja, tapi saya penasaran ingin mencicipi menu santan, maka saya menambahkan lagi pembelian Nasi Lemak Pak Nasser). Tak sabar rasanya untuk terbang bahagia bersama AirAsia tahun depan !

Tiketnya masih promo gaes sampai tanggal 1 Desember, periode terbang 27 April 2020- 1 Maret 2021. So, silahkan pesan ya.

66 comments

  1. “Restu orang tua adalah salah satu faktor kemudahan jalan hidup”. Couldnt agree more! SETUJU mut!

    Huhu! Promo Air asia selalu menggoda. Minggu lalu dapet alert terbang ke Spain cuma 200USD ajaaa huhu! Tapi yaa gimana.. untuk long flight, aku pribadi masih kurang nyaman klo pakai air asia. Even premium flexy nya.

    Yep. Ada harga ada rupa sih. Tagline air asia emang bener bener diwujudin. Bikin semua orang bisa terbang. NOW EVERYONE CAN FLY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betuuulll
      Setuju banget dgn komentar ini.
      MasyaAllah TabarokAllah...
      aku pun juga suenenggg pake AirAsia

      Delete
    2. jadi ingin pula ikut kak mutia jalan2 kemana gituuuu

      Delete
  2. Pasti sangat menyenangkan juga kan perjalanan pertama keluar negeri, aku aja belum pernah, ikutan seru bacanya, apalagi dapat undangan khusus mempermudah saat memasuki Malaysia.

    ReplyDelete
  3. Seru ya, Mba Mutia. Jalan2 dengan ridha orangtua tuh memang berkesan banget ya. Sendainya kit abersikeras melawan keinginan ortu, bisa jadi jalan2nya ga nikmat. Skrg ke malysia dah jalan2 dpt fee pula ya. 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, saya tu sampai bolak balik mikirin ini, ternyata kalau rezeki ga kemana

      Delete
  4. Seru juga ya mbak akhirnya solo trip setelah bareng-bareng teman dan memisahkan diri. Allhamdulillah dapeyt tiket promo untuk tahun depan ya mbak, aku kelwat nih malah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba, tiker promo air asia ini sering banget lhoo, mari kejar lagi

      Delete
  5. Nasi Lemak Pak Nasser memang enak hehehe. Saya jadi kangen juga ke Malaysia. Naik AirAsia juga memuaskan service-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi ga sabar untuk mencicipinya deh, penasaran gela

      Delete
    2. Jalam-jalan lagi deh ditemenin AirAsia. Mumpung promonya juga masih ada. Memang asik terbang sma amaskapai ini :D

      Delete
  6. Ya Allah SWT, seru banget mb acaranya tapi itulah nikamtnya atas izin orobg tua jadi acara jadi happy dan lapang jalanin aktivitas 🤗

    ReplyDelete
  7. Perjalanannya menyenangkan mba jd pgn eksplor Malaysia jg nh, btw restu orang tua memang segalanya ya mba bikin perjalanan lancar :)

    ReplyDelete
  8. Berani banget mbak jalan2 sendiri di negeri orang. Alhamdulillah ya, tetap ada kesempatan ke malaysia dan hati ortu tetap tenang

    ReplyDelete
  9. Asiknya MutMut jalan-jalan ke Malaysia. Aku belum pernah, tapi pengen juga. Hehe.

    Salut deh Mut, walo udah gede, udah tamat kuliah, tapi tetap memprioritaskan restu ortu. Terbukti emang lebih nyaman yaaa kalo udah mengantongi izin & restu :))

    ReplyDelete
  10. AKhirnya ya meski tidak jadi berangkat bulan Septemer akhirnya berangkat juga di bulan Okt - Nop. Aku belum pernah ke Malaysia, pengin sih liburan ke sana, naik AA pasti nyaman ya mbak. Tapi yang pasti aku nggak bisa traveling sendiri, takuuut, meski sudah ada google map :D

    ReplyDelete
  11. mut, super bangga..
    semoga ini jadi jalan untuk trip ke luar negeri berikutnya yaa..
    Semangat terus mut menebar keceriaan dan kebaikan ke orang sekeliling kamu :D

    ReplyDelete
  12. duh, aku kok telat mulu ya pas berebutan tiket promo air asia... kalah cepat terus

    ReplyDelete
  13. Dapat undangan khusus dan bisa terbang ke luar negeri, asyiknya doble ya mbak, apalagi bisa bertemu teman baru, 😊😍 (Ani)

    ReplyDelete
  14. Aku bisa jalan2 juga after sekolah, duit gak minta ortu. Dulu kayanya merasa bersalah banget kalau haha hihi pakai duit orangtua yang banting tulang. Yuk lah siap2 berburu promonya

    ReplyDelete
  15. Waaah..1 Desember? Telat deh bacanya..hiks.. Yo wis, nunggu promo berikutnya saja lah..

    ReplyDelete
  16. Kumau mengaminkan ini:

    Bila sudah menyelesaikan kuliah saya diizinkan ngapain aja selama hal itu baik. Seperti travelling, kerja yang jauh ataupun nikah ....


    Terutama yg terakhir; NIKSH 🏄🏄🏄

    ReplyDelete
  17. Iya, daku liat di story mutmut pas ke Malaysia. Liat jepretannya bikin wow rasanya. Berasa jalan bareng.

    ReplyDelete
  18. Setuju banget!! Restu orang tua yang paling utama dalam setiap langkah kita..

    ReplyDelete
  19. Mpo pernah menghadiri launching buku CEO air asia , baik banget Tony Fernandes bagi bagi tiket ke negri impian

    ReplyDelete
  20. Wah..telat bacanya nih, ternyata ada promo di tanggal 1 Desember kemarin ya. Lumayan juga bisa menghemat ongkos kalau bisa dapat promo.

    ReplyDelete
  21. Keren banget mbak. Dan aku salutnya meminta restu orang tua itu mh harus yah mbak. Btw aku belum pernah ke malaysia duh jadi pengen berswafoto di menara kembar

    ReplyDelete
  22. Harga 226 itu ke kuala lumpur dari mana mba? Dari jakarta kah? Aku cek kok mahal ya klo dr jakarta haha

    ReplyDelete
  23. Subhanallah berkat restu Ibu ya mbak bisa mendapatkan kesempatan emas pergi ke Malaysia. Benar2 pengalaman berharga. Apalagi berkesempatan naik pesawat airasia. Saya belum pernah merasakan naik AirAsia. Jadi pengen nyoba maskapai ini. Biasanya sering memberikan diskon untuk hari2 tertentu seperti liburan atau hari besar keagamaan. TFS mbak.

    ReplyDelete
  24. Wow keren mbaknya bisa solo trip gitu di malaysia dan foto di tempat yg keren2 pula saya jadi terinpirasi buat solo trip kayak mba juga apalagi air asia bisa mewujudkan keinginan kita terbang dengan cost yang bersahabat :)

    ReplyDelete
  25. Saya belum pernah ke Luar Negeri Mbak, pengen juga deh suatu hari bisa menginjakkan kaki di LN , minimal di negara tetangga seperti Malaysia ini dan pastinya lebih seru ya melakukan penerbangan dengan pesawat yang punya banyak keunggulan seperti AirAsia ini, apalagi banyak promonya pula.

    ReplyDelete
  26. Air Asia maskapai segala umaat hihihi. Promo nya banyak, pelayanannya juga oke kok, berkali kali naik air asia gak bikin kapok. Tapi tetep ya bun kalau kemana-mana restu sang ayah dan ibu yang paling utama hehehe

    ReplyDelete
  27. Waahh masihi promo nih yaa? pengen jalan2 sekejap nih ke seberang sana naik Air Asia.

    ReplyDelete
  28. Iya seru banget mbak naik Air Asia, saya dapat tiket murah juga cuma 188 ribu hehe. Udah lama pengen ke kuala lumpur bareng keluarga.

    ReplyDelete
  29. Senang ya mbak bisa menyenangkan orang tua. Aku juga pengen jalan sama orang tua pergi menjelajah dengan Air Asia dan sekarang ada banyak diskon pula ya mbak.

    ReplyDelete
  30. waaaahh keren mut, aku trip ke thailand juga naik Air Asia. duh kepengan jalan-jalan lagi niiiihh

    ReplyDelete
  31. wihhh jadi ada gambaran untuk ke kl nih, kebetulan belom pernah dan pengen banget ke sanaaa! Thanks for info kak, doakan saya ikut menyusul berlibur ke sana ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama. mungkin sama seperti cerita di atas, akan ada wkatu yg tepatnuntuk kita tahu kondisi negara tetangga. juga atas restu orang tua yak

      Delete
  32. Keren kak! Air Asia emang terbaik, murah, ontime

    ReplyDelete
  33. Dari dulu langgananku air asia. Selain murah pelayanannya juga bagus 😄

    ReplyDelete
  34. saya belum pernah nih naik air asia, mudah-mudahan suatu saat nanti diberi ksempatan untuk naik ini, amiiin

    ReplyDelete
  35. Kereen, apalagi ke luar negrinya sebagai undangan blogger. aku juga belum pernah ke luar negri mbak...

    ReplyDelete
  36. Yang kusuka dari Air Asia adalah: bisa jajan kaya di warung dekat rumah 🤣

    ReplyDelete
  37. Seru ya bisa liat faskes di Malaysia yg kualitasnya gak kalah dari Singapura. Aku belum pecah telor nih kak jalan2 ke LN semoga bs terwujud start tahun depan

    ReplyDelete
  38. Masha Allah, selamat ya kalau saya ga berani jalan sendiri kayanya di negeri orang takut nyasar ga cepat hafal jalanan :p

    ReplyDelete
  39. Hehe seru y. Selalu ada waktu yg tepat untuk naik pesawat. Berarti saya kapan ya? Pengen banget bs dapat tiket promo dan plesir naik pesawat. Eh ternyata nasi lemak santannya itu beli ya? Saya kira gratis. Hehe

    ReplyDelete
  40. Eh iyaaa,aku kemarin jalan2 dapat tiket gila murah kali mut. Sumpahlaah mesti pergi lagi tahun depan

    ReplyDelete
  41. Hiyaaa, telat baca ini.
    Promo AirAsia itu emang menggiurkan banget ya. Dan kalau udah ngerasain dapat tiket promo udh kayak candu kelihatannya, bakalan ubek2 dan nunggu promo, walau sampai malam juga ditungguin demi dapat promo.

    Menu Santannya buat penasaran ya, biar ada alasan lagi lah ya tuk bisa terbang, hihihih.

    Restu orangtua emang gak ada tandingannya lah, apalagi Ibu.

    ReplyDelete
  42. Bahagianya double - double ya,Mbak. Naik Air Asia yang menyenangkan dan jalan - jalan ke luar negeri yang mengesankan

    ReplyDelete
  43. sepertinya saya baru 4 kali menggunakan AirAsia
    dan pelayannnya super ramah ya kak. hohoho

    jadi kangen jalan2 ke Singapore bareng Airasia hehehe


    -PS-
    Peluk dari jauh
    lilpjourney(dot)com

    ReplyDelete
  44. Kami sudah 4x naik AIRASIA, sejauh ini puas ma pelayanannya. tapi kemarin rutenya Medan-Palembang. Net.. mudah-mudahan nyicipin jalur ke luar negerinya.

    ReplyDelete
  45. Pengalaman yang sangat menarik nih kak. Aku juga pengen ke sana. Tapi nanti deh kalau udah sehat.

    ReplyDelete
  46. Enak bgt dapat undangan dr maskapai penerbangan internasional. Kalo sy sih, scra phobia terbang, jd agak rada2 takut klo kmna2 naik pesawat hehehe

    ReplyDelete
  47. Kalau solo trip paling penting memang restu orang rmh mbak. Kl ngak ada restu keknya jalan jg jd berat.

    ReplyDelete
  48. Wah air asia memang the best banget yah, bisa kasi harga miring buat traveller dan makasih banyak infonya mba mumut.

    ReplyDelete
  49. Air Asia emang keren banget mbak. Ada banyak diskon penerbangan yang membuat kami kalap.
    Apalagi dengan program kursi kosong yang gak tau kapan datangnya itu lho. Bisa dapat penerbangan gratis. Hhehehe


    Salam kenal dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

    ReplyDelete
  50. Bau-baunya disponsori Air Asia nih hehehe. Malaysia adalah salah satu negara yang saya tuju pertama ke luar negeri (nantinya) semoga segera yak mba Mut... seru kayaknya liburan ke negeri tetangga..

    hhtps://www.ngopisetengahgelas.com

    ReplyDelete
  51. Air Asia itu airline pujaanku karena bisa pilih seat favorite kalau pesan langsung lewat web nya sekaligus bisa pesan meals dengan harga promo dibanding beli pada saat terbang hehehe

    ReplyDelete
  52. Air Asia mang TOP bgt deh, aku pernah dpt tiket Bali PP murah bgt, Kl buat ke luar negeri blm pernah nyoba 😁, btw do'a orang tua khususnya ibu pasti nya diridhai Allah Taala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya senang banget ya Mut. Sekarang keinginan Mut bisa sejalan dengan restu orang tua

      Delete
  53. Mut.. seneng banget udah ke Malaysia dengan banyak pengalaman gitu. Trip iya, belajar hal baru iya..

    Memang ya, restu orang tua itu besar banget pengaruhnya.

    ReplyDelete
  54. Air asia teman sejati dalam perjalanan, aku belum pernah ke malaysia nih.... Mupeng !!!

    ReplyDelete
  55. wah selamat ya mut... pengalaman pertama yang menyenangkan.. aku belum pernah pake AA euy.. baru sampe berburu tiket murahnya tapi gagal terus haha

    ReplyDelete
  56. Kalau lihat mi cup nya daku jadi makin pengen terbang dengan air asia.. Nunggu waktu yang pas ah biar bisa liburan

    ReplyDelete