Tahun 2020 Liburan Ke Papua Yuk


Assalamualaikum kawan-kawan, gimana keadaannya? Semoga sehat selalu dan menjaga kesehatan ya. Rasanya sudah cukup lumayan ya istirahat di rumah dengan keadan work from home karena covid-19 ini. Semoga keadaan membaik dan kita bisa beraktivitas secara normal lagi. 

Btw, di tahun 2020 ini saya ada beberapa rencana yang ingin saya lakukan, salah satunya berlibur. Apalagi dengan sudah selesainya kuliah saya, tentu saja izin berlibur kemana saja sudah ada ditangan. Dimulai dengan saya pergi pertama kali keluar negeri setelah ujian skripsi, kini di tahun 2020 mulai merencakanan beberapa destinasi wisata yang ingin dikunjungi tentunya. 

Kalau luar negeri saya sudah mempersiapkannya, gimana dengan dalam negeri mut? Oh aman, tentu saja saya sudah punya destinasi liburan dalam negeri yakni Papua. Lho? Kenapa Papua mut? 

Jadi gini, saya tu penasaran bagaimana sih rasanya berkunjung ke Papua. Soalnya , saya melihat kawan blogger saya yang mengikuti program mengajar ke Papua. Dia bercerita kalau Papua itu keren banget, kalau orang yang suka beriwisata alam dan budaya, Papua cocok banget. 

Nah, saya termasuk orang yang suka dengan wisata budaya baru alam. Nah ini dia beberapa aktivitas yang ingin saya lakukan bila berkunjung ke Papua: 

1. Membuat foto essai 


Saya sangat suka memotret dan membuat foto essai adalah sebuah tantangan tersendiri. Semasa kuliah dengan mata kuliah fotografi rasanya masih kurang eksplor mempelajari fotografi. Nah inilah saatnya mengasah kemampuan memotret dan menulis. Sepertinya akan sangat seru sekali mewawancarai Orang Papua Asli dan memotret aktivitas mereka. 

Apalagi membuat foto essai ini tentunya bisa dibuat dengan berbagai tema. Mulai dari kesenian, kebudayaan, kerajinan tangan, alam hutan hingga kuliner. Dari sini kita dapat mempelajari hal-hal yang sangaaat luas dan beragam. Mungkin aneh diawal, tapi dengan mengenal berbagai budaya yang ada kita bisa belajar menerima keberagaman yang ada di Indonesia.

2.Mencicipi masakan tradisional 

Sejalan dengan nomor satu, khusus untuk mencicipi makanan ini adalah favorite saya. Selagi makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang halal, saya akan mencobanya. Seperti kuliner dari Papua yang tentu saja berbeda banget dengan kuliner tempat tinggal saya, Riau. Belum lagi katanya kuliner Papua ini masih berbasis alam. Saya tidak sabar rasanya untuk menyantap menu yang unik-unik ini. Mana tahu, menu-menu tersebut bisa diterapkan di menu sehari-hari, seperti aneka olahan sagu yang banyak dikonsumsi oleh orang papua asli kan.

3. Mengunjungi ekowisata 


Melepas penat dari keriuhan pekerjaan, menghilang sejenak dan berdiam di daerah yang jauh dari keramaian. Berkunjung ke ekowisata merupakan salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, saya pernah mengunjungi ekowisata di Siak. Itu merupakan salah satu pengalaman yang special sekali. Disana saya menyusuri danau menggunakan sampan kemudian berburu memotret burung-burung yang langka. Belum lagi kalau kawasan ekowisata tersebut perlu izin khusus dan terbatas. Kita bisa mensyukuri nikmat dengan kondisi yang tidak ramai. Perlu banget kegiatan seperti ini untuk kewarasan diri kan?  Apalgi dengan adanya banyak komunitas seperti EcoNusa mislanya yang memberdayakan masayarak tempatan

Nah kira-kira enaknya ngapain nih disana kalau versi kalian? Manatahu ada ide yang seru juga untuk dicoba selama berada di papua. Udah ga sabar untuk nabung yang lebih banyak untuk berkeliling papua untuk berlibur dan belajar. Gimana dengan teman-teman? Siap untuk ke Papua di tahun 2020 ini? Yuk gaes jelajahi semuanya hehe.



1 comment

  1. Wa'alaikukmsalam.. Alhadulilah keadaannya sehat, dan Jogja juga aman Teh :)
    Yang jelas kalau kesana harus bisa jalan-jalan dan kulineran dong, semoga covid-19 segera berlalu ya.

    ReplyDelete