Cerita Disepanjang Tahun 2019


Hai gaes, ga kerasa sebentar lagi pergantian 
tahun ya, dari 2019 ke 2020. Kita sudah melewati 2 dekade dari abad ke 20 ternyata. Buat saya yang  hidup di 2 abad (ahhahaah) perubahan yang terjadi cukup pesat ya. Masa kecil saya di 5 tahun terakhir abad 20 ga ada terlalu membekas karena masa itu ya masih anak-anak, hanya sekilas samar-sama saja teringat. kemudian lanjut memasuki abad ke 21 di usia sekolah, 20 tahun ini kehidupan saya di dominasi oleh dunia pendidikan. SD,MTs, SMA hingga akhirnya menyelesaikan S1.

Untuk catatan akhir tahun ini, tadinya saya ingin membuat kaleidoskop 10 tahun secara terperinci. Tapi apa tidak terlalu panjang ya? Pasti jadinya panjang karena saya suka bercerita begini haha. Akhirnya saya putuskan untuk membuat kaleidoskop 2019 saja ya.

2019 dan cerita yang hadir di dalam hidup saya

Januari
Bulan Januari dimulai dengan tidur, karena sebelum pergantian tahun kami sekeluarga jalan-jalan ke Siak. Bukan liburan yang fancy kekinian seperti keluarga masa kini. Masih tetap liburan ala keluarga pada umumnya,  mengunjungi Istana Siak serta piknik di pinggir sungai. Hari itu mama memasak Ayam dan lele goreng serta lalapan yang cukup lezat.

Disisi pekerjaan, ga kerasa udah 1 tahun kerja. Tahun pertamanya saya review makanan dan bikin artikel, tapi atasan merasa saya lebih cocok saya menggarap akun event saja. Tadinya beliau cuma ngomong ngasal aja ketika kami hadir dalam suatu event. Tapi ternyata omongannya serius dan disinilah saya. Apakah saya suka? Oh sangat suka sekali, saya bisa mengasah kemampuan memotret event, dapat akses ketemu artis dan orang banyak (walau dibalut kerja) serta dibebaskan mengelola sesuai ide kreatif.  Makanya kadang kalau dapat liputan konser walau pulang malam pun saya senang. Asal stok minyak kutus-kutus ready aja sih, hahaha. Terimakasih ya pak, saya akan coba 2020 lebih baik lagi.

Bagaimana perkuliahan mut?
Oh inilaah saya baru ingat kalau saya masih kuliah dan sudah diambang batas terakhir. Akhirnya saya kembali lagi ke kampus dan berusaha untuk menyelesaikan perkuliahan ini.

Februari
Februari judulnya bulan penuh cinta kalau kata orang. Tapi apa yang mau dirayakanlah ya? saya single and bye. Tapi dibulan ini adalah bulan pertama saya kembali diundang acara gathering Blogger. Kali ini acaranya diadakan oleh Safi, Brand skincare asal Malaysia. Acaranya cukup bagus dan berkesan juga. Kemudian saya mencoba untuk kembali menulis jurnal, yang akhirnya dialihfungsikan untuk menulis jadwal sehari-hari. Tahun 2020 saya mau coba nulis jurnal yang lebih detail.

Maret
Tahun 2019 ini sepertinya menjadi batu loncatan saya untuk menerima review skincare dan makeup. Bisa dibilang ini karena saya bergabung di Beauty Blogger Pekanbaru. Dengan bergabungnya saya di komunitas ini, saya banyak belajar kembali mengenai makeup dan skincare. Diantara Blogger Pekanbaru dan Beauty Blogger Pekanbaru saling melengkapi kehidupan blogging saya

Terus si Tika juga wisuda, mau ga mau saya harus serius menyelesaikan sisa waktu perkuliahan saya kan?

April
Kembali ikut workshop fotografi, temanya wedding! Apakah saya mau masuk ke dunia wedding photography? ya ga juga, mau belajar aja sih. Apakah tertarik? belum. mungkin kalau pra/after saya mau menggarapnya. Tapi belum seserius yang dibayangkanlah. Kemudian di bulan ini juga pemilu, saya milih dong, walau harus pulang ke Perawang.

Mei
Bulannya kelahiran saya, pas pula bulan ramadan. Memasuki umur 25 dan ternyata jalan hidup saya ga seperti orang-orang kebanyakkan. ketika di umur 25 orang udah nikah, udah stabil pekerjaan, bisnis, udah pada S2, udah travelling ke eropa segala. Sedangkan saya baru memulainya perlahan-lahan. Bulan ini juga jadi bulan persiapan menghadapi ujian akhir. Apa ultahnya dirayain mut? engga. Sesungguhnya dari ulang tahun ke 17 saya ga minat perayaan ultah, apalagi yang gede-gedean. Masih dikasih nafas kehidupan aja udah bagus (oke saya pesimis sekali, karena ultah ke 17 saya diberantakkin orang) haha. Jadi ultah bagi saya dari 18 sampai hari ini sederhama saja.

Juni
Akhirnya ya wei! Lulus juga saya dari kampus. Ya lumayan, kalau kata penguji, gelarnya udah bisa dipakai buat dicantumkan pada undangan pernikahan. Tapi ya ga juga, sampai detik ini saya nulis si kaleidoskop belum ada ajakan nikah LOL. Tapi, dengan selesainya kuliah saya, jadi golden tiket tersendiri. Karena saya boleh pergi jauh-jauh cari kerja, boleh nikah kalau ada yang ngajak, boleh travelling kemana aja terserah.

Juli
Nonton konser Kunto Aji. Sebenarnya dalam rangka liputan Road To Soundrenaline. Ini cita-cita sekali saya liputan Soundrenaline, ingin banget ke Bali. Tapi ga mengapa, tahun ini Road to-nya dulu. Jadi dalam acara ini pengisi utama Soundrenaline keliling kota-kota sebelum Soundrenaline diadakan. Pekanbaru kebagian Kunto Aji. Waah, saya motret sambil bersimbah air mata juga itu. Apalagi mantan saya semasa SMA nikah juga di waktu yang dekat, padahal kami sempat balikan di 2017-2018. Tapi ya itu namanya masih ga jodoh, jadi aja saya kembali ga jadi nikah untuk yang kedua kali :)

Agustus
Mentraktir adik-adik saya makan "agak mahal", menjadi pencapaian saya di bulan Agustus. Receh banget sebenarnya, tapi Alhamdulillah kecapai juga. Saya ga tahu nilai mahal orang-orang seperti apa. Tapi makan All you can eat BBQ korea kekinian , menurut saya cukup mahal. Tapi tak mengapa, masa saya makan sendiri terus? udah saatnya bagi-bagi rezeki kan?

September
Bulan ini adalah bulan yang cukup berat, keluarga kami dapat ujian yang cukup untuk lebih saling menguatkan. Papa terserang Stroke Hemoragik, masa-masa perawatan papa cukup berat. Karena kondisinya harus bertarung dengan asap karhutla yang kembali melanda. Tapi Allah masih ngasih banyak kasih sayangnya, setelah 11 hari dirawat, papa dapat pulang ke rumah. Tanpa harus melewati meja operasi atau pun sakit yang berat. Tinggal tugas kami untuk lebih mengontrol kondisi kesehatannya.

Dengan sakitnya papa kemarin, menyebabkan saya tidak jadi pergi ke Malaysia. Tapi tak apa, keluarga lebih penting. pergi travelling masih bisa ditunda, tapi merawat orang tua ga bisa.

Oktober
Saya ga tau harus ngomong apa. Dipertengahan Oktober saya dapat undangan untuk liputan blogger ke Malaysia. Ya Allah, ada aja rezekinya.
Senang sekali bisa pergi ke luar negeri. Jadi aja ini perjalanan perdana keluar negeri.

November
Lagi banyak liputan konser, tapi tetap senang. Tapi minyak kutus-kutus saya habis, pegal deh.
Btw, saya rombak template blog, karena template yang terakhir kemarin menyebabkan brokenlink yang cukup banyak dan saya ga sanggup. Untuk hal ini saya amanahkan kepada teh @langitamaravati untuk memperbaikinya.
Ya lumayan hasilnya, cukup nyaman tampilannya ya?

Desember
Tidak libur kemana-mana, tapi akan menghadiri pernikahan teman baik saya si tanggal 31 Desember.
Btw, agak sedih karena papanya sahabat saya terkena stroke Hemoragik juga. Sudah 2 minggu di HICU, kalau teman-teman baca postingan ini tolong sekalian doanya ya :).

Nah inilah cerita saya di 2019. Ada sedih dan bahagia yang terbagi dalam porsinya sendiri. Dikelilingi teman-teman baik yang saling mendukung juga.

Semoga di tahun 2020 lebih baik lagi.

16 comments

  1. Semoga temen Mumut cepet sembuh ya. Dan semoga akhir tahun ini berkesan banget untuk kita semua. Small gathering with family is always good idea ya :)

    ReplyDelete
  2. kak muti ingat semua kegiatan perbulannya. Keren, aku juga pengen traktir deadek makanan mahal sesekali. Kalau bahagia dimakan sendiri memang nggak asik

    ReplyDelete
  3. Mutia inget ya perbulannya ngapain aja. Ohya aku salam buat Papa mumut juga semoga makin sehat selalu

    ReplyDelete
  4. laporan bulanan mengingakan kk pada cara nulis diary waktu kecil dulu; january aku dan adik ku ultah, februari jatuh di got, maret ketemu anjing lucu diselokan..wkwkw tapi skarang gue lupa napaian aja, 5 menit lalu aja ndak ingat napain

    ReplyDelete
  5. keren mbak. Xixixi.. jadi pengen ikutan menulis cerita di sepanjang 2019 juga.

    ReplyDelete
  6. Keren kak, jadi inget bullet journal ku yang berantakan tahun ini, jadi gak bisa tau apa saja yang dikerjakan tiap bulannya di 2019. Sayang sekali huhu

    ReplyDelete
  7. Minyak kutus-kutusnya sudah habis, jangan lupa dibeli lagi ya kk. Persediaan hehe. Selamat S.Ikom ya kak untuk tahun ini. Selamat juga udah ke Malaysia liputan. Sehat2 selalu buat papanya kak. Dan semoga papa teman kaka jg kembali di sehatkan Allah. Amin.

    ReplyDelete
  8. Up and down pasti ada dalam hidup ya, Kak Mut. Selamat sudah lulus kuliahnya tahun ini ya dan selamat juga untuk pencapaian-pencapaian kecil lainnya. Semoga Kak Mut sekeluarga diberi kesehatan selalu di tahun baru ini. Amin.

    ReplyDelete
  9. Selalu ada cerita untuk dikenang ya, mut. Semoga di tahun 2020 nanti lebih banyak cerita bahagia, ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. Happy New Year Muut!
    Ga kerasa juga yaa, sudah kenal dan sering nongki bareng Mumut di th 2019, seneeng deh! Plis nanti next ketemuan ingetin kutus-kutusnya mumut yaa , ntar keburu aku pake sendiri nih.. hahaha.. Aamiin, semoga semakin happy, sukses dan sehat selalu Mumut dan keluarga!

    ReplyDelete
  11. Selamat mutiaaaaa, untuk semua yang sudah dijalani, yang jadi pelajaran, dan jadi inspirasi, semoga mutia bisa menjadi ya best of the best, core of the core ditahun-tahun sebelumnya. aamiin

    ReplyDelete
  12. Keren banget, cerita sepanjang tahun 2019 dikemas dalam satu postingan blog. Walaupun terkadang ada suka dukanya, itulah namanya hidup, hehe. Semoga saya bisa jalan jalan ke luar negeri juga dari menjadi seorang Bloger :'

    ReplyDelete
  13. Woow! Dibuat rinci perbulan! Aku donk mulai posting IGstory 2019 a year in review.. eh masih mentok di maret hahaha. IG story nya belum kelar. Lelah hayati scrolling puluhan ribu gambar di ipon. Haha

    2019 up and down ya Muthe! Same goes here! Semoga di 2020 cita dan impian Muthe dan kita semua satu persatu terwujud! aamiin! Semoga papa sahabatnya Muthe lekas sembuh! semangat, Oom!

    ReplyDelete
  14. Mut, BBQ korea yang mumut makan sama adek mumut tu yang di jalan apa? Enak dan nyaman gak makan disana?

    ReplyDelete
  15. Ikut mendoakan papanya teman Mutia supaya lekas pulih dan pengobatannya lancar semua. Anyway, selamat memasuki tahun 2020 yang penuh dengan surprise kedepannya hehehe

    ReplyDelete
  16. Let's Go to 2020 Mut, mari berkarir lebih baik.

    Btw, semoga orangtua teman mu segera sembuh. amin ☺

    ReplyDelete