Pengalamanku Menjadi Fresh Graduate (yang ga fresh-fresh amat)

Assalamualaikum teman-teman. Hari ini sudah memasuki bulan ketiga di tahun 2020 ya. Serta ga kerasa juga setelah selesai sidang akhir di bulan juni 2019 dan akhirnya wisuda juga. Awalnya jadwal wisuda saya adalah bulan April nanti, tapi kebijakan kampus berubah dan Alhamdulillah jadinya wisuda di tanggal 22 Januari 2020 lalu. 
Acara berjalan dengan lancar, akhirnya saya melewati proses pendidikan S1 ini. Walau dalam perjalanannya berdarah-darah dan rasanya mau angkat tangan aja. Lho kok angkat tangan mut? iya rasanya saya ga sanggup mau udahan aja. Tapi saya bawa berfikir lagi, kalau misalnya saya ga selesai kuliah, saya mau gimana? Mungkin ada orang-orang yang bisa sukses kehidupannya tanpa menyelesaikan kuliah atau tidak kuliah. Tapi mungkin orang tersebut bukan saya.

Teringat juga pesan terakhir Aki Ion (pamannya papa) yang meminta saya untuk menyelesaikan kuliah dengan baik. Yup, Aki Ion adalah salah satu orang yang berjasa besar kepada keluarga saya tepatnya pada papa. Beliau yang menyekolahkan dan menguliahkan papa hingga Sarjana. Beliau ga mau saya ga selesai kuliahnya. Belum lagi ke-empat anaknya berhasil dikuliahkan hingga Sarjana. Jadi beliau ga ikhlas aja kalau saya ga selesai :).

Akhirnya Wisuda
Wisuda saya dilaksanakan pada tanggal 22  Januari dan bertepatan dengan hari kerja, jadi tak banyak teman-teman saya yang datang. Tapi tak mengapa, walau tak datang tapi mereka sudah selalu hadir menyemangati saya kok. Syukurnya, dalam momen yang tepat sahabat saya berkumpul semua. Saya cukup terharu disaat mereka menyambut saya keluar dari PKM. Saya terhari karena sudah cukup lama dtinggal mereka merantau. hahaa.

Acara dilanjutkan dengan foto keluarga dan sahabat. karena sedang trend foto on the spot dengan konsep candid. Maka foto wisuda saya percayakan kepada Bang Septian Arief K. Fotografer andalan saya (sereceh pas foto saja, saya cuma mau sama dia) Setelah itu ditutup dengan makan bersama

Pengalaman Menjadi Fresh Graduate (yang ga fresh-fresh amat)
Kenapa judulnya begitu mut? ya memang mau dibilang fresh tapi udah bangkotan kelamaan lulus hahaha.Hari-hari setelah wisuda tidak berbeda jauh dengan hari-hari sebelumnya. Beruntung setahun sebelum lulus, saya sudah bekerja di salah satu platform digital Kota Pekanbaru. 

Sehari setelah wisuda saya kembali bekerja seperti biasa. Karena statusnya freelance, maka jam kerja saya cuma 6 jam sehari. Itupun tidak 6 jam juga, kadang lebih tapi saya siasati setiap waktunya agar tetap produktif. Dalam seminggu ada beberapa kali harus ke kantor untuk briefing dan meeting.  

Karena sudah selesai kuliah, uang jajan sudah tidak di support lagi, maka saya harus mencari tambahan dengan bekerja lebih. Akhirnya saya memutuskan untuk bekerja freelance Kadang-kadang motret, jadi admin sosial media dan beberapa pekerjaan yang masih  berhubungan dengan dunia komunikasi. Selagi saya bisa kerjakan, maka akan saya coba garap.

Tadinya, ada satu perasaan saya yang mengganjal. Selama ini terbiasa dengan dunia endorse,blogging yang saya selalu disorot, saya yang selalu di wawkan, waw selebgram, waw blogger hits. kalimat-kalimat seperti ini kadang bikin racun juga ya ternyata. tapi kalau ditempatkan pada posisi yang baik yang jadi baik-baik saja. Kalau saya bekerja untuk sebuah perusahaan, maka saya melepaskan nama mutmuthea dan datang sebagai mutia perwakilan perusahaan. Tapi kalau saya bekerja sebagai mutmuthea ya saya tetap mencoba profesional juga sebagai mutmuthea. Jangan terlena dengan jabatan apapun, karena kita ya manusia biasa juga.

Sampai ditahap ini saya sudah lebih stabil dan mulai terbiasa. Saya sangat menyarankan sekali semasa kuliah jangan kuliah pulang saja. Tapi pilihlah satu kegiatan lain mungkin berkomunitas atau bekerja. Supaya ga terasa kosong setelah selesai kuliah, ketika sudah menghadapi dunia kerja udah ga baper, bisa ngomong dan mudah berdaptasi.

Lelah ga mut bekerja banyak begini? lelah sih wajar namanya juga manusia. Tapi apalagi yang bisa saya lakukan untuk saat ini selain bekerja? saat ini masih harus membantu perekenomian keluarga juga. Bekerja membuat saya fokus pada diri sendiri dan menghindari kekosongan fikiran dari sedih berlarut-larut haha.

Untuk kalian yang baru menjadi fresh graduate, semangat ya. Lelah diawal gapapa, semoga menjadi sebuah pengalaman berharga yang dapat membangun diri lebih baik kedepannya.

No comments